12 Cara Merawat Kulit dengan Lidah Buaya

Kandungan yang terdapat pada lidah buaya yaitu nutrisi dan beberapa senyawa penting, seperti vitamin A, C, E, B12, asam folat, kalsium, kalium, magnesium, natrium, tembaga, mangan, dan seng.

Lidah buaya juga mengandung enzim yang berfungsi untuk membantu mengurangi pemecahan gula dan lemak yang ada di dalam tubuh serta dapat mengurangi peradangan pada kulit. Lidah buaya juga mengandung asam amino esensial yang baik bagi tubuh.

Bersihkan terlebih dahulu sebelum menggunakan masker lidah buaya. Penggunaan masker ini bisa pada malam hari atau pagi hari, sesuai dengan keinginan anda.

Berikut ini beberapa cara merawat wajah dengan menggunakan lidah buaya dengan beberapa campuran, yaitu :

1. Campuran dengan Madu dan Kayu Manis

Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan 2 sendok madu murni dengan 1 sendik daging lidah buaya. Aduk sampai rata, kemudian campur 1/4 sendok kayu manis. Setelah tercampur semua, oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 10-15 menit, kemudan bilas hingga bersih.

2. Campuran dengan Minyak Kelapa dan Gula Pasir

Cara membuatnya yaitu dengan mencampur 1/2 cangkir minyak kelapa dan 1/2 cangkir gula pasir, kemudian aduk hingga rata. Tuangkan 1/4 cangkir lidah buaya yang telah di potong-potong kecil. Gosokkan secara perlahan pada wajah dan hindari pada area mata. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

6. Campuran dengan tea tree oil

Campurkan lidah buaya dengan 3 sendok tea tree oil tambahkan air secukupnya. Oleskan pada wajah dan diam selama beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

7. Campuran dengan lemon

Cara membuatnya yaitu dengan cara mencampurkan lidah buaya (gel nya) ke dalam blender. Kemudian tambahkan dengan perasan lemon atau jeruk nipis. Setelah tercampur anda bisa mengoleskannya pada wajah pada waktu malam hari, dan bilas pada pagi hari. Penggunaan ini bisa dilakukan secara teratur. Campuran ini bisa di simpan di dalam kulkas.

8. Campuran madu dan kunyit

Campurkan lidah buaya dengan sedikit kunyit, madu, susu dan setetes air tawar. Setelah tercampur rata oleskan ada wajah yang terkena jerawat. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bersihkan dengan air.

9. Campuran dengan pepaya

Cara membuatnya yaitu dengan memotong pepaya menjadi empat bagian. Kemudian, tambahkan 1 sendok makan bubuk kakao dan lidah buaya. Tumbuk hingga menjadi pasta yang halus.

Sebelum menggunakannya, cuci wajah terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Pepaya berfungsi membuat kulit menjadi bercahaya dan glowing. Dan juga dapat membantu mneghilangkan bekas jerawat. Sedangkan bubuk kakao dapat melembabkan kulit wajah.

10. Campuran dengan telur

Selain untuk mengencangkan kulit, lidah buaya dan telur dapat mencegah keriput pada wajah dan menutrisi kulit. Cara membuat nya yaitu dengan mencampurkan lidah buaya dan telur kemudian aduk sampai rata dengan tekstur kenyal.

Bersihan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Oleskan masker pada wajah selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

11. Campuran dengan air mawar

Campuran masker lidah buaya dan air mawar berfungsi untuk meredakan iritasi kulit dan mengatasi hiperpigmentasi. Cara membuatnya dengan memblender mentimu, kemudian mentium yang telah diblender di campur dengn dengan 1 sendok teh air tawar, dan 2 sendok makan gel lidah buaya.

Sebelum menggunakannya, bersihkan terlebih dahulu wajah dan leher kemudian aplikasikan pada wajah selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

12. Campuran dengan yoghurt

Campuran masker ini sangat cocok untuk kulit sensitif. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan 2 sendok teh lidah buaya, 1 sendok teh mentimun, dan 1 yoghurt.

Aplikasikan pada wajah dan tunggu hingga 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Gunakan masker ini pada malam hari sebelum agar terlihat efeknya setelah bangun pagi.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memakai Lidah Buaya untuk Wajah

Hal yang harus diperhatikan untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan, yaitu dengan cara menggunakan gel lidah buaya yang langsung di ambil dari tanaman. Lidah buaya asli memiliki kandungan nutrisi yang baik dan tidak memiliki bahan campuran kimia lainnya.

Jika memiliki kulit sensitif, ada baiknya anda mengoleskan sedikit terlebih dahulu pada bagian punggung tangan. Jika terasa timbul gatal atau muncul kemerahan, itu berarti kulit anda sensitif.