8 Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan Di Pipi yang Efektif

Hampir semua orang sudah akrab dengan masalah jerawat, baik itu jerawat kecil atau besar. Betapapun baik kondisi kulit yang dimiliki, akan ada masanya kulit tersebut mengalami masalah jerawat walaupun mungkin bukan sesuatu yang parah. Jerawat adalah masalah yang selalu mengganggu kapanpun ia muncul di kulit wajah karena akan sangat mempengaruhi rasa percaya diri seseorang terlebih lagi ketika sedang berkaca di depan cermin. Satu buah jerawat saja sudah sangat mengganggu, apalagi jika muncul dalam jumlah banyak seperti bruntusan.

Bruntusan juga merupakan salah satu bentuk lain dari jerawat. Bedanya, bruntusan muncul dalam bentuk kecil – kecil dan berkelompok dan biasanya muncul di area T, namun tidak jarang juga hanya muncul di pipi. Seringkali bruntusan di pipi disebabkan oleh penumpukan kotoran, minyak dan debu yang menyumbat pori – pori seiring waktu. Area pipi memang biasanya lebih kering daripada area T yang lebih berminyak, namun tidak penting apa jenis kulit Anda, bruntusan di pipi biasanya terjadi karena pengaruh lingkungan.

Mengatasi Jerawat Bruntusan di Pipi

Beberapa bruntusan kecil mungkin bisa saja hilang dalam waktu singkat dengan perawatan yang tepat, namun jerawat di pipi bisa jadi lebih sulit dibasmi dan memerlukan waktu sebelum benar – benar dapat dihilangkan. Cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam bukannya mustahil, namun memerlukan banyak kerja keras dan ketepatan perawatan yang digunakan. Walaupun demikian, sebagian besar kasus jerawat bruntusan bisa dihilangkan melalui kombinasi pencegahan dan perawatan untuk cara menghilangkan jerawat bruntusan di pipi berikut ini:

1. Menjaga wajah tetap bersih

Wajah yang bersih sangat penting apakah Anda mengalami jerawat atau tidak. Membersihkan wajah dua kali dalam seminggu berguna untuk menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan kelebihan minyak dari permukaan kulit. Membersihkan wajah lebih dari dua kali sehari tidak lantas lebih baik, justru dapat membuat kulit menjadi terlalu kering. Gunakan air hangat dan pembersih wajah ringan seperti facial wash untuk wajah bruntusan ketika membersihkan kulit wajah. Hindari menggosok kulit dengan keras menggunakan alat apapun atau tangan Anda.

2. Melembabkan wajah

Banyak produk perawatan kulit untuk jerawat mengandung formula yang membuat kulit kering, jadi selalu gunakan pelembab yang dapat meminimalkan kekeringan dan pengelupasan kulit. Carilah produk yang dilabeli non comedogenic yang berarti tidak akan menyebabkan jerawat. 

3. Cobalah produk yang dapat dibeli bebas

Pengobatan untuk kulit bruntusan atau jerawat ini ada yang tidak perlu menggunakan resep dokter. Produk untuk menghilangkan bruntusan di wajah kebanyakan mengandung benzoyl peroksida, asam salisilat, asam glikolat atau asam laktat yang dapat membasmi bakteri dan membuat kulit menjadi kering. Karena itulah Anda sebaiknya memulai dengan sejumlah kecil dahulu lalu sesuaikan dengan keperluan kulit Anda sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah.

4. Atur pemakaian make up Anda

Selama mengalami bruntusan di pipi, Anda perlu menghindari menggunakan foundation, bedak atau blush on.  Jika Anda menggunakan make up, jangan lupa untuk membersihkannya sebelum tidur malam. Jika memungkinkan, pilih kosmetik bebas minyak tanpa pewarna atau kimia tambahan. Perhatikan kandungan produk di kemasan sebelum membeli agar tidak menjadi penyebab wajah bruntusan.

5. Perhatikan pemakaian produk rambut

Cara mengatasi jerawat bruntusan di pipi adalah dengan tidak menggunakan bahan berminyak di rambut Anda. Hindari penggunaan pewangi, minyak, pomade, atau gel pada rambut karena dapat menyumbat pori kulit dan mengiritasi jika produk tersebut meluber ke kulit wajah. Gunakan sampo yang berbahan ringan dan juga kondisioner sesuai jenis rambut. Rambut yang berminyak dapat menyebabkan wajah juga menjadi berminyak, jadi Anda juga perlu mencuci rambut secara teratur khususnya ketika sedang berjerawat. Jauhkan rambut dari wajah Anda agar tidak membuatnya kotor.

6. Jauhkan tangan dari wajah

Hindari menyentuh wajah atau meraba pipi Anda atau juga bagian wajah lainnya sebagai cara mengatasi jerawat bruntusan di pipi. Tidak hanya dapat menyebarkan bakteri, Anda juga dapat mengiritasi kulit wajah yang sudah meradang dengan tangan yang kotor. Jangan memencet atau menekan bruntusan dengan jari Anda karena dapat menyebabkan infeksi atau bekas luka. Anda juga dapat mencoba cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan es batu dan cara menghilangkan bruntusan dengan minyak zaitun.

7. Gunakan tabir surya

Sinar UV dari matahari bisa meningkatkan inflamasi dan kemerahan pada kulit, juga menyebabkan hiperpigmentasi setelah peradangan berupa bercak atau noda hitam di kulit wajah. Beberapa pengobatan jerawat bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Batasi waktu Anda di bawah terik matahari antara pukul 10 pagi dan 4 sore. Gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 atau lebih tinggi setidaknya 20 menit sebelum terkena sinar UV, misalnya  merk sunblock untuk wajah berminyak.

8. Memilih makanan

Cara mengatasi jerawat bruntusan di pipi juga bisa Anda lakukan dengan  mengatur asupan makanan atau minuman dengan menghindari makanan berlemak dan junk food, serta lebih banyak mengonsumsi makanan segar seperti buah dan sayuran. Produk susu dan yang mengandung banyak gula dapat memicu jerawat bruntusan sehingga perlu dihindari.

Stress merupakan pemicu lain dari munculnya jerawat di kulit wajah. Usahakan untuk mengelola stress Anda sebagai cara mengatasi jerawat bruntusan di pipi juga. Kondisi pikiran yang tidak tenang dapat memperberat kondisi jerawat bruntusan yang Anda alami. Carilah sumber stress Anda dan pikirkan cara  untuk mengatasi masalah tersebut dengan baik. Jika Anda merasa ragu, segera hubungi dokter kulit yang kompeten untuk melihat apakah Anda memerlukan perawatan lebih jauh untuk mencegah atau menyembuhkan jerawat bruntusan di pipi.