Sponsors Link

5 Manfaat Daun Kemuning Untuk Kecantikan Wajah

Sponsors Link

Kemuning merupakan tanaman yang tidak asing lagi bagi sebagian besar orang Indonesia. Tanaman ini biasanya dijadikan tanaman hias yang tumbuh di pekarangan rumah. Tanaman ini biasanya berupa rumpun atau perdu dengan ukuran daun yang kecil. Tanaman ini memiliki bunga kecil yang berwarna putih sedikit kekuningan.

ads

Tanaman yang memiliki nama latin Murraya Paniculata ini sering kali juga dimanfaatkan sebagai tanaman obat oleh sebagian masyarakat. Kemuning seringkali dipakai sebagai bahan ramuan tradisional untuk mengatasi peradangan pada testis, keputihan, menstruasi yang tidak teratur atau tidak lancar, kelebihan berat badan, meredakan sakit gigi, nyeri reumatik, dan lain-lain. Bagian yang dimanfaatkan pada tanaman kemuning yaitu bagian daun, akar, dan kulit batangnya.

Daun kemuning mengandung banyak bahan yang bermanfaat. Kandungan dalam daun kemuning yaitu cadinene, methyl-anthranilate, bisabolene, P-earyophyllene, geraniol, carene-3, citronellol, geraniol, metil salisilat, s-guaiazulene, osthole, paniculatin, tannins, dan coumurrayin.

(Tanaman lain yang mengandung tannins : Manfaat daun pandan untuk perawatan wajah dan manfaat teh hijau untuk rambut).

Kemuning sebenarnya bukan hanya dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang berguna untuk kesehatan saja, namun dapat juga berguna bagi kecantikan. Banyak cara menjaga penampilan diri wanita agar menarik dan cantik. Tanaman kemuning, terutama daunnya, sering dimanfaatkan untuk merawat kecantikan wajah, misalnya untuk melembutkan kulit wajah.

Berikut beberapa manfaat daun kemuning bagi kecantikan wajah :

1. Melembutkan wajah

Wajah yang kasar, kering, dan kusam seringkali diatasi dengan mengoleskan pelembab untuk kulit kering dan kusam. Kemuning memiliki manfaat untuk melembutkan wajah yang kasar dan kusam. Ini merupakan manfaat daun kemuning untuk wajah. Tanaman lain yang berguna untuk melembutkan kulit yaitu manfaat pisang untuk kulit wajah dan tubuh, manfaat oatmeal untuk wajah sensitif dan manfaat masker kuning telur-putih telur pada wajah dan rambut.

  • Cara pembuatan : Cuci daun kemuning sampai benar-benar bersih. Tumbuk daun kemuning yang telah dicuci tersebut sampai halus. Campurkan dengan sedikit air sampai merata.
  • Cara pemakaian : gunakan campuran daun kemuning dan air tersebut sebagai lulur pada malam hari sebelum tidur.

(Baca juga : cara menghaluskan telapak tangan dan manfaat masker beras kencur untuk kulit).

2. Mengatasi eksim atau gatal – gatal

Banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan gatal-gatal, misalnya manfaat menthol untuk kecantikan wajah dan manfaat daun jambu biji untuk kecantikan wajah. Kemuning juga efektif untuk mengatasi gatal-gatal yang timbul pada wajah, baik disebabkan oleh gigitan serangga, alergi, maupun eksim. Untuk alergi yang meradang, anda dapat menggunakan manfaat garam untuk kulit.

Sponsors Link

(Baca juga : Penyebab alergi kulit).

  • Cara pembuatan : cuci bersih daun kemuning. Rebus daun kemuning dengan air sampai mendidih. Dinginkan. Untuk menambah efektivitasnya, dapat ditambahkan daun sirih dalam rebusan tersebut. Cara pembuatannya yaitu anda cukup mencampur daun kemuning dengan daun sirih. Masukan kedua campuran daun tersebut ke dalam air. Masak sampai ramuan tersebut mendidih. Tunggu sampai dingin.
  • Cara pemakaian : Pasien yang gatal – gatal atau menderita eksim dapat meminum air rebusan daun kemuning tersebut secara teratur dua kali sehari masing – masing satu gelas.

3. Menyembuhkan bisul pada wajah

Untuk menyembuhkan bisul, bagian yang digunakan bukanlah daun, namun akar kemuning. Selain digunakan untuk mengobati bisul, akar kemuning ini juga efektif untuk mengatasi memar – memar pada kulit akibat pukulan atau benturan.

  • Cara pembuatan : Cuci bersih akar kemuning sampai benar – benar bersih. Potong akar kemuning kecil – kecil. Rebus akar kemuning yang telah dipotong-potong tersebut dengan air. Biarkan campuran tersebut mendidih sampai dengan tersisa sepertiga bagiannya. Setelah dingin, saring air rebusannya.
  • Cara pemakaian : Minum air rebusan akar kemuning tersebut secara teratur.

4. Mengatasi memar di wajah akibat pukulan atau terbentur

Untuk mengatasi memar, anda dapat memanfaatkan baik daun maupun akar kemuning. Anda hanya perlu merebus akar atau daun kemuning.

Cara pembuatan :

  • Menggunakan daun kemuning : cuci bersih daun kemuning. Rebus daun kemuning yang telah dicuci bersih dengan air sampai mendidih. Tunggu sampai dingin, kemudian saring.
  • Menggunakan akar kemuning : cuci bersih akar tanaman kemuning. Potong kecil – kecil akar tanaman kemuning. Masukan akar kemuning yang telah dipotong ke dalam air. Rebus sampai mendidih. Biarkan dingin, kemudian saring.

Cara pemakaian : Gunakan air rebusan daun atau akar kemuning tersebut untuk mengompres bagian wajah yang memar. Dengan cara ini, niscaya bengkak dan memar di wajah akan berkurang.

Sponsors Link

5. Manfaat lainnya untuk kulit

Kemuning memiliki manfaat lainnya seperti misalnya merawat luka terbuka. Untuk luka yang terbuka, bagian yang digunakan yaitu daun kemuning. Cara penggunaannya yaitu dengan mengompres luka dengan air rebusan daun kemuning.

(Baca juga : Cara mengatasi kulit mengelupas di tangan, dan Manfaat daun jambu biji untuk wajah).

Manfaat Lain Tanaman Kemuning

Kemuning juga dapat dimanfaatkan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi gigitan dan keracunan bisa ular. Untuk kondisi ini, bagian yang digunakan yaitu akar dari tanaman kemuning. Tanaman kemuning ini merupakan tanaman yang mudah ditemukan, sehingga tanaman ini sering digunakan sebagai pertolongan pertama untuk berbagai kondisi, misalnya meredakan memar karena benturan atau pukulan. Bahkan, tanaman ini juga efektif untuk pertolongan pertama gigitan ular. Akan sangat membantu apabila anda memiliki tanaman kemuning di halaman rumah, sehingga daun kemuning akan dengan cepat dapat diperoleh.

Untuk manfaat perawatan kecantikan wajah, memang kemuning hanya berguna untuk melembutkan kulit. Namun kemuning sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi pada wajah, misalnya gatal – gatal, bisul, sampai memar. Untuk perawatan kulit wajah, kemuning memang juga lebih banyak berperan sebagai pertolongan jika terjadi permasalahan pada wajah.

Apakah anda berniat untuk menanam kemuning di rumah? Sebagai apotek hidup agar anda tidak perlu bingung jika terjadi keluhan pada kulit wajah anda.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 17th, June 2016 / 04:08 Oleh :
Kategori : Wajah