7 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan Wajah

Orang biasanya mengenal jambu biji dari buahnya. Buah jambu biji banyak dimanfaatkan sebagai jus yang menyegarkan. Sebenarnya, jambu biji bukan hanya buahnya saja yang berguna, namun juga daunnya. Daun jambu biji mengandung banyak anti oksidan, anti bakterial, dan anti inflamatori yang berguna bagi kesehatan dan kecantikan. Guava banyak mengandung serat, asam folat, Vitamin A, Vitamin C, potasium, tembaga, dan mangan. Belum lagi, kandungan polifenol, karotenoid, flavonoid serta tanin yang berguna untuk mengatasi banyak gangguan dalam tubuh.

Daun jambu biji telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk beberapa penyakit di negara tropis. Beberapa manfaat daun jambu biji untuk kesehatan diantaranya yaitu menurunkan berat badan, mengatasi diabetes, menurunkan kolesterol, obat diare, gangguan pencernaan, bronkitis, sakit gigi, demam, kanker prostat, alergi, meningkatkan produksi sperma, serta merawat luka dan infeksi.

Manfaat daun jambu biji untuk kecantikan yaitu untuk mengatasi jerawat, komedo, anti aging, gatal, dan mencegah infeksi. Manfaat tersebut hampir sama dengan manfaat air beras untuk wajah. Manfaat daun jambu biji  adalah sebagai berikut :

1. Mengatasi jerawat

Daun jambu biji memiliki kandungan anti bakterial yang mampu membasmi bakteri penyebab jerawat. Khasiat mengatasi jerawat ini juga disebabkan karena Vitamin C dalam daun jambu biji. Daun jambu biji dapat berfungsi untuk mengeringkan jerawat.

(Baca juga : Manfaat Seledri untuk Wajah dan Manfaat Lemon untuk Wajah).

Cara penggunaan : Tumbuk daun jambu biji. Oleskan pada jerawat dan bekas jerawat. Biarkan beberapa lama kemudian bilas. Lakukan beberapa kali sampai kali jerawat hilang.

2. Menghilangkan komedo

Komedo biasanya banyak dialami oleh pemilik kulit berminyak. Keberadaan whiteheads dan blackheads pada daerah hidung dan dagu ini tentu saja sangat mengganggu penampilan. Banyak orang berusaha menghilangkan komedo dengan rutin melakukan facial dalam selang waktu tertentu. Padahal, facial memiliki banyak bahaya jika dilakukan di salon sembarangan. (Baca juga : bahaya facial di salon sembarangan).

Cara penggunaan : Blender daun jambu biji dengan sedikit air. Gunakan campuran tersebut sebagai bahan scrub daerah hidung dan dagu untuk menghilangkan komedo. Selanjutnya bilas dengan air dingin untuk menutup pori – pori yang terbuka.

Sponsors Link

(Baca juga : Menghilangkan Komedo secara Alami dan Cara Mengatasi Muka Berminyak).

3. Meremajakan kulit.

Daun jambu biji memiliki khasiat anti oksidan yang bermanfaat melawan efek radikal bebas yang berbahaya bagi kulit dan mencegah penuaan dini dengan memperbaiki tekstur dan warna kulit. Selain itu, daun jambu biji juga mampu mengencangkan kulit. Beberapa orang bahkan berpendapat bahwa daun jambu biji lebih mampu melembabkan dan menutrisi kulit dibandingkan banyak krim wajah yang tersedia di pasaran. Kandungan mineral dan nutrisi yang tinggi dalam daun jambu biji juga dipercaya dapat membuat kulit terlihat sehat, segar, dan bebas kerutan.

(Baca juga : Manfaat Rambutan untuk Kulit dan Penyebab Keriput di Usia Muda).

Cara penggunaan :

  • Cuci muka dengan air rebusan daun biji yang tua. Cara ini dapat membuat wajah anda terasa lebih kencang. Selanjutnya, bilas dengan air dingin untuk membersihkan sisa – sisa air rebusan jambu biji pada muka.
  • Cara lain untuk mendapatkan manfaat meremajakan kulit dengan daun jambu biji yaitu dengan memblender daun jambu biji dengan sedikit air. Gunakan campuran sebagai masker. Bilas dengan air dingin. Apabila digunakan secara teratur, masker ini dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan pada wajah.

(Baca juga : Manfaat Masker Pepaya untuk Wajah dan Manfaat Masker Beras Kencur untuk Wajah).

4. Mengatasi noda kemerahan atau hitam pada wajah.

Noda kemerahan, blemish, atau noda hitam pada wajah dapat diatasi dengan menggunakan daun jambu biji. Daun jambu biji memiliki toning agents yang membantu mencerahkan noda di wajah.

(Baca juga : Manfaat Timun untuk Wajah dan Cara Menghilangkan Flek Hitam Akibat Suntik KB).

Cara penggunaan : Masukan hasil tumbukan daun jambu biji ke dalam air mendidih. Didihkan beberapa saat sampai air berubah warna menjadi merah kecoklatan dan terlihat kental. Angkat dan biarkan beberapa saat sampai dingin. Gunakan kapas untuk mengaplikasikan cairan daun jambu biji pada bagian wajah yang bernoda. Oleskan merata. Biarkan selama sekitar 15 menit. Bilas dengan air dingin. Lakukan secara teratur dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

5. Mengatasi gatal pada kulit

Daun jambu biji dapat menjadi salah satu cara yang cepat untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit. Daun jambu biji mengandung komponen anti alergi yang membantu mengatasi gatal-gatal pada kulit.

Sponsors Link

(Baca juga : Manfaat Menthol untuk Wajah dan Penyebab Alergi Kulit Wajah).

Cara penggunaan : Masukan beberapa lembar daun jambu biji yang kering ke dalam wadah yang berisi air panas. Biarkan beberapa saat. Tempelkan daun jambu biji tersebut ke bagian kulit atau wajah yang gatal. Cara ini akan mengurangi gatal dan kemerahan dalam beberapa menit.

6. Mengatasi kulit yang digigit serangga

Kulit yang digigit serangga dapat mengganggu penampilan anda. Daun jambu biji dapat dimanfaatkan secara cepat untuk mengatasi gigitan serangga ini.

Cara penggunaan : Tumbuk daun jambu biji sampai halus. Oleskan hasil tumbukan tersebut pada kulit yang digigit serangga.

7. Mengatasi lecet, luka tergores, atau terpotong yang tidak parah.

Cara penggunaan : Tempelkan daun jambu biji yang telah didinginkan pada luka yang lecet, tergores, atau terpotong. Daun jambu biji sangat efektif untuk menghindari infeksi akibat lecet atau tergores tersebut. Daun jambu biji dapat menjadi pertolongan pertama untuk mencegah infeksi.

(Baca juga : Manfaat Kentang untuk kulit Wajah).

Jadi, selain mudah didapat, daun jambu biji juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan. Daun jambu biji selain bermanfaat untuk kecantikan juga dapat menjadi pertolongan pertama bagi anda agar penampilan terjaga tanpa ruam kemerahan, gatal, atau infeksi. Ada banyak cara menjaga penampilan diri wanita agar tampak menarik. Apakah anda tertarik untuk mencoba resep di atas? Silahkan coba dan rasakan manfaatnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 14th, June 2016 / 01:40 Oleh :
Kategori : Wajah