13 Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Musim Dingin

Kulit kering sering menjadi salah satu masalah yang dikeluhkan oleh kebanyakan orang. Penyebab kulit kering pun terdiri dari berbagai hal, baik sabun, terlalu banyak terkena sinar matahari, dan cuaca atau musim dingin.

Pada umumnya, kulit kering sering terjadi bila seseorang memasuki lokasi yang memiliki perbedaan cuaca khususnya musim atau cuaca dingin. Beberapa cara mengatasi kulit kering saat musim dingin adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan pelembab secara rutin

Cara pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi kulit kering saat musim dingin adalah menggunakan pelembab. Pada umumnya, udara atau cuaca dingin dapat mengurangi kelembaban kulit sehingga kulit terasa kering.

Pelembab atau lotion dapat membantu untuk menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tidak terasa kering. Bila anda berada di lokasi dengan cuaca atau musim dingin, anda harus memastikan pemakaian pelembab atau lotion secara rutin.

  • Menghindari penggunaan air panas

Pada umumnya, seseorang yang berada pada musim dingin atau cuaca dingin pasti akan mandi dengan menggunakan air panas. Ternyata, hal ini tidak baik untuk kulit karena dapat menyebabkan kulit lebih cepat kering.

Air panas dapat mengganggu keseimbangan PH kulit dan membuat kulit semakin kering serta mudah mengelupas. Untuk itu, bila anda berada di cuaca atau musim dingin, anda disarankan mandi untuk menggunakan air yang hangat bukan air panas.

  • Menggunakan pelembab bibir

Kulit kering yang sering terjadi saat musim atau cuaca dingin adalah pada bagian bibir. Bagian ini sangat sensitif saat musim dingin hingga terkadang membuat kulit bibir terkelupas karena terlalu kering.

Cara yang tepat untuk mengatasinya adalah menggunakan pelembab bibir. Pelembab bibir dapat membantu untuk mengurangi kulit kering dan mengembalikan kelembaban bibir. Sebaiknya memiliki pelembab bibir yan mengandung vitamin yang baik untuk nutrisi kulit bibir.

  • Menggunakan penutup seluruh tubuh

Kulit sangat menjadi mudah kering bila terkena udara atau musim yang sangat dingin karena udara dingin menyerap cairan pada kulit tubuh dan membuat kulit kering.

Untuk itu, cara mengatasinya adalah menutup seluruh tubuh dengan menggunakan pakaian penutup. Misalnya menggunakan sarung tangan, jaket, celana panjang, sepatu boots, dan baju lengan panjang saat keluar rumah.

  • Menjaga pakaian tetap kering

Tubuh dengan kondisi basah atau pakaian basah yang digunakan pada cuaca dingin, dapat membuat kulit semakin kering dan iritasi. Pakaian yang basah khususnya kaus kaki dan sarung tangan dapat membuat kulit kering, pecah – pecah, dan iritasi.

Cara mengatasi kulit kering saat musim dingin adalah dengan menggunakan pakaian yang tidak basah atau kering dalam jangka waktu yang lama. Bila pakaian sudah basah atau lembab, sebaiknya tidak digunakan untuk mengatasi kulit kering.

  • Menggunakan tabir surya

Tabir surya bukan hanya digunakan saat pada cuaca atau musim panas, tetapi juga dapat digunakan pada musim dingin. Kulit juga dapat menjadi kering bila terkena matahari saat cuaca atau musim dingin.

Es atau salju dapat memantulkan cahaya atau sinar matahari yang juga tidak begitu baik untuk kulit bila terpapar langsung. Tabir surya dapat digunakan untuk mencegah sinar UV atau sinar matahari langsung terkena langsung ke kulit dan tentunya mencegah kulit kering.

  • Menggunakan pelembab ruangan

Cara mengatasi kulit kering saat musim dingin adalah dengan menggunakan pelembab ruangan untuk menjaga kelembaban udara. Selain itu, penghangat ruangan juga dapat digunakan untuk menjaga udara tetap hangat.

Udara yang lembab dan hangat dapat membantu kulit tetap lembab dan mencegah kulit dehidrasi. Hal ini tentunya baik untuk mengatasi kulit kering dan kulit terkelupas atau pecah – pecah.

  • Menggunakan produk pembersih ringan

Produk pembersih seperti sabun, shampo, atau pembersih wajah dapat mempengaruhi kesehatan kulit saat musim dingin. Untuk itu, kandungan produk pembersih harus sangat diperhatikan saat musim dingin. Kesalahan kandungan produk pembersih dapat membuat kulit menjadi kering.

Kandungan produk pembersih yang ringan serta tidak mengandung alkohol atau pewangi yang dapat menghilangkan minyak kulit sangat baik untuk digunakan saat musim dingin. Produk ini dapat menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit yang kering.

  • Menggunakan minyak alami secara teratur

Minyak – minyak alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak jojoba juga dapat mengatasi kulit kering saat musim dingin. Minyak alami ini dapat mengembalikan kulit yang rusak dan kering menjadi sehat kembali. Selain itu, minyak alami ini dapat menjaga kelembaban kulit di musim dingin.

  • Menghindari penggunaan pakaian terbuat dari wol

Pakaian yang terbuat dari wol memang sangat memberikan kehangatan pada tubuh saat musim dingin, tetapi pakaian ini tidak begitu baik untuk kulit. Pakaian ini dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Jadi, penggunaan pakaian dari wol sangat tidak disarankan setiap hari saat musim dingin.

  • Memiliki pola nutrisi yang benar

Cara berikutnya untuk mengatasi kulit kering saat musim dingin adalah dengan memiliki pola nutrisi yang tepat. Pola nutrisi baik dari makanan atau minuman sangat diperlukan untuk menjaga kulit tetap sehat dan lembab.

Air putih serta makanan yang kaya antioksidan merupakan salah satu makanan dan minuman yang sangat baik untuk mencegah kulit kering dan menjaga kulit tetap lembab.

  • Melakukan scrub tubuh secara rutin

Scrub dapat mengangkat sel kulit mati secara sempurna. Selain itu, mencegah kulit terasa kering karena terlalu banyak sel mati yang menumpuk. Untuk itu, scrub sangat perlu untuk dilakukan secara rutin untuk mengatasi kulit kering dan mengembalikan kesehatan kulit secara perlahan.

  • Menggunakan masker alami

Cara terakhir untuk mengatasi kulit kering saat musim dingin adalah dengan menggunakan masker alami secara rutin. Bahan-bahan alami pada masker tentunya lebih baik untuk mengatasi kulit kering, menjaga kelembaban kulit, serta menjaga kesehatan kulit. Untuk itu, penggunaan masker alami juga sangat diperlukan oleh kulit.