19 Cara Merawat Kulit Usia 30an Agar Tetap Awet Muda

Seiring dengan bertambahnya usia, sangat berpengaruh pada kulit kita. Pada usia 30an adalah waktu diaman kulit mulai menunjukkan tanda penuaan dengan ciri-ciri garis halus, kerutan pada bagian kulit wajah yang mulai mengendur.

Kulit pada usia 30an tidak semudah atau seefisien untuk melawan berbagai kendala munculnya penuaan. Menurut dr Anne Cappas, dokter kulit Union Square Laser Dermatology, usia 30an kulit akan terlihat mulai mengendur dan menua.

Rutinitas perawatan kulit yang sangat tepat dari usia 20an sampai 30an adalah salah satu hal yang sangat tepat. berikut ini beberapa cara Merawat Kulit Usia 30an Agar Tetap Awet Muda.

  • Hindari pemakaian sabun batangan Sabun sangat keras pada kulit

Sabun batangan memiliki pH yang tinggi dan tidak bagus untuk kulit wajah. Jadi, ada baiknya tidak lagi menggunakan sabun batangan untuk membersihkan wajah. Sabun batangan dapat menyebabkan pengaburan pH kulit dan membuat kulit lebih mudah rusak.

  • Hidrasi

Mencapai usia 30an kulit kan mudah dehidrasi karena perubahan tekstur. Untuk menjaga kulit tidak dehidrasi, tetaplah jaga kulit terhidrasi dengan cara melembabkan kulit. Minum air puith yang banyak sepanjang hari agar kulit tetap terhidrasi. Selain air putih minum jus buah, air kelapa, dan air lemon bisa membantu kulit tetap terhidrasi.

  • Mulai gunakan retinol

Selain menggunakan tabir surya, bisa menggunakan retinol seperti Retin-A yang berfungsi untuk menghaluskan tekstur kulit dan membuat garis-garis halus, kerutan, dan pori-pori tersamarkan.

Menurut dokter kulit yang telah bersertifikat yaitu debra Jaliman, MD, pada usia 30an sangat penting sekali menggunakan produk anti penuaan untuk mencegah tanda penuaan agar nantinya tidak terlalu banyak hal yang harus ditangani nntinya.

  • Eksfoliasi Untuk Mengatasi Kulit Kusam

Kulit wajah pada usia 30an akan cenderung menjadi lelah dan kusam. Solusi sederhana untuk pengelupasan kulit dua kali seminggu sangatlah penting.

Pengelupasan ini bekerja dengan menghilangkan sel kulit mati dan juga kotoran sehingga membuat kulit wajah lembut dan menjadi cerah. Untuk kulit sensitif atau kering lakukan pengelupasan hanya seminggu sekali saja.

  • Gunakan tabir surya

Menggunakan tabir surya pada saat keluar rumah adalah bagian yang sangat penting digunakan terutama untuk usia 30an. Tabir surya mengandung pelindung matahari UVA/UVB minimal SPF 30.

Sering terkena sinar matahari bisa menyebabkan munculnya noda hitam pada wajah. Penggunaan tabir surya wajib untuk digunakan sebelum beraktivitas ke luar rumah. Kandungan SPF 30 dapat melindungi kulit wajah dari UVA dan UVB serta kotoran dan juga polusi udara.

  • Menggunakan Pelembap

Pelembab dengan kandungan vitamin A dan C berfungsi membantu untuk menghilangkan proses penuaan dini. Pelembab membantu mencerahkan, menghaluskan kerutan dan menambah kolagen kulit.

Penggunaan pelembab sebelum tabir surya wajib dilakukan agar hasil dan efek yang didapat membantu dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

  • Hindari produk yang kurang efisien

Pilih produk yang efisein sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Saat menggunakan skincare khusus untuk usia 30an, cari jenis skincare yang memiliki kandungan bahan yang dapat membantu kulit terlihat cerah dan awet muda. Skincare dengan kandungan vitamin C, asam hyaluronat, dan glikolat adalah kandungan yang dapat membantu mencegah penuaan dini serta menghindari kulit kering yang parah.

  • Konsumsi suplemen

Untuk menjaga kulit agar tetap kuat dan tetap elastis, seperti perawatan kulit dengan skincare, mengkonsumsi suplemen untuk kulit seperti vitaminE dan C yang kaya akan antioksidan. Vitamin E dan C bekerja dengan membantu produksi kolagen pada kulit untuk menjaga elastisitas dalam kurun waktu yang lama.

  • Olahraga

Olahraga secara teratur memiliki banyak manfaat, terutama untuk membuat tubuh sehat dan bugar. Selain itu, olahraga juga dapat membantu sel darah dapat membersihkan kulit sehingga dapat membuang sisa produk limbah yang ada di dalam kulit.

Berolahraga juga ternyata dapat membantu mencegah munculnya jerawat, mengurangi stres, dan membantu menjaga kesehatan. Dengan rutin berolahraga dapat membnatu kulit tetap sehat dan cantik.

  • Perbanyak minum air mineral

Minum air putih yang banyak setiap hari dapat membuat kulit tetap terhidrasi. Minumlah sekitar 8-10 gelas setiap hari untuk menjadikan kulit sehat dan tubuh tetap sehat.

Minum air putih dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh dan kulit terlihat sehat. Jika ingin menambah jeruk nipis dan jus lemon di dalam minuman sangat dianjurkan karena jeruk memiliki kandungan vitamin C yang bagus untuk kulit.

  • Tidur cukup

Pada saat tidur kulit akan meregenerasi sehingga membuat kulit menjadi lebih segar sehat saat bangun tidur. Tidur 6 – 8 jam setiap malam untuk mendapatkan hasil optimal untuk kulit.

  • Jalani pola hidup sehat

Minum alkohol dan merokok sangat berpengaruh sekali untuk kulit, karena alkohol dan rokok memiliki racun yang tidak bagus bagi tubuh. Selain itu, kurangi asupan gula dan juga kafein karena gula dapat meningkatkan penuaan kulit dan peradangan pada kulit karena gula dapat mengikat kolagen.

  • Rutin merawat wajah

Perawatan kulit seperti pembersihan, pengencangan dan pelembab dapat menghilangkan kotoran pada kulit dan juga menjaga kulit tetap sehat, segar, lembut dan kenyal.

Rutin melakukan pembersihan, pengencangan dan pelembab adalah tahap awal yang sangat sederhana untuk merawat kulit. Jika sudah pernah menggunakan skincare, produk lain seperti serum atau eye cream bisa digunakan.

  • Rutin mengaplikasikan eye cream

Pada usian 30an kerutan pada bagian mata mulai terlihat walaupun samar. Aplikasikan dengan menggunakan eye cream secara rutin, akan tetapi pastikan memilih produk eye cream yang memiliki kandungan Niacinamide atau vitamin B3. Kandungan tersebut berfungsi untuk mencegah garis halus dan meminimalisir lingkaran hitam pada area mata.

  • No make up saat akan tidur

Tidak dianjurkan tidur dengan menggunakan makeup karena dapat menghalangi pori-pori dan juga menghambat peremajaan kulit. Saat tidur, kulit akan memproses peremajaan.

  • Pakai produk pencerah wajah

Munculnya bintik-bintik hitam kerap terjadi dan mudah muncul pada usia 30an. Bintik hitam ini disebabkan oleh paparan sinar matahari dan solusinya adalah dengan menggunakan produk pencerah kulit yang mengandung hydroquinone.

Hydroquinone dapat menghambat enzim dari hasil pigmen atau melanin yang disebut dengan tyrosinase. Dengan kandungan tersebut bekas jerawat dan flek akan mudah tersamarkan.

  • Makan yang  benar dan sehat

Makan sehat dengan sayuran berdaun hijau, buah-buahan, dan makanan yang kaya akan protein. Serta dengan kurangi gula agar dapat membantu kulit tetap awet muda dan mengurangi peradangan serta kemerahan.

  • Bersihkan wajah pagi dan malam hari

Jangan malas untuk membersihkan wajah baik pada pagi hari dan malam hari. Rutin membersihkan wajah memberikan kulit bersih, sehat, dan awet muda.

  • Lakukan perawatan wajah di malam hari

Perawatan kulit pada malam hari sangat penting seiring dengan bertambahnya usia. Perawatan malam hari memberikan kulit peremajaan dengan cara melembabkan.

Lakukan sejak dini untuk ruitn menjaga dan merawat kesehatan kulit, sehingga tanda penuaan dini dapat dicegah atau dapat diminimalisir.