6 Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Dengan Es Batu Secara Alami

Hampir semua orang akan mengalami masalah pada satu saat di dalam hidupnya dan akan sangat terganggu sehingga melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya. Bruntusan adalah salah satu masalah kulit wajah yang sering dialami oleh sebagian besar orang, yang muncul tanpa terduga dan tanpa penyebab yang pasti. Mengalami masalah pada kulit wajah terus menerus tentunya akan menjadi hal yang melelahkan dan menyita waktu kita untuk mencari tahu pengobatan apa lagi yang bisa berlaku efektif untuk mengatasinya.

Akan tetapi yang jarang disadari sebenarnya, alasan sesungguhnya dari masalah kulit wajah Anda yang terus menerus adalah bisa jadi karena Anda tidak mencari akar permasalahan yang sebenarnya. Kelebihan minyak, sel kulit mati dan racun lain adalah penyebab utama dari timbulnya jerawat termasuk bruntusan di kulit. Penyebabnya bisa berasal dari ketidak seimbangan hormon, pola makan  yang buruk, kebersihan yang kurang, pengobatan tertentu dan faktor lainnya.

Menggunakan Es Batu Untuk Mengatasi Bruntusan

Mungkin Anda sudah mengeluarkan banyak biaya untuk mengatasi masalah kulit wajah berupa bruntusan yang kerap kali mengganggu. Anda sebenarnya dapat membantu pengobatan dengan pola hidup yang baik, rutinitas perawatan kulit yang benar dan juga beberapa bahan alami yang ada di rumah. Es batu adalah salah satu bahan alami  yang berguna untuk menghilangkan bruntusan dan bisa digunakan dengan mencampurkannya bersama bahan lainnya. Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan es batu yaitu:

1. Bungkusan Es Batu

Cuci wajah Anda dengan pembersih ringan dan air hangat lalu keringkan dengan handuk bersih. Jangan menggosok wajah terlalu keras karena dapat menyebarkan bakteri pada pori – pori kulit. Tempatkan es batu pada kantung plastik atau handuk bersih, lalu tempelkan pada kulit yang bruntusan selama 5 menit. Angkat selama lima menit lalu tempelkan kembali selama lima menit juga. Lanjutkan sampai es meleleh, ulangi tiga kali sehari. Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lemon, lavender dan tea tree oil pada kain yang membungkus es batu. Manfaat es batu untuk alis juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat alis mati rasa pada saat dicabut.

2. Pijatan Es Batu

Khasiat terapi es batu untuk wajah antara lain juga dapat menjadi cara mengecilkan pori – pori wajah dengan es batu. Bersihkan wajah Anda dan keringkan seperti biasa, lalu pijat perlahan seluruh kulit wajah dengan es batu dalam gerakan melingkar. Ketika es sudah meleleh, keringkan kulit dengan ditepuk – tepuk. Bubuhkan obat jerawat yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroksida pada bruntusan di wajah. Ulangi cara ini 3 kali sehari.

3. Es Batu Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang melindungi dari radikal bebas yang menyebabkan jerawat, dan membantu mengatasi bruntusan. Rebus teh hijau organik di dalam panci dan tambahkan minyak dari dua kapsul vitamin E. Angkat dari kompor dan sisihkan sampai agak dingin. Biarkan teh mendingin di dalam lemari es. Tuangkan teh ke nampan es dan bekukan. Setelah wajah dibersihkan, gunakan es batu teh hijau pada bruntusan di wajah, gosokkan dengan gerakan melingkar dan fokuskan pada area bruntusan tersebut. Keringkan wajah ketika es sudah mencair, ulangi 2-3 kali sehari. Cara menghilangkan kantung mata dengan es batu juga bisa Anda lakukan setiap harinya.

4. Es Batu Air Mawar

Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan es batu berikutnya adalah dengan membekukan  air mawar. Sebagai astringent alami, air mawar akan mengecilkan pori – pori, menyeimbangkan rona kulit dan mengurangi timbulnya bruntusan. Tuangkan air mawar pada nampan es lalu bekukan. Cuci wajah Anda lalu gunakan es air mawar untuk memijat kulit wajah secara perlahan. Ketika es sudah mencair, tunggu lima menit lalu bilas dengan air dingin. Ulangi 2-3 kali sehari. Anda juga dapat menggunakan air mentimun atau mint, chamomile dan parsley. Ketahui juga bahwa selain manfaat mencuci muka dengan air es setiap hari, ada juga efek samping mencuci muka dengan air es

5. Es Batu Lemon

Lemon akan membasmi bakteri yang menyebabkan jerawat, dan juga menyamarkan bekas jerawat sekaligus juga menjadi cara menghilangkan bruntusan di wajah. Campur air perasan empat lemon dengan dua cup air lalu tuangkan ke nampan es dan bekukan. Cuci wajah Anda dan gosokkan es batu lemon dengan gerakan melingkar perlahan. Ketika es mencair, tunggu selama lima menit lalu bilas dengan air dingin. Gunakan tabir surya jika Anda pergi keluar setelah menggunakan perawatan dengan lemon. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes madu sebelum dibekukan untuk manfaat tambahan.

6. Es Batu Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah minyak esensial yang sangat bagus untuk jerawat karena memiliki anti jamur, antiseptik yang dapat membunuh bakteri dan mengatur  produksi minyak pada kulit. Campur lima tetes tea tree oil dengan seperempat cup air lalu masukkan ke freezer sampai beku. Cuci wajah Anda dan gunakan es untuk memijat wajah secara melingkar. Ketika es sudah mencair, gunakan ujung jari untuk memijat wajah. Biarkan selama lima menit lalu bilas, ulangi setiap hari. Lakukan tes alergi sebelum menggunakan tea tree oil. Es batu juga bagus digunakan sebagai cara menghilangkan kemerahan pada wajah akibat iritasi.

Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan es batu yang dibuat dari berbagai bahan yang biasa digunakan sebagai alat dalam perawatan kecantikan ini merupakan ide baru yang mungkin saja akan bekerja dengan lebih efektif.  Ingatlah untuk menghentikan pemijatan dengan es ketika kulit wajah Anda sudah mulai mati rasa. Jika bruntusan tersebut tidak juga hilang setelah delapan minggu, atau perawatan dengan es batu tidak menunjukkan hasil signifikan, maka Anda perlu berkonsultasi dengan ahli kulit.