7 Manfaat Lulur Coklat Untuk Kulit Wajib Coba

Siapa sih yang tidak suka coklat? Coklat adalah salah satu bahan makanan favorit, yang bisa dikreasikan menjadi bermacam jenis olahan masakan. Di samping itu, coklat juga telah banyak digunakan sebagai bahan dasar perawatan tubuh, salah satunya adalah lulur. Lulur dengan bahan dasar coklat memiliki efek yang sangat menakjubkan. Aroma coklat bisa memberikan efek relaksasi yang membuat pikiran tenang. Manfaat coklat untuk kesehatan dan kecantikan kulit juga sangat banyak.

Apa saja? Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari lulur coklat:

1. Menutrisi kulit

Dengan berbagai kandungan yang ada di dalam coklat, dapat dikatakan coklat adalah salah satu sumber ‘makanan’ untuk kulit. Kandungan di dalam coklat diyakini dapat dengan mudah diserap oleh kulit. Sehingga, dengan menggunakan lulur coklat secara rutin, kualitas kulit juga akan semakin meningkat.

2. Mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit

Coklat kaya akan kandungan Vitamin B dan antioksidan. Vitamin B memiliki peran cukup besar dalam peremajaan kulit. Sedangkan, antioksidan berperan dalam membantu produksi elastin dan kolagen. Elastin dan kolagen dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini, dengan mengurangi flek hitam dan kerutan. Kulit akan nampak awet muda, segar dan kencang.

3. Menangkal radikal bebas

Manfaat antioksidan untuk kulit yang terkandung di dalam coklat dapat mencegah radikal bebas dan merangsang pertumbuhan sel kulit yang sehat. Radikal bebas sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Radikal bebas akan menghancurkan sel kulit yang sehat dan menghambat pertumbuhan sel kulit baru. Sehingga menyebabkan munculnya keriput, kulit kusam dan terlihat lebih tua.

4. Melembabkan kulit

Lulur coklat sangat cocok digunakan untuk kulit yang cenderung kering. Hal ini dikarenakan, coklat mengandung pelembab alami dan natural oil (minyak alami) yang sangat ampuh untuk mengatasi kulit kering, pecah-pecah dan kasar. Selain itu, coklat juga mengandung gliserin yang mudah diserap oleh kulit. Sehingga, kulit akan terasa lebih halus dan lembab sepanjang hari setelah memakai lulur coklat. 

5. Membantu detoksifikasi kulit

Lulur coklat efektif untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Di samping itu, pemakaian lulur dapat membersihan kotoran atau minyak yang menyumbat pori-pori. Pemakaian lulur coklat secara rutin, dapat membantu regenerasi kulit dengan mengganti sel kulit yang mati dengan sel yang sehat. Sehingga kulit akan menjadi lebih bersih, sehat dan cerah.

6. Melindungi kulit dari sinar matahari

Selain menjadi penyebab kulit menjadi hitam, paparan sinar matahari bisa sangat membahayakan jika kulit terpapar terus-menerus tanpa perlindungan. Coklat memiliki kandungan Vitamin A dan E, yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV dan polusi. Selain itu kandungan flavonoid dan polifenol akan mencegah kulit menjadi kusam dan berubah warna. Jadi pemakaian lulur coklat setelah lama terpapar sinar matahari sangat dianjurkan. 

7. Menghilangkan ketidaksempurnaan pada kulit

Adanya stretch mark, selulit, eksema atau bengkak di kulit dapat membuat kepercayaan diri menurun. Semua masalah kulit tersebut, ternyata dapat diatasi dengan lulur coklat. Kandungan kafein, natural oil dan vitamin kompleks di dalam coklat dapat membantu menghilangkan masalah kulit bila dipakai secara rutin. Bukan hanya itu, kandungan kafein pada lulur coklat juga dapat memperlancar sirkulasi darah.

Nah, banyaknya manfaat lulur coklat di atas tentunya bisa kita peroleh dengan menggunakannya secara rutin. Lulur coklat setidaknya digunakan 2 kali dalam seminggu, untuk memperoleh hasil yang maksimal. Untuk lulur coklat, sudah banyak tempat perawatan yang menyediakan perawatan coklat atau bisa membeli produk lulur di toko. Selain itu, lulur coklat ternyata bisa dibuat sendiri di rumah.

Cara membuat lulur coklat homemade:

Bahan yang perlu disiapkan adalah 3 sdm coklat bubuk, 1 sdm minyak zaitun, 1 sdm tepung beras, 1 sdm susu bubuk dan perasan lemon. Masukkan semua bahan dalam satu wadah, campur hingga rata. Lulur coklat siap digunakan.

Mudah sekali bukan? Semoga bermanfaat!