22 Cara Mengecilkan Pori – Pori Wajah Dengan Es Batu Secara Singkat

Pori – pori pada kulit adalah lubang amat kecil yang ada di kulit dan berfungsi sebagai jalan untuk minyak alami yang diproduksi kulit dan juga sebagai tempat keluarnya folikel rambut.  Pori – pori yang terbuka akan tersumbat oleh kotoran, minyak dan sel kulit mati. Beberapa produk yang tersedia di pasaran seperti cream mengecilkan pori – pori wajah atau krim untuk mengecilkan pori – pori wajah bisa mengatasi masalah tersebut, namun ada resiko bahwa produk tersebut mungkin saja mengandung bahan kimia yang keras. Pori – pori wajah yang besar bukanlah kondisi medis melainkan sebuah fenomena alami yang biasa dialami oleh orang yang memiliki kulit berminyak, dan disebabkan oleh produksi minyak yang berlebihan.

Tersumbatnya pori – pori hanya akan membuat lebih banyak lagi kotoran, sel kulit mati dan minyak sehingga semakin membuat pori – pori tampak besar. Untuk mengatasi masalah pori – pori yang besar atau untuk mencegahnya menjadi semakin besar, Anda perlu membersihkannya dengan teratur. Daripada menggunakan produk berbahan kimia yang mungkin saja akan menimbulkan efek samping jika digunakan dalam waktu lama, cara mengecilkan pori – pori besar dengan es batu dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memperkecil pori – pori di kulit wajah.

Es Batu untuk Memperkecil Pori – pori

Cara mengecilkan pori – pori wajah dengan es batu merupakan cara termudah dan barangkali tercepat untuk menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari wajah. Tidak hanya menggunakan es batu yang dibuat dari air putih biasa, menambahkan beberapa bahan alami lain bisa saja memberi Anda manfaat yang lebih untuk kulit wajah selain untuk mengecilkan pori – pori wajah. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk bahan cara mengecilkan pori -pori wajah dengan es batu adalah:

1. Es Batu Stroberi

Anda dapat menggunakan masker wajah stroberi untuk berbagai macam manfaat, dari mulai anti penuaan hingga untuk cara memutihkan wajah dan cara mencerahkan wajah kusam. Kandungan anti inflamasi dan anti oksidan yang ada di dalam stroberi membuatnya menjadi sangat baik untuk digunakan sebagai perawatan wajah. Es batu yang dibuat dengan bahan stroberi akan dapat memberi Anda manfaat – manfaat tersebut sekaligus juga menjadi cara mengecilkan pori  pori wajah dengan es batu.

  • Siapkan beberapa butir stroberi, satu sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan madu.
  • Masukkan ke dalam blender sekaligus.
  • Tuangkan campuran ke dalam nampan es batu dan masukkan ke dalam freezer selama beberapa jam.
  • Ketika sudah membeku, gosokkan ke seluruh wajah dan leher seluruhnya.

2. Es Batu Coklat Hitam

Coklat hitam dianggap memberi manfaat untuk kecantikan karena mengandung antioksidan dan nutrisi yang cocok untuk kulit sehingga tampak sehat dan bersinar, juga untuk mengatasi penyebab pori – pori wajah membesar. Cara mengecilkan pori- pori wajah dengan es batu coklat antara lain:

  • Siapkan beberapa kotak coklat hitam dan masak hingga meleleh.
  • Tambahkan air secukupnya ke dalam coklat yang sudah dimasak.
  • Tuangkan ke nampan es batu dan masukkan ke dalam freezer.
  • Anda juga dapat menggunakan bubuk coklat dengan air.
  • Jika Anda memiliki kulit kering, tambahkan susu ke dalam ramuan coklat tersebut.
  • Anda juga dapat mencoba cara membuat masker coklat bubuk untuk perawatan wajah yang lainnya.

3. Es Batu Teh Hijau

Teh hijau memiliki manfaat air teh untuk wajah berupa kandungan antioksidan yang dapat menghilangkan racun – racun dari tubuh dan membersihkan tubuh, juga menjadi cara merawat kulit berminyak .

  • Seduh teh hijau secukupnya dan biarkan agar dingin.
  • Tuangkan teh ke dalam nampan es batu.
  • Masukkan ke dalam lemari es selama dua jam.
  • Gosokkan es batu teh hijau ke kulit wajah Anda.

4. Es Batu Susu

Susu adalah pelembab yang paling baik untuk wajah. Manfaat susu untuk kulit wajah akan menambah corak wajah sehingga bersinar alami. Selain itu susu juga berfungsi sebagai eksfoliator yang akan menghilangkan racun dari kulit, juga dapat menjadi cara menghilangkan kulit belang dan sekaligus mengecilkan pori – pori. Tuangkan susu ke nampan es batu dan masukkan ke dalam lemari es selama beberapa jam. Ketika susu sudah membeku, aplikasikan dengan lembut ke seluruh bagian wajah.

5. Es Batu Tomat

Tomat sangat bermanfaat untuk merawat kulit yang terbakar matahari, memutihkan dan mencerahkan kulit, dan manfaat tomat untuk wajah bekerja dengan baik untuk semua tipe kulit dari berminyak hingga ciri – ciri kulit sensitif.

  • Siapkan beberapa potong tomat dan campurkan dengan satu sendok makan minyak zaitun, satu sendok makan madu.
  • Tuangkan campuran tersebut ke dalam nampan es batu.
  • Masukkan ke dalam freezer untuk membentuk es batu dari tomat.
  • Gosokkan ke seluruh wajah dan leher ketika sudah membeku, biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat.

6. Es Batu Bit

Bit biasanya digunakan sebagai cara memerahkan bibir, namun kegunaan bit lainnya juga dapat digunakan untuk kulit wajah. Parut buah bit secukupnya dan tambahkan dua hingga tiga sendok makan susu.  Campur merata dan bisa ditambahkan air mawar sedikit.  Bekukan campuran bit dan susu di freezer dalam nampan es balok. Jika sudah beku, gunakan untuk menggosok wajah dan leher. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas.

7. Es Batu Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit salah satunya juga dapat mengecilkan pori – pori wajah. Cara membuat es batu dari bahan lidah buaya sangat praktis.  Anda cukup mengupas lidah buaya dan peras gel nya ke dalam nampan es batu. Masukkan ke dalam kulkas dan biarkan membeku di freezer.  Setelah beku, gosokkan pada wajah dan leher.

8. Es Batu Mentimun

Manfaat timun untuk kulit biasanya digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam, mata bengkak dan keriput di sekeliling mata. Cara mengecilkan pori – pori wajah dengan es batu mentimun yaitu:

  • Hancurkan mentimun secukupnya menjadi pasta di dalam blender.
  • Tambahkan satu sendok makan madu dan satu sendok makan jus tomat.
  • Tuangkan campuran ke dalam nampan es batu dan biarkan membeku di freezer.
  • Gosokkan ke seluruh wajah dan bilas.

9. Es Batu Lemon

Lemon sangat cocok untuk orang yang memiliki wajah berminyak. Kandungan astringent dan antioksidan di dalamnya akan mengatasi pori – pori besar, jerawat dan juga komedo. Peras lemon ke dalam nampan es batu dan tambahkan sedikit air. Bekukan di dalam freezer selama beberapa jam. Keluarkan dan aplikasikan pada wajah.

10. Es Batu Kunyit

Kunyit mengandung senyawa yang disebut curcumin dan sangat bagus untuk anti radang serta anti bakteri. Siapkan wadah bersih dan tambahkan setengah sendok teh yogurt, setengah sendok teh kunyit dan beberapa tetes air mawar. Campur semua bahan sampai rata dan tuangkan ke nampan es. Masukkan ke freezer selama 2 jam lalu keluarkan dan aplikasikan pada wajah.

11. Es Batu Multani Mitti

Multani mitti merupakan bahan yang paling penting untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bersinar, juga cara merawat kulit wajah agar putih. Walaupun membuatnya menjadi es batu mungkin merupakan ide yang agak tidak biasa, namun bisa dilakukan. Campur setengah sendok makan multani mitti dengan satu sendok makan air mawar. Tuangkan ke dalam nampan es dan bekukan sebelum digunakan pada wajah.

12. Es Batu Ketumbar

Manfaat ketumbar untuk kecantikan berasal dari daunnya. Daun ketumbar cukup efektif dalam mengatasi masalah penuaan, komedo, kulit kendur dan pori – pori besar karena memiliki manfaat anti bakteri, mineral dan nutrisi. Giling segenggam daun cilantro segar dan tambahkan air secukupnya. Campur hingga menjadinpasta lembut dan masukkan ke dalam nampan es. Biarkan membeku selama 2 jam lalu gunakan pada wajah.

13. Es Batu Air Mawar

Air mawar menambahkan kilau instan dan kesegaran untuk kulit karena memiliki manfaat toner kulit yang bagus. Cara membuat wajah glowing dengan air mawar dan mengecilkan pori – pori kulit yaitu dengan menuangkan langsung air mawar ke dalam nampan es batu. Masukkan ke freezer selama beberapa jam. Ambil es batu yang terbuat dari air mawar dan gunakan untuk menggosok wajah serta leher. Bilas jika sudah selesai.

14. Es Batu Wortel

Manfaat wortel untuk kulit akan menjadi cara merawat kulit wajah agar putih dan juga sekaligus mengecilkan pori – pori ketika dibuat menjadi es batu dengan campuran wortel.

  • Siapkan dua cangkir jus wortel tanpa gula, dan satu cangkir teh hijau.
  • Seduh teh hijau dan campurkan dengan jus wortel.
  • Tuangkan ke nampan es batu lalu bekukan.
  • Gunakan es batu pada wajah dan leher,diamkan sekama beberapa menit lalu bersihkan.

15. Es Batu Lavender

Jika Anda memiliki minyak esensial lavender, cara mengecilkan pori – pori wajah dengan es batu bisa dikombinasikan dengan minyak lavender tersebut. Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak lavender pada setiap kotak pada nampan es batu yang telah diisi air. Masukkan ke dalam freezer dan biarkan membeku, kemudian gunakan pada wajah. Ingatlah bahwa kebanyakan minyak esensial tidak bisa diaplikasikan untuk kulit tanpa diencerkan lebih dulu. Walaupun minyak lavender merupakan suatu pengecualian, namun kandungannya masih sangat kental sehingga 1-2 tetes saja cukup untuk ditambahkan kepada es batu.

16. Es Batu Chamomile

Chamomile adalah herbal yang paling baik untuk menenangkan kulit. Tidak masalah apakah Anda mempunyai kulit sensitif, sesekali jerawat juga, chamomile dapat mengurangi inflamasi atau peradangan dengan luar biasa. Tambahkan 1-2 tetes minyak esensial chamomile pada tiap kotak es batu yang sudah diisi air bersih sebelum dibekukan. Anda juga dapat membuat seduhan teh chamomile dan menuangkannya ke dalam cetakan es batu untuk dibekukan.

17. Es Batu Witch Hazel

Ramuan ini sangat baik untuk kulit dengan pori – pori yang besar. Menambahkan witch hazel pada es batu akan mendorong penyusutan pori – pori. Anda dapat menggunakan witch hazel murni untuk dijadikan es batu atau mencampurnya dengan 50% air putih bila ingin mengurangi efeknya yang kuat.

18. Es Batu Jeruk

Jeruk dapat menjadi cara mengecilkan pori – pori wajah dengan es batu berikutnya. Anda cukup memeras jeruk secukupnya, lalu tuangkan air perasan jeruk ke dalam cetakan es batu. Bekukan di dalam freezer selama beberapa waktu sampai siap untuk digunakan pada wajah dan leher.

19. Es Batu Air Putih

Ini adalah cara yang paling sederhana untuk mendapatkan khasiat terapi es batu untuk wajah yang dapat menjadi tips mengecilkan pori – pori wajah dengan efektif. Anda cukup menuangkan air putih biasa ke dalam cetakan es batu dan membekukannya di dalam freezer. Keluarkan ketika akan digunakan untuk wajah dan leher Anda.

20. Es Batu Santan

Tuangkan satu cangkir susu sapi dan satu cangkir santan dalam sebuah mangkok. Campur sampai merata dan tuangkan ke dalam cetakan es batu. Bekukan semalaman di dalam freezer dan siap digunakan keesokan harinya. Manfaat santan untuk rambut salah satunya adalah untuk cara menghilangkan uban dengan air santan.

21. Es Batu Air Beras

Manfaat air beras untuk kecantikan dan khasiat air beras untuk wajah dapat digunakan untuk mengecilkan pori – pori jika dibuat menjadi es batu. Tuangkan satu cangkir air beras dan tambahkan satu cangkir susu sapi. Aduk sampai benar – benar merata dan tidak ada bagian yang menggumpal. Tuang ke dalam cetakan es batu, bekukan semalaman dalam freezer.

22. Es Batu Air Kelapa

Manfaat buah kelapa untuk kecantikan bisa digunakan untuk mengecilkan pori – pori pada wajah. Campur susu dan air kelapa dengan jumlah yang sama dalam sebuah mangkuk. Aduk sampai tercampur merata dan tuangkan ke dalam cetakan es batu. Bekukan semalaman.

Anda dapat melakukan cara mengecilkan pori – pori wajah dengan es batu sebelum tidur malam. Bersihkan dulu wajah seperti biasa, lalu usapkan es batu langsung pada kulit wajah dan leher sampai meleleh. Biarkan mengering di kulit wajah tanpa dibilas semalaman. Anda juga dapat menggosokkannya ke wajah setelah melakukan uap wajah dan membilasnya dengan air setelah mengering. Pastikan tangan dan peralatan yang Anda gunakan benar – benar bersih agar tidak justru merugikan wajah dengan infeksi bakteri karena tangan dan peralatan yang kotor.