13 Cara Merawat Kulit Dehidrasi Agar Tetap Terhidrasi

Kulit dehidrasi adalah kondisi dimana kulit kekurangan cairan yang berakibat kulit jadi terasa gatal, kering, dan terlihat kusam. Begitupun dengan warna kulit tampak tidak rata dengan timbulnya garis-garis halus.

Siapa saja bisa mengalami kulit dehidrasi seperti kulit berminyak, kulit kombinasi, dan kulit normal. Cara utama yang biasa di lakukan yaitu dengan cara menggunakan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan hyaluronic acid, ceramide, gliserin, lactic acidcitric acid, aloe vera, lendir siput, dan madu.

Selain itu, ada juga beberapa cara yang bisa dilakukan selain menggunakan produk perawatan kecantikan, diantaranya.

1. Minum lebih banyak air putih

Minum air putih 8 gelas sehari dapat membantu kulit terhidrasi kembali sehingga kulit tidak terlihat kering karena kebutuhan cairan di dalam tubuh berkurang. Rutin minum air putih 8 gelas per hari dapat mengatasi permasalahan kulit dehidrasi.

Kulit membutuhkan air untuk menjaga kelembaban karena 64% kulit manusia terdiri dari air. Penelitian International Journal of Cosmetic Science tahun 2007 menemukan bahwa minum 2,25 liter air atau 8 gelas per hari selama 1 bulan dapat membantu kesehatan kulit.

Tanpa adanya asupan air yang cukup pada kulit akan mengakibatkan dehidrasi sehingga kulit kekurangan cairan. Tanda kulit dehidrasi adalah kulit kering, kusam, keriput, dan pori-pori terlihat. Minum 8 gelas sehari dapat memproses hidrasi pada kulit dan bekerja dengan cara efekti.

2. Mandi Menggunakan Air Dingin

Ternyata air dingin sangat bagus untuk kesehatan kulit. Mandi dengan air dingin membuat pori-pori kulit menjadi tertutup sehingga minya alami pada kulit tetap terjaga dan tersimpan. Minyak alami pada kulit membantu sebagai pelembab kulit dan menjaga tetap terhidrasi sepanjang hari. Jadi, ketika kulit kering hindari mandi dengan air hangat.

3. Konsumsi asupan makanan yang mengandung air

Konsumsi sayuran dan buah-buahan dengan kandungan banyak air seperti semangka, melon, apel, seledri, dan sup yang dapat membantu kulit yang terdehidrasi menjadi sehat. Jenis kacang-kacangan sangat bagus untuk menjaga kelembaban kulit.

4. Konsumsi Buah dan Sayur Kaya Vitamin

Makanan yang di konsumsi setiap hari sangat berpengaruh pada tampilan kulit. Kulit membutuhkan nutrisi dari makanan yang telah di konsumsi. Untuk mengatasi kulit yang dehidrasi, ada baiknya konsumsi buah dan juga sayuran yang akan akan vitamin seperti vitamin E yang kaya akan antioksidan.

Vitamin E sangat baik untuk membantu kulit agar tetap lembab dan sehat dari efek dari paparan sinar matahari. Makanan yang mengandung vitamin E seperti gandum, kacang almond, brokoli, alpukat, bayam, tomat, mangga, dan masih banyak lagi.

5. Eksfoliasi kulit Anda secara teratur

Pengelupasan kulit sangat penting untuk menjaga kesehatan pada kulit dan membuat kulit menjadi segar. Pengelupasan kulit melepaskan sel-sel yang memiliki penumpukan pada sel kulit mati. Sel kulit mati dapat menghalangi pori-pori kulit dan juga dapat menghambat penyerapan pelembab pada kulit sehingga kulit menjadi kering.

6. Hindari merokok dan minum alkohol

Merokok dan mengkonsumsi alkohol berkepanjangan dapat membuat kulit kering. Selain itu, merokok dan mengkonsumsi alkohol dapat memicu proses penuaan kulit dan dapat menyebabkan wajah berjerawat serta permasalahan kulit lainnya.

7. Gunakan Tabir Surya

Tabir surya sangat membantu dan melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya. Lindungi kulit dari sinar matahari dengan mengoleskan tabir surya pada wajah dengan SPF15.

8. Aplikasikan hydrating toner pada kulit wajah

Toner dapat melembabkan kulit wajah dan digunakan untuk memberi tambahan kulit agar terhidrasi, melembabkan, dan mengembalikan pH alami kulit. Jangan gunakan toner yang mengandung alkohol dan fragrance untuk mengurangi timbulnya permasalahan kulit lain.

Jika menggunakan toner hindari lakukan eksfoliasi karena akan menyebabkan parahnya kondisi kulit yang terdehidrasi.

9. Gunakan moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit

Moisturizer sangat penting untuk melembabkan dan memperbaiki kulit yang dehidrasi. Gunakan moisturizer dengan tekstur lotion dengan kandungan hyaluronic acid, vitamin E, ceramide, dan petroleum jelly.

10. Gunakan serum yang mengandung bahan pelembap tinggi

Serum yang mengandung hyaluronic acid, glycerin, dan ceramide sangat bagus untuk kulit dehidrasi. Akan tetapi, serum hanya berfungsi untuk menutrisi kulit yang memang sangat dehidrasi.

Disarankan, aplikasikan serum pada kulit wajah setelah selesai menggunakan hydrating toner. Selanjutnya gunakan moisturizer untuk mengunci kelembaban kulit.

11. Atur pola tidur

Penerapan pola hidup sehat, terutama pola tidur yang tepat seperti jam tidur yang cukup. Pola tidur yang sehat dapat membantu proses regenerasi dan perbaikan jaringan kulit menjadi lebih cepat dan optimal.

Dengan demikian, pada saat jaringan kulit kembali pulih, kerusakan pada kulit seperti kerutan dan dehidrasi tidak mudah menyerang.

12. Gunakan face oil

Face oil sangat bagus untuk kulit yang sedang mengalami dehidrasi parah. Face oil memiliki kandungan minyal esensial alami yang sangat baik untuk mengembalikan kulit menjadi lembab, kulit cerah, dan elastisitas pada kulit.

Yang harus di perhatikan, pilih bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia seperti parum, supaya tidak terjadinya iritasi pada kulit.

13. Hindari cleanser jenis foam atau mengandung SLS

Sodium Laryl Sulfate (SLS) adalah bahan jenis deterjen yang berfungsi untuk membersihkan minyak dan juga kotoran dari permukaan wajah. Penggunaan SLS bisa membuat kulit kering, jadi ada baiknya gunakan cleanser dengan tekstur gentle seperti cleansing balm, oil, atau lotion.

Jika kulit wajah dehidrasi terasa mengganggu, sebaiknya periksakan diri ke dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi penanganan yang tepat.