12 Kesalahan dalam Make Up yang Patut Ladies Ketahui

Make up menjadi salah satu prioritas bagi wanita dalam kehidupan sehari-hari untuk mempercantik penampilan wajah. Walapun tidak semua wanita sering menggunakan make up, tetapi mayoritas wanita pasti menggunakannya.

Kesalahan dalam menggunakan make up, justru dapat membuat tampilan semakin aneh dan buruk. Untuk itu, kita akan membahas beberapa kesalahan dalam make up.

1. Bentuk dan warna alis yang tidak natural

Kesalahan pertama dalam make up adalah pembentukan alis mata. Seorang wanita bisa terlihat lebih cantik dan sempurna, bila memiliki alis mata. Namun, alis mata yang berlebihan dan terlalu gelap justru akan membuat wajah tidak terlihat cantik.

Tidak semua bentuk alis dari para influencer sesuai dengan bentuk wajah kita. Anda harus membuat alis mata yang sesuai dengan bentuk alis aslimu sehingga terlihat lebih natural dan usahakan untuk menggunakan warna yang tidak terlalu gelap atau mengisi alis terlalu tebal.

2. Salah Memilih Warna Foundation

Pemilihan warna foundation yang tepat adalah salah satu faktor yang penting dalam make up. Kesalahan pemilihan warna foundation akan memberikan warna belang antara leher dan wajah.

Untuk itu, anda harus memilih warna foundation yang sesuai dengan tone wajah. Anda dapat menyesuaikannya dengan leher terlebih dahulu sebelum menggunakannya ke wajah.

3. Menggunakan Foundation secara berlebihan

Penggunaan foundation yang terlalu banyak dalam wajah bukan membuat wajah terlihat semakin lebih mulus, tetapi membuat wajah terlihat tua. Penggunaaan foundation harus dengan jumlah yang tepat, agar wajah terlihat natural dan mengkilap.

Selain itu, penggunaan foundation harus dipastikan secara merata. Foundation yang tidak merata dapat membuat wajah terlihat seperti memiliki bercak-bercak atau kulit yang pecah. Penggunaan foundation cair atau krim sangat disarankan untuk mencegah hal ini.

4. Kesalahan dalam Penggunaan Contour

Contour adalah salah satu bagian penting dalam make up untuk mempertegas bentuk wajah atau membuat bentuk wajah terlihat tirus. Namun, kesalahan dalam menggunakan contour justru dapat mempertegas garis penuaan wajah.

Selain itu, warna contour yang terlalu tua juga dapat membuat warna kulit terlihat kusam. Untuk itu, pemilihan contour yang halus dan mudah diblend adalah hal untuk mencegah kesalahan dalam penggunaan contour.

5. Kesalahan dalam Penggunaan Eyeshadow

Kesalahan dalam penggunaan eyeshadow juga dapat membuat wajahmu terlihat tidak natural atau bahkan menor. Ini merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh wanita dalam menggunakan make up.

Warna eyeshadow yang tidak sesuai, pemakaiannya yang tidak merata, atau warna yang tidak berbaur dengan lainnya. Untuk itu, pilihlah warna yang tepat dan sesuai khususnya bila anda ingin menyatukan dua warna. Penggunaan blending brush juga sangat diperlukan untuk menyatukan dua warna eyeshadow dengan merata dan rapi.

6. Kesalahan dalam Penggunaan Highlighter

Highlighter dapat memberikan kesan glow dan juga membantu untuk mempertegas bentuk wajah dengan kesan natural. Namun, penggunaan yang terlalu banyak dapat membuat minyak pada wajah.

Selain itu, penggunaan highlighter pada bawah alis mata yang terlalu banyak dapat juga tidak begitu baik pada penampilan wajah. Wajah anda akan terlihat lebih tua.

7. Kesalahan dalam penggunaan eyeliner

Kesalahan dalam penggunaan eyeliner juga dapat membuat wajah terlihat menor atau bahkan tua. Kebanyakan wanita menggunakan eyeliner berwarna gelap pada bagian bawah mata. Padahal, hal ini justru dapat membuat mata terlihat lebih kecil, menonjolkan garis halus pada wajah, dan tentunya memberikan kesan tua pada wajah.

8. Kesalahan dalam Penggunaan Blush On

Blush on dapat membuat riasan wajah semakin lebih lengkap dan memberikan kesan segar pada wajah. Namun, kesalahan penggunaannya dapat membuat tampilan wajah terkesan menor dan aneh.

Untuk itu, memilih warna blush on harus disesuaikan dengan warna kulit wajah. Sebaiknya, jangan menggunakan warna blush on yang terlalu kontras dengan wajah dan penggunaannya sebaiknya di tulang pipi dekat area mata, bukan pada pipi.

Dengan penggunaan yang tepat, blush on akan memberikan kesan warna rona pipi yang natural. Selain itu, memberikan kesan wajah yang terlihat begitu segar dan cerah.

9. Kesalahan dalam Penggunaan Bedak

Penggunaan bedak yang terlalu banyak dapat memberikan efek buruk pada riasan wajah. Efek buruknya dapat memberikan kesan wajah yang tua dan meningkatkan produksi minyak pada wajah.

Bedak memang akan membuat riasan wajah akan semakin lebih sempurna. Namun, anda harus menghindari penggunaannya terlalu banyak pada area bawah mata karena memberikan kesan tua dan mempertegas kerutan pada bawah mata.

Selain itu, penggunaan bedak khususnya bedak tabur pada wajah akan meningkatkan produksi minyak wajah. Untuk itu, penggunaan dengan jumlah yang tepat sangat disarankan untuk membuat wajah terlihat natural.

10. Kesalahan dalam Penggunaan Warna Lipstik

Lipstik adalah riasan terakhir yang membuat wajah terlihat begitu sempurna. Kesalahan dalam pemilihan warna justru dapat membuat riasan terlihat menor atau terlihat pucat.

Pemilihan warna yang tidak terlalu gelap adalah hal yang tepat untuk bibir yang sudah penuh atau tebal. Anda dapat menggunakan lip liner atau warna yang netral untuk tetap membuat bibir terlihat penuh dan tebal. Anda juga dapat menggunakan warna yang tidak terlalu mencolok bila kulit wajah memiliki warna yang sedikit lebih gelap.

11. Kesalahan dalam Penggunaan Shimmer

Penggunaan shimmer juga dapat membantu riasan wajah terlihat glow dan sempurna. Namun, penggunaan terlalu banyak justru dapat merusak riasan wajah karena akan menimbulkan kesar menor dan tua.

Penggunaan shimmer yang terlalu banyak dapat mempertegas kerutan pada wajah, tekstur kulit yang tidak rata, garis halus semakin jelas terlihat, dan meningkatkan jerawat. Untuk itu, penggunaan shimmer matte sangat disarankan untuk mencegah hal di atas.

12. Tidak Menggunakan Pelembab Wajah

Kesalahan terakhir dalam make up adalah tidak menggunakan pelembab wajah terlebih dahulu. Pelembab wajah tetap harus digunakan untuk membuat tekstur wajah lebih halus dan lembab. Selain itu, pelembab dapat membantu untuk membuat make up lebih menempel pada wajah.