12 Manfaat Wortel Untuk Kulit Wajah Dan Tubuh

Sayuran yang berwarna cerah satu ini paling dikenal sangat baik untuk kesehatan mata. Tidak hanya itu, manfaat wortel ternyata masih banyak yaitu untuk sayuran anti kanker, kesehatan jantung, gigi dan mencegah stroke. Satu porsi wortel atau satu buah wortel ukuran sedang memiliki kandungan 25 gram kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan 1 gram protein. Selain itu wortel juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, vitamin E, magnesium dan seng. Dari kandungannya yang sangat banyak ini, wortel juga mempunyai manfaat yang baik sekali untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh kita. Karena itu ekstrak wortel seringkali digunakan dalam berbagai macam produk yang digunakan untuk merawat kecantikan wanita.

Produk kecantikan yang digunakan sekarang ini tentunya sudah mengalami percampuran dengan bahan kimia, sehingga khasiatnya menjadi tidak terlalu alami lagi. Lagipula ada resiko bila menggunakan bahan kimia dalam jangka waktu lama, apalagi jika tidak mengetahui apa saja bahan kosmetik yang berbahaya misalnya seperti bahaya kandungan paraben pada kosmetik.

Untuk mengurangi resiko tersebut, ada baiknya Anda mencoba beralih ke perawatan yang terbuat dari alam. Misalnya merawat kulit dengan menggunakan wortel yang sangat mudah didapat dan memiliki banyak sekali manfaat bagi kecantikan kulit seperti berikut:

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Konsumsi buah dan sayur yang memadai adalah salah satu dari banyak cara merawat kulit agar tidak kusam, selain dari pemakaian pelembab untuk kulit kering dan kusam. Selain itu juga dengan memakai masker wajah dari wortel dan madu untuk merawat wajah. Madu tidak hanya berkhasiat untuk perawatan kulit wajah, tetapi juga untuk perawatan bibir. Cara memerahkan bibir dan cara alami memerahkan bibir juga bisa melalui pemakaian madu.

2. Relaksasi Kulit

Kulit yang lelah karena sering terkena polusi, debu atau stres akibat pekerjaan serta masalah sehari – hari dapat dirawat menggunakan manfaat wortel untuk kulit. Caranya dengan menghancurkan wortel yang telah dikupas hingga menjadi berbentuk pasta yang kental menggunakan blender. Kemudian campur pasta wortel itu dengan sedikit air mawar, lalu masukkan ke botol semprot. Gunakan ketika wajah terasa lelah. Manfaat air hangat untuk wajah dan manfaat bengkoang untuk kulit juga bisa memberikan efek relaksasi bagi kulit wajah.

3. Melembabkan Wajah

Kulit wajah yang kering dapat membuat kulit mengalami iritasi dan mengelupas. Kandungan kalium dalam wortel dapat mencerahkan kulit, caranya dengan meminum jus wortel setiap hari. Selain manfaat wortel untuk melembabkan kulit, manfaat lidah buaya untuk kulit wajah juga mempunyai efek yang sama terhadap kulit.

Sponsors Link

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Wortel mempunyai sifat anti inflamasi atau anti peradangan,  dan kandungan vitamin E nya dapat sangat membantu penyembuhan luka yang cepat. Karena itu wortel menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami. Luka bisa menjadi salah satu penyebab keloid dan cara mengatasi keloid secara alami dan secara cepat bisa menggunakan manfaat dari wortel untuk memperbaiki kondisi kulit tubuh agar mengurangi resiko munculnya keloid pada bekas luka.

5. Menghilangkan Noda di Kulit

Noda bekas jerawat di kulit atau flek hitam terkadang sulit dihilangkan dan sukar ditutupi dengan make up tipis. Diperlukan make up yang agak tebal untuk mengoreksi noda – noda tersebut, hasilnya penampilan tampak tidak alami. Supaya wajah tampak lebih mulus, wortel juga dapat menghilangkan noda – noda di kulit seperti flek hitam dan warna kulit yang tidak merata. Wortel juga bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam akibat KB suntik dengan memakainya sebagai salah satu masker untuk kulit kering dan flek hitam.

6. Mengatasi Wajah Berminyak

Minyak yang berlebihan bisa membuat wajah jadi mengkilap dan sulit mempertahankan make up untuk waktu lama, karena minyak sangat mudah melunturkan rias wajah. Penyebabnya bermacam – macam, misalnya sering tidur larut, terlalu banyak mengonsumsi gorengan, dan lain – lain. Wortel adalah salah satu cara mengatasi muka berminyak. Kandungan minyak berlebih di wajah dapat diatasi dengan masker wortel yang dicampur dengan madu dan minyak zaitun. Sebelum menghaluskannya, wortel harus dikukus terlebih dulu, agar teksturnya menjadi halus. Tekstur masker yang masih kasar akan membuat wajah semakin berminyak.

7. Mencegah Masalah Kulit

Kandungan antioksidan pada wortel dapat mencegah timbulnya penyakit kulit selain jerawat seperti eksim, dermatitis, ruam kulit. Manfaat wortel untuk mengatasi masalah gatal pada kulit juga mempunyai kesamaan dengan manfaat bubuk kayu manis untuk wajah. Manfaat daun kemuning untuk wajah juga dapat mengatasi masalah eksim.

8. Memutihkan Kulit tubuh, Tangan dan Kaki

Sebagai salah satu tips agar kulit menjadi putih secara alami, ada dua cara untuk menggunakan wortel sebagai pemutih kulit :

  • Pertama yaitu mencampurnya dengan body lotion. Setiap satu sendok makan body lotion dicampur dengan satu buah wortel ukuran sedang yang sudah diparut lalu dioleskan ke tangan atau kaki selama 30 menit, kemudian bilas.
  • Kedua yaitu menggunakan wortel sebagai lulur. Ambil beberapa buah wortel lalu haluskan dengan diparut atau menggunakan blender. Kemudian dicampur dengan dua sendok susu bubuk, setelah campuran halus dipakai ke seluruh tubuh. Biarkan kira – kira setengah jam. Paling baik dilakukan kedua perawatan ini sebelum mandi agar mudah membersihkannya.
Sponsors Link

9. Menghilangkan Jerawat

Kandungan vitamin A dalam wortel memperbaiki pencernaan tubuh, dengan demikian juga memperlancar aliran darah dalam tubuh sehingga mengurangi resiko timbulnya jerawat serta mengurangi peradangan pada jerawat. Untuk menghilangkan masalah jerawat bisa dengan beberapa cara lain misalnya menggunakan manfaat daun mint untuk wajah.

10. Mengencangkan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam manfaat wortel untuk kulit membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga memelihara kekencangan dan kekenyalan kulit. Dengan cara sederhana seperti meminum jus wortel dan memakai masker wajah yang terbuat dari wortel secara teratur sudah dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh dan tidak perlu mencoba solusi yang lebih canggih serta memerlukan biaya lebih, seperti misalnya suntik kolagen yang tidak lepas dari adanya resiko bahaya suntik kolagen yang dapat terjadi pada tubuh Anda.

11. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan beta karoten dalam tubuh yang berfungsi sebagai sumber antioksidan membantu memperlambat penuaan sel sehingga kulit menjadi tidak mudah mengalami keriput. Paparan sinar matahari yang terlalu sering merupakan salah satu penyebab keriput di usia muda. Dengan rajin mengonsumsi jus wortel atau menggunakannya sebagai masker wajah, wortel menjadi salah satu cara mengatasi keriput pada wajah secara alami dan salah satu cara mencegah penuaan dini pada wajah.

12. Sebagai Antioksidan

Warna oranye dari wortel ini berasal dari kandungan beta karoten yang merupakan salah satu dari sumber anti oksidan dalam tubuh. Beta karoten yang diserap usus akan diubah menjadi vitamin A melalui proses pencernaan. Antioksidan juga merupakan salah satu dari manfaat daun kelor bagi kecantikan.

Perawatan kulit menggunakan wortel ini juga harus didukung dengan pola hidup dan pola makan yang sehat, serta rajin berolahraga. Perawatan ini tidak akan bekerja maksimal pada tubuh Anda apabila anda masih kekurangan asupan gizi, nutrisi dan terutama air putih, sering tidur malam, merokok dan sederet kebiasaan yang buruk bagi kesehatan lainnya. Jadi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, gaya hidup Anda pun harus mendukung agar perawatannya berhasil memberikan Anda kulit yang indah.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Wednesday 22nd, June 2016 / 07:28 Oleh :
Kategori : Sayuran Sehat