Begini 6 Efek Samping dari Bedak Temulawak Palsu Jika Digunakan

Bedak merupakan produk make up yang wajib dimiliki oleh setiap wanita, bahkan untuk orang yang jarang menggunakan make up pun biasanya tetap memiliki bedak untuk menunjang penampilannya. Temulawak merupakan merk yang cukup booming di pasaran, karena produk skincare pemutih wajah yang banyak disukai oleh masyarakat. Tidak hanya itu, Temulawak juga memiliki produk bedak menghilangkan flek hitam dan memutihkan kulit wajah. Namun seiring dengan terkenalnya Temulawak, tidak sedikit orang yang memanfaatkan kesempatan untuk membuat produk palsu Temulawak baik dari skincare ataupun kosmetik.

Nah, pada artikel kali ini akan diulas mengenai efek samping dari bedak Temulawak palsu jika digunakan. Baik efek samping yang bisa muncul setelah pemakaian ataupun efek samping jika digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Simak yuk ulasannya di bawah ini.

1. Gatal gatal pada kulit

Efek samping yang biasanya muncul setelah pemakaian bedak Temulawak palsu adalah gatal gatal pada kulit wajah. Gatal yang dirasakan biasanya akan berlangsung lama, yang mana pada akhirnya bisa menyebabkan wajah berbintik hingga membentuk bentol pada kulit. Jika pemakaian diteruskan, gatal yang muncul bisa diiringi dengan rasa perih di kulit seperti halnya dengan efek samping penggunaan bahan kosmetik yang berbahaya seperti merkuri.

2. Kemerahan seperti terbakar

Di samping akan menyebabkan gatal, penggunaan kosmetik palsu juga bisa menyebabkan kulit menjadi kemerahan. Juga bisa memberikan efek panas seperti terbakar pada kulit wajah. Hal ini merupakan reaksi iritasi dari kulit, karena di dalam bedak terdapat kandungan yang berbahaya atau kandungan bahan yang sebenarnya tidak diperuntukkan untuk kulit wajah.

3. Wajah kering dan kasar

Selain bisa menjadi penyebab wajah gatal dan merah, efek samping menggunakan bedak Temulawak yang palsu juga bisa membuat wajah tampak kasar. Yang mana dengan menggunakan bedak seharusnya akan membuat wajah lebih halus dan tampak segar. Hal ini jika dibiarkan saja, lama lama akan membuat kulit menjadi kering dan semakin mudah mengalami masalah kulit.

4. Muncul bruntusan atau jerawat

Bruntusan atau jerawat biasanya merupakan efek samping yang timbul setelah beberapa hari menggunakan bedak Temulawak secara terus menerus. Apalagi jika menggunakan bedak ketika wajah memang sedang dalam kondisi berjerawat, akan membuat jerawat semakin meradang dan tidak kunjung sembuh. Jika mengalami hal ini sebaiknya segera dihentikan pemakaian bedak Temulawak yang dipakai, selanjutnya segera lakukan penanganan ataupun cara menghilangkan jerawat bruntusan di pipi ataupun di bagian wajah lainnya.

5. Muncul flek atau bintik hitam

Menggunakan bedak Temulawak yang palsu juga bisa menyebabkan kemunculan flek hitam di wajah. Kemunculan flek hitam ini merupakan reaksi wajar yang timbul akibat penggunaan skincare ataupun kosmetik berbahaya dalam jangka waktu yang lama. Flek hitam yang muncul ini tidak hanya bisa mengganggu penampilan, tapi juga bisa membahayakan jika dibiarkan saja.

6. Mengalami penyakit kulit

Efek samping paling serius yang bisa dialami kulit adalah mengalami penyakit kulit seperti bopeng bahkan hingga kanker kulit. Hal ini juga menjadi salah satu efek samping pemakaian bahan pemutih wajah yang berbahaya, sehingga sangat penting untuk mengetahui tanda ketidakcocokan penggunaan kosmetik sejak dini agar efek samping bisa dicegah secepat mungkin.