15 Cara Merawat Kulit Normal Cenderung Kering

Kulit adalah lapisan terluar dari tubuh yang melindungi tubuh. Sehingga, kulit sehat dan lembab adalah hal yang paling diinginkan oleh setiap orang khususnya wanita. Hal ini bisa diperoleh tentunya dengan cara perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi kulit.

Kulit normal yang cenderung kering sering menjadi salah satu permasalahan dalam perawatan kulit. Kesalahan dalam perawatan kulit tersebut justru dapat menimbulkan masalah baru pada kulit.

Untuk itu, beberapa cara merawat kulit normal yang cenderung kering adalah sebagai berikut ini:

  • Menggunakan sabun atau pembersih wajah yang ringan

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk kulit normal cenderung kering adalah dengan menggunakan sabun atau pembersih wajah yang ringan atau lembut ke wajah.

Pembersih wajah yang ringan biasanya tidak memiliki banyak kandungan kimia dan tidak bersifat iritatif. Selain itu, pembersih wajah yang tidak mengandung pewangi, antibakteri, atau alkohol.

  • Tidak menggosok kulit terlalu kencang

Kulit normal yang cenderung kering biasanya agak rentan bila digosok terlalu kencang. Kulit akan lebih mudah untuk terkelupas. Saat mandi, kulit normal yang cenderung kering tidak bisa digosok terlalu kencang karena akan membuat kulit terkelupas dan semakin kering.

  • Membersihkan wajah dengan rutin

Kulit normal yang cenderung kering biasanya menimbulkan kesan wajah yang kusam. Membersihkan wajah secara rutin atau sebanyak 2 kali dalam sehari dapat membantu untuk merawat kulit normal yang cenderung kering terasa lebih segar dan lembab.

  • Rutin melakukan eksfloiasi

Cara perawatan berikutnya yang tidak kalah penting adalah melakukan eksfloiasi untuk mengangkat sel kulit mati. Perawatan ini juga penting untuk dilakukan bagi kulit normal yang cenderung kering.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam eksfloiasi adalah tidak menggunakan scrub yang kasar dan bahan yang disarankan adalah AHA serta BHA. Ini untuk mencegah iritasi pada kulit atau kemerahan.

  • Mengurangi penggunaan air panas

Berdasarkan hasil penelitian Mayo Clinic, mandi dengan air panas atau hangat dapat menyebabkan kulit bertambah kering karena mengurangi minyak dalam kulit yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit.

Untuk itu, bagi kulit normal yang cenderung kering disarankan untuk mengurangi penggunaan air panas saat mandi. Hal ini untuk mencegah kulit semakin kering.

  • Menggunakan pelembab atau lotion

Kulit tubuh atau wajah normal yang cenderung kering harus sering menggunakan pelembab atau lotion untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegahnya semakin kering.

Pelembab dapat membantu kulit yang cenderung kering kembali lembab. Ini sangat baik untuk mencegah kekeringan kulit yang lebih parah.

  • Mengurangi waktu mandi

Kulit normal cenderung kering dapat dirawat dengan mengurangi waktu mandi. Sebaiknya waktu mandi dibatasi kurang lebih 5-10 menit untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit kering.

  • Menggunakan sunscreen secara rutin

Sinar matahari dapat membuat kulit semakin kering, sehingga kulit normal cenderung kering harus dicegah untuk terpapar sinar matahari secara langsung. Salah satu pencegahannya adalah dengan menggunakan sunscreen.

Sunscreen sangat berguna untuk mencegah kulit terpapar sinar matahari langsung dan mencegah dehidrasi kulit. Jadi, sunscreen sangat baik untuk mencegah kulit semakin kering.

  • Mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan

Kulit normal cenderung kering dapat dirawat dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Makanan yang kaya antioksidan dapat membuat kulit sehat, mencegah kulit yang kering, dan mencegah kerusakan kulit.

Beberapa makanan yang kaya antioksidan adalah sebagai berikut tomat, wortel, kacang polong, buah-buahan, dan sayuran. Makanan yang mengandung vitamin C atau asam lemak omega 3 juga dapat menjadi sumber antioksidan.

  • Menggunakan minyak kelapa atau petroleum jelly

Minyak kelapa atau petroleum jelly memiliki kegunaan untuk menghaluskan kulit, mencegah kulit iritasi dan kering, dan menjaga kelembaban kulit. Produk yang mengandung kedua bahan ini sangat baik untuk digunakan pada kulit normal cenderung kering.

Produk yang mengandung kedua bahan ini dapat digunakan secara rutin sebanyak 1 atau 2 kali dalam seminggu untuk mencegah kulit semakin kering. Hal ini juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Minum air putih secara rutin

Air putih sangat baik untuk merawat semua jenis kulit, salah satunya adalah kulit normal cenderung kering. Asupan air putih yang terpenuhi dapat menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit dehidrasi. Jumlah air putih yang memenuhi kebutuhan tubuh yaitu sekitar 2 liter atau 8 gelas per hari.

  • Mengeringkan tubuh dengan tepat

Kebiasan kulit yang dikeringkan dengan tidak tepat dapat membuat kulit semakin lebih kering. Kulit normal cenderung kering disarankan untuk mengeringkan tubuh dengan tepat karena sisa air tersebut dapat menguap dan menyebabkan kulit semakin kering.

Penggunaan handuk yang tepat juga dapat membantu untuk merawat kulit normal cenderung kering. Handuk kasar dapat merusak kulit terluar dan menyebabkan kekeringan kulit yang lebih lanjut.

Kulit normal cenderung kering disarankan untuk menggunakan handuk yang lembut dan tidak menggunakannya dengan secara kasar atau menekan terlalu kuat agar kulit tidak semakin kering.

  • Menggunakan pelembab udara

Cara lain untuk merawat kulit normal cenderung kering adalah menjaga udara sekitar tetap lembab. Udara tetap lembab dapat dijaga dengan menggunakan pelembab udara atau humidifier di kamar atau rumah. Kondisi udara seperti ini sangat baik untuk kulit normal cenderung kering.

  • Membatasi asupan kafein dan rokok

Cara berikutnya untuk merawat kulit normal cenderung kering adalah dengan membatasi asupan kafein serta rokok. Kafein dan kandungan dalam rokok dapat menyebabkan kulit semakin kering dan kusam.

Mengurangi asupan kafein dan menghentikan penggunaan rokok dapat mencegah kulit semakin kering dan menghindari kulit terlihat kusam. Kulit normal cenderung kering sangat baik untuk melakukan perawatan ini.

  • Menghindari alergen dan iritasi

Kulit semakin kering juga dapat terjadi karena pakaian yang kita gunakan atau keadaan rumah yang dipenuhi dengan bahan kimia yang dapat menyebabkan kulit kering. Kulit normal cenderung kering dapat dirawat dengan cara ini.