8 Cara Mengatasi Kulit Kering Dan Gatal Secara Alami

Cara mengatasi kulit kering dan gatal secara alami tidaklah sulit. Karena kesehatan kulit merupakan hal penting, maka melakukan berbagai usaha untuk melindungi kulit juga penting dilakukan. Kulit kering adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami.

Karena kulit merupakan lapisan pertahanan pertama, maka sangat penting untuk melindungi dan menjaga kesehatannya. Kulit kering dapat terjadi karena hilangnya kelembapan sehingga menyebabkan kulit pecah-pecah dan seperti bersisik.

Kulit kering yang terjadi bersamaan dengan gatal akan lebih buruk. Hal ini karena dapat menyebabkan luka atau iritasi jika kulit dalam keadaan kering kemudian digaruk karena gatal. Untuk itu penting mengetahui apa saja cara untuk mengatasi kulit kering dan gatal secara alami.

1. Menggunakan pelembap kulit

Jika mengalami keluhan kulit kering, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menggunakan pelembap kulit. Pada musim dingin biasanya kulit akan cenderung kering, untuk itu pastikan mengunakan pelembap kulit agar kulit tetap terhidrasi.

2. Jangan lupa mengaplikasikan Sunscreen

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak kulit, menyebabkan kulit terbakar, hingga membuat kulit menua lebih cepat. Jika banyak berkegiatan di luar ruangan, maka menggunakan sunscreen adalah hal yang penting.

Gunakan topi, pakaian lengan panjang, dan pakaian pelindung lainnya, gunakan tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 30, serta batasi waktu terpapar sinar matahari secara langsung

3. Gunakan sabun yang tepat

Penggunaan sabun yang berlebihan atau tidak tepat dapat menyebabkan kulit kering. Hindari berbagai produk sabun yang mengandung alkohol, karena kandungan ini dapat menghilangkan minyak alami pada tubuh.

Bagi yang memiliki kulit sensitif dapat mencari alternatif lain, seperti produk pembersih yang tidak mengandung sabun. Saat ini produk pembersih semacam ini sudah tersedia banyak di pasaran. Penggunaan sabun cuci seperti deterjen juga hindari yang mengandung pewangi.

4. Jangan terlalu sering mandi

Beberapa orang beranggapan bahwa dengan sering mandi akan membuat kulit semakin sehat, padahal semakin sering mandi dapat menghilangkan minyak alami pada kulit yang bertugas menjaga kelembapan kulit. Durasi mandi juga sebaiknya 5 hingga 10 menit saja.

Setelah mandi usahakan segera mengeringkan kulit dengan handuk bersih dengan cara ditepuk dengan lembut. Selain itu gunakan bahan yang lembut untuk menghindari iritasi jika kulit sensitif, hindari spons mandi atau alat mandi lainnya yang terlalu kasar.

5. Aplikasikan petrolium jelly

Jika memiliki kulit sensitif yang menyebabkan kulit mudah kering dan gatal, maka perlu menggunakan produk yang tepat.

Petrolium jelly menjadi pilihan yang tepat karena dapat menenangkan kulit kering, mulai dari bibir, tangan, kaki, dan bagian tubuh lainnya yang sedang kering.

6. Gunakan produk yang menghidrasi

Saat ini ada banyak pilihan produk perawatan kulit yang mengandung moisturizer, yang tujuan utama selain jenis produk tersebut adalah menghidrasi kulit.

Berbagai produk seperti sabun, krim, sunscreen, lotion, dan produk lainnya yang mengandung moisturizer ini dapat menjadi pilihan.

Ada beberapa kandungan dalam produk perawatan kulit yang berfungsi melembapkan, seperti Gliserin, Hydrocarbons, coconut oil, castor oil, olive oil, grape seed oil, soybean oil, Alpha-hydroxy acids (AHAs), dan sebagainya [5].

7. Jangan garuk kulit yang gatal

Ketika kulit dalam keadaan kering dan gatal, maka pilihan terbaik adalah menahan diri untuk tidak menggaruknya.

Sebaiknya segera oleskan pelembap tertentu, atau obat tertentu yang telah diresepkan dokter. Dengan menggaruk kulit yang kering dapat mengakibatkan luka dan iritasi.

8. Minum cukup air putih

Kulit yang kering terjadi akibat hilangnya kelembapan kulit sehingga mengalami dehidrasi, untuk itu minumlah air putih yang cukup.

Sebanyak apapun pelembap yang telah gunakan jika kekurangan air putih, maka masalah kulit kering yang alami akan terus terjadi.

Kulit kering dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yakni faktor lingkungan, seperti paparan sinar matahari, suhu, kelembapan, dan faktor genetik. Kulit kering yang diikuti rasa gatal sebaiknya segera diobati, jika semakin parah maka segera konsultasikan ke dokter.