7 Penyebab Flek Hitam di Wajah yang Wajib Diketahui

Salah satu permasalahan wajah yang cukup mengganggu adalah flek hitam. Flek hitam pada umumnya muncul dengan tanda bintik berukuran kecil berwarna hitam, yang merupakan penumpukan melanin yang berisikan melanosome sehingga berwarna hitam. Munculnya flek hitam di wajah bisa disebabkan karena banyak hal, sehingga kemunculan flek hitam bisa merupakan hal yang lumrah atau bisa saja membahayakan jika tidak dilakukan penanganan. Nah, kali ini akan dibahas mengenai penyebab bintik hitam pada wajah, seperti berikut ini:

1. Pertambahan usia

Penyebab yang paling umum adalah karena bertambahnya usia seseorang. Flek hitam bisa merupakan tanpa penuaan dini pada kulit, yang mana biasanya dialami seseorang mulai dari usia 20 hingga 50 tahun. Hal ini disebabkan karena semakin bertambahnya usia seseorang, kemampuan kulit untuk beregenerasi juga semakin lambat sehingga flek hitam juga disebut dengan age spot.

2. Paparan sinar matahari

Berada di bawah sinar matahari yang menyengat terlalu lama atau berlebihan, selain dapat menjadi penyebab wajah kusam tak bercahaya juga bisa menyebabkan flek hitam. Paparan sinar matahari yang memancarkan sinar UV yang mengenai kulit, bisa memicu terjadinya hiperpigmentasi yang mana akan mengakibatkan kulit memproduksi melanin secara berlebihan dan memunculkan flek hitam.

3. Dampak setelah peradangan

Maksud peradangan pada kasus ini adalah seperti kulit yang mengalami kondisi seperti luka, terasa terbakar, iritasi akibat perawatan tertentu dan lain sebagainya. Setelah peradangan biasanya kulit akan mengalami trauma berupa hiperpigmentasi yang mengakibatkan flek hitam. Di samping itu, penggunaan kosmetik yang berbahaya atau abal-abal juga bisa menjadi penyebabnya

4. Paparan polusi dan kotoran

Salah satu penyebab sulitnya mengatasi flek hitam adalah kondisi kulit yang tidak bersih. Kotoran dan polusi bisa menyebabkan kerusakan pada sel kulit yang menghasilkan antioksidan, selain itu juga bisa menyumbat pori-pori kulit. Di samping menjadi penyebab pori pori waja membesar, penyumbatan ini juga bisa menyebabkan penumpukan sel kulit mati yang bisa menimbulkan bercak hitam dan kekusaman.

5. Hormon yang tidak seimbang

Seperti halnya penyebab wajah bruntusan dan gatal, hormon yang tidak seimbang juga bisa menyebabkan flek hitam. Ketidakseimbangan hormon dapat mempengaruhi banyak tidaknya produksi melanin kulit. Sehingga wajar saja jika yang memiliki flek hitam sebagaian besar adalah wanita berusia 40 an tahun karena bisa dipengaruhi oleh masa menopause, pil KB yang dikonsumsi, terapi hormon dan lain sebagainya.

6. Kerusakan pada organ hati

Munculnya flek hitam tidak hanya disebabkan karena adanya permasalahan utama pada kulit saja, namun bisa juga karena terdapat kerusakan pada organ hati sehingga juga disebut dengan liver spot. Hal ini disebabkan karena organ hati memiliki fungsi untuk membersihkan racun atau toksin di dalam tubuh. Sehingga bisa mennjadi salah satu penyebab munculnya flek hitam, juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius lagi.

7. Bekas jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah yang cukup sulit diatasi, karena setelah jerawat sembuh masih ada masalah lain yaitu flek hitam karena bekas jerawat. Walaupun flek hitam bekas jerawat bersifat sementara, perlu dilakukan cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan teratur dan telaten karena jika dibiarkan hilang sendiri akan membutuhkan waktu lama.

Demikian pembahasan mengenai berbagai hal yang menyebabkan flek hitam di wajah yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat.