11 Tips Mengecilkan Pori Pori Wajah Sederhana dan Efektif

Fungsi utama dari pori pori kulit adalah untuk mengeluarkan minyak dan keringat pada permukaan kulit. Dalam kulit yang sehat, pori pori tidak akan terlihat terlalu jelas, sedangkan pori pori yang tersumbat akan terlihat tampak membesar. Pori pori yang terlihat membesar khususnya di area wajah akan sangat mengganggu penampilan sehingga segala cara dilakukan untuk mendapatkan tampilan pori pori yang terlihat lebih kecil. Dalam ulasan kali ini, kami akan memberikan beberapa tips mengecilkan pori pori wajah yang bisa anda lakukan di rumah tanpa perlu merusak struktur kulit.

  1. Pakai Masker Tanah Liat

Masker tanah liat sangat baik digunakan sebagai cara menutup pori pori wajah,  mengangkat minyak dan air dari kulit sehingga akan membuat pori pori terlihat lebih kecil. Untuk jenis masker tanah liat, pilih masker yang mengandung tanah liat kaolin dan juga bentonit. Namun hindari menggunakan masker tanah liat terlalu sering karena bisa membuat wajah menjadi kering. Gunakan masker tanah liat ini maksimal 2 kali seminggu.

Sebelum langsung menggunakan masker ini pada wajah, sebaiknya lakukan tes terlebih dulu apakah masker tanah liat tersebut cocok dengan kulit anda. Sebagian masker tanah liat akan lebih cocok untuk kulit sensitif, sedangkan sebagian lagi lebih cocok pada kulit berminyak.

  1. Gunakan Masker Bahan Lain

Anda juga bisa membuat masker sendiri untuk cara mengecilkan pori pori besar seperti mencampur 2 butir telur utuh dengan 4 sendok makan gula pasir dan beberapa tetes jeruk nipis, lemon atau cuka. Aplikasikan masker ini pada wajah dan biarkan selama 15 menit lalu bilas bersih dengan air es yang berguna untuk mengangkat kotoran dan minyak dari pori pori kemudian menutupnya kembali.

  1. Pakai Astringent

Astringent hampir serupa dengan toner namun lebih kuat dan berbahan dasar alkohol. Bahan ini bisa membuat jaringan tisu pada wajah mengencang dan mengecil sehingga bisa mengurangi tampilan pori yang terlihat besar. Astringent berbahan dasar alkohol sangat direkomendasikan untuk kulit berminyak. Jika tidak ingin menggunakan astringent yang terlalu keras, anda bisa memakai astringent alami seperti beberapa bahan alami berikut ini.

  • Teh hijau
  • Air bunga mawar
  • Wirch hazel
  • Orange blossom water
  • Cuka apel
  • Mentimun
  1. Lakukan Pengelupasan Kulit

Pengelupasan kulit atau eksfoliasi sangat baik dilakukan untuk membersihkan pori yang tersumbat. Eksfoliasi adalah cara menghilangkan kulit mati di wajah lebih tepatnya pada permukaan epidermis yang dinamakan stratum corneum. Anda bisa melakukan pengelupasan kulit ini dengan cara menggosok pembersih ke wajah dengan tepukan ringan dan hindari menggosoknya terlalu keras atau memakai lulur yang mengandung butiran keras di dalamnya. Lakukan pengelupasan kulit ini setidaknya 2 kali dalam seminggu.

  1. Minum Banyak Air Putih

Air putih adalah sumber kehidupan untuk setiap organ manusia supaya bisa terjaga kesehatannya. Banyak dokter yang merekomendasikan setidaknya minum 2 liter air putih per hari.

  1. Memilih Produk Perawatan Dengan Selektif

Saat anda memilih produk perawatan kulit, sebisa mungkin usahakan untuk memilih produk yang berlabel noncomedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori dan menjadi penyebab kulit hitam. Beberapa produk yang mengandung rosemary atau lavender sangat baik dipilih untuk mengurangi ukuran pori pori yang membesar. Sedangkan untuk produk yang mengandung zinc dan magnesium sangat baik untuk membersihkan pori sekaligus menjaga keseimbangan minyak pada kulit.

  1. Bersihkan Wajah Dengan Teratur

Mengecilkan pori pori wajah juga bisa dilakukan dengan membersihkan wajah secara teratur setidaknya 2 kali sehari, pagi dan malam. Sedangkan untuk anda yang sering beraktivitas diluar ruangan pada siang hari, maka juga bisa membersihkan wajah pada siang hari. Dengan teratur membersihkan wajah, maka tidak akan ada kotoran yang menyumbat pori sekaligus merupakan cara mengatasi wajah kasar. Sedangkan pada malam hari sebelum tidur, bersihkan juga sisa make up dengan pembersih wajah yang mengandung pH tinggi untuk menyingkirkan minyak, komedo dan juga sisa make up secara menyeluruh.

  1. Rajin Olahraga

Olahraga secara teratur tidak hanya baik dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh namun juga menjadi solusi untuk mengecilkan pori pori pada wajah. Dengan berolahraga, kulit akan mengencang dan lebih sehat. Anda hanya cukup berlari kecil dan juga menggerakan badan yang dilakukan setidaknya 1 jam setiap hari untuk mendapatkan tampilan kulit wajah lebih kencang.

  1. Gunakan Sabun Bayi dan Vitamin E

Sabun bayi dan minyak vitamin E yang dicampur menjadi satu juga sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati, cara mengatasi muka berminyak sekaligus mengecilkan pori pori. Kedua bahan ini bisa dicampur menjadi satu kemudian digunakan sebagai pembersih wajah dan diamkan beberapa saat agar nutrisi dari vitamin E bisa meresap ke permukaan kulit.

  1. Baking Soda

Baking soda memiliki sifat anti bakteri dan anti peradangan yang sangat baik tidak hanya untuk mengurangi komplikasi seperti jerawat, cara merawat kulit berminyak, mengangkat sel kulit mati sekaligus mengecilkan pori pori kulit.

  • Campur 2 sendok makan baking soda dengan 2 sendok makan air hingga rata dan menjadi pasta.
  • Aplikasikan pada wajah lalu pijat secara lembut memakai gerakan melingkar selama 30 detik.
  • Bilas bersih dengan air dan lakukan 2 kali seminggu.
  1. Pepaya

Pepaya juga sangat baik digunakan untuk cara mengecilkan pori pori wajah bekas jerawat sekaligus mengencangkan dan mengangkat segala kotoran pada wajah sekaligus menutupnya kembali.

  • Haluskan beberapa potong pepaya matang dan aplikasikan pada wajah sebagai masker.
  • Diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih.
  • Ulangi cara ini setiap hari untuk hasil maksimal.

Beberapa tips mengecilkan pori pori wajah yang sudah kami sampaikan diatas adalah cara terbaik untuk mengatasi pori pori besar tanpa perlu merusak kulit wajah. Selain itu, pastikan juga anda mengkonsumsi makanan sehat dan hindari camilan seperti permen, keripik dan kue dengan kandungan lemak tinggi sebab bisa membuat pori pori semakin tersumbat.