Sponsors Link

10 Cara Mengecilkan Pori Pori Besar Secara Alami

Sponsored Links

Pori – pori yang besar adalah mimpi buruk bagi wanita yang sangat memperhatikan kecantikan wajahnya. Kebanyakan wanita pasti menginginkan kulit wajah yang mulus dan halus, yang bisa membuat lalatpun terpeleset jika hinggap. Seperti penampilan para artis Korea, kecantikan mereka sudah banyak menginspirasi kaum wanita untuk tampil tanpa cacat. Kulit wajah mereka mulus sekali tanpa terlihat adanya pori  – pori yang membesar seperti kulit jeruk yang merusak penampilan wajah. (Baca Juga: Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Wajah , Cara Mengatasi Kulit Kusam)

Memiliki pori besar berarti memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi. Kulit yang berminyak akan sulit dibubuhkan riasan yang tahan lama, sebab minyak pada wajah akan melunturkan efek riasan dengan cepat. Berarti dibutuhkan usaha ekstra untuk membubuhkan riasan pada wajah. Menutupi pori dengan make up seperti foundation pun tidak disarankan, karena bisa membuat pori justru menjadi tersumbat dan menjadi penyebab timbulnya jerawat. (Baca Juga: Merk Pelembab untuk Kulit Berminyak , Penyebab Kulit Berminyak Saat Bangun Tidur)

Apa itu Pori Kulit

Titik – titik kecil yang terlihat di permukaan kulit Anda sebenarnya adalah pembukaan folikel rambut mengandung banyak kelenjar sebaceous yang memproduksi minyak di kulit. Pori – pori akan paling terlihat pada area wajah seperti hidung dan dahi, dimana kelenjar sebaceous lebih besar dibanding di tempat lainnya pada tubuh kita. Ukuran besar kecilnya pori tergantung pada faktor keturunan. Biasanya orang yang berkulit terang memiliki pori – pori lebih kecil sedangkan yang berkulit gelap memiliki pori lebih besar. (Baca Juga: Cara Merawat Kulit Berminyak , Penyebab Kulit Kering)

Pori –  pori wajah yang besar tidak enak dilihat dan merupakan masalah menjengkelkan yang harus segera diatasi. Pori – pori sebenarnya ada di seluruh kulit kita. Kita membutuhkannya agar kulit bisa mengeluarkan keringat dan minyak berlebih. Pori wajah yang besar menyebabkan wajah menjadi lebih mudah berminyak. Jika Anda tidak puas dengan keadaan pori – pori di kulit, hal itu tidak bisa dilenyapkan begitu saja. Yang bisa dilakukan adalah meminimalkan penampakan pori – pori pada wajah.

Cara Mengecilkan Pori Pori Besar Dengan Bahan Alami

Pori  – pori kulit yang membesar bisa dikurangi penampakannya dengan menggunakan masker wajah berbahan alami. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengecilkan pori yaitu:

  1. Menggunakan Es Batu

Es batu bekerja dengan efektif sebagai bahan yang mudah ditemukan di rumah Anda karena memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit. Es batu sering digunakan sebagai bahan untuk mengecilkan pori – pori sebelum menggunakan make up. Selain itu bisa meningkatkan sirkulasi darah dan membuat kulit lebih sehat. Cara menggunakan es batu untuk mengecilkan pori – pori wajah adalah: (Baca Juga:Cara Make Up Natural untuk Wajah Bulat)

  • Bungkus es batu dalam kain yang lembut dan tempelkan ke kulit selama lima belas atau tiga puluh detik. Lakukan cara ini beberapa kali sehari. Bila terlihat ada perbaikan, Anda bisa mengurangi frekuensi pemakaiannya.
  • Selain itu, Anda bisa mencuci muka menggunakan air es untuk sehari – hari.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik lagi, air yang akan dibuat es bisa dicampur dengan jus mentimun atau jus apel, teh hijau atau air mawar. Simak juga manfaat es batu untuk alis dan cara menghilangkan kantung mata dengan es batu untuk kegunaan lain es batu bagi perawatan kecantikan.

sponsored links
  1. Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel bermanfaat sebagai astringent alami dan penyegar wajah yang baik. Selain itu juga menjadi bahan untuk mengencangkan kulit, mengecilkan pori – pori dan mengembalikan kadar PH pada kulit wajah. Juga memiliki anti bakteri dan anti radang yang bisa membantu merawat masalah jerawat pada wajah. Cara menggunakan cuka apel untuk mengecilkan pori – pori yaitu:

  • Campur cuka apel dan air dalam jumlah yang sama.
  • Celupkan kapas ke dalam larutan tersebut dan pakai ke wajah Anda.
  • Biarkan selama beberapa menit lalu bilas wajah.

Untuk mendapatkan hasil terbaik gunakan ramuan ini setiap malam setelah membersihkan wajah. Kemudian gunakan krim malam yang ringan. Jika penggunaannya benar, hasilnya akan terlihat selama beberapa minggu kemudian. Bagi yang memiliki masalah komedo, ada cara menghilangkan komedo membandel dengan cuka apel yang bisa digunakan. Selain itu juga ada manfaat cuka apel untuk rambut yang bisa dicoba.

  1. Menggunakan Putih Telur

Putih telur sering digunakan untuk mengecilkan pori – pori karena memiliki manfaat sebagai cara menghilangkan komedo dengan putih telur dan cara memutihkan wajah secara alami. Masker putih telur juga sangat bagus untuk mengatasi minyak berlebih pada kulit. Cara menggunakan putih telur untuk wajah yang berpori besar adalah sebagai berikut:

  • Kocok putih telur secukupnya hingga berbusa dan pakai secara merata pada wajah. Biarkan sampai kering seluruhnya dan kemudian cuci wajah Anda. Untuk hasil terbaik, tutup wajah Anda dengan tisu dan biarkan mengering, baru kemudian kelupas tisu tersebut. Lakukan perawatan ini satu atau dua kali seminggu secara teratur.
  • Anda juga bisa mencampur dua putih telur dengan air perasan dari setengah jeruk lemon. Pakai pada wajah secara merata dan biarkan masker mengering sepenuhnya. Cuci wajah dengan air dingin, ulangi perawatan setiap beberapa kali seminggu selama satu bulan. (Baca Juga: Manfaat Masker Kopi)
  • Satu lagi campuran yang bisa Anda gunakan adalah satu putih telur, dua sendok makan jus lemon dan dua sendok makan oatmeal. Pakai di wajah dan biarkan selama setengah jam. Bersihkan wajah dengan air dingin. Ulangi dua kali seminggu selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil terbaik. (Baca Juga: Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah)
  1. Menggunakan Scrub Gula

Scrub buatan sendiri dengan menggunakan bahan alami dapat menjadi tips yang bagus untuk mengecilkan pori – pori wajah karena gula memberikan manfaat eksfoliasi wajah dengan menghilangkan minyak berlebih dan kotoran. Selain itu gula juga dapat dijasikan cara menghilangkan belang di wajah dan cara memutihkan tangan. Ada beberapa cara menggunakan gula untuk scrub wajah, yaitu:

  • Cara pertama menggunakan campuran gula sebanyak dua sendok makan, satu sendok makan minyak zaitun dan beberapa tetes jus lemon. Gosokkan ke wajah dengan perlahan selama dua puluh atau tiga puluh detik dan cuci dengan air dingin. Gunakan secara rutin satu atau dua kali seminggu.
  • Cara kedua yaitu menaruh sedikit gula ke ujung bagian lemon yang diiris dan gosokkan ke wajah dengan lembut. Biarkan selama sepuluh menit dan kemudian cuci wajah Anda. Lakukan perawatan ini paling tidak dua kali seminggu selama beberapa minggu.
  • Cara ketiga yaitu mencampurkan jus lemon, madu dan gula dalam jumlah yang sama. Pijat kulit dengan menggunakan ramuan ini dan biarkan selama lima atau sepuluh menit sebelum dicuci bersih. Ulangi perawatan ini satu atau dua kali seminggu untuk waktu satu bulan atau sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.
  1. Menggunakan Baking Soda

Baking soda bermanfaat sebagai bahan eksfoliasi kulit yang lembut, mengurangi minyak berlebih dan kotoran dari kulit. Selain itu juga membantu keseimbangan PH kulit dan masalah kulit seperti jerawat dengan manfaat anti bakteri dan anti radang yang dimilikinya. Cara membuat ramuan baking soda untuk wajah yang berpori besar yaitu: (Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Minyak Zaitun , Cara Menghilangkan Belang di Wajah)

  • Campur dua sendok makan baking soda dan air hangat.
  • Gunakan campuran itu pada kulit Anda sambil dipijat dengan gerakan melingkar selama beberapa detik.
  • Cuci wajah dengan air dingin.

Ulangi perawatan setiap hari selama lima atau tujuh hari. Kemudian kurangi frekuensi pemakaian selama tiga sampai lima kali seminggu untuk beberapa minggu. Baking soda juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan tahi lalat dan cara menghilangkan bekas luka.

  1. Menggunakan Fuller’s Earth

Fuller’s Earth atau Multani Mitti adalah ramuan alami yang baik untuk mengecilkan pori karena dapat menyerap minyak berlebih dan memberikan manfaat eksfoliasi bagi kulit. Selain itu juga dapat mengurangi bekas luka, noda dan merawat kulit yang terbakar matahari dan menjadi cara meluruskan rambut pria. Cara membuat ramuan Fuller’s Earth adalah:

  • Campur sejumlah air mawar dan sua sendok makan Fuller’s Earth membentuk pasta.
  • Gunakan ke wajah dan biarkan selama lima belas sampai dua puluh menit sampai mengering.
  • Gosok sampai bersih dan cuci wajah dengan air dingin.
  • Gunakan masker satu atau dua kali seminggu. (Baca Juga: Manfaat Daun Mint Untuk Perawatan Wajah)

Sponsors Link

  1. Menggunakan Jus Lemon

Manfaat lemon untuk wajah mengandung asam sitrun yang bisa mengelupas sel kulit mati dan meminimalkan pori – pori yang terbuka. Juga ada manfaat lemon untuk kulit wajah dengan cara menghilangkan noda hitam dengan khasiatnya untuk memutihkan kulit. Cara membuat ramuan alami dengan jus lemon yaitu:

  • Campur satu sendok teh madu ke dalam jus yang diperas dari satu buah lemon. Pakai ke kulit wajah dan biarkan selama sepuluh sampai lima belas menit sebelum dicuci bersih. Lakukan perawatan ini setiap hari selama satu bulan.
  • Alternatifnya, campur dua sendok makan jus lemon dan jus tomat. Pakai di wajah Anda. Biarkan selama sepuluh atau lima belas menit. Ulangi tiga atau empat kali seminggu paling tidak selama satu bulan.
  1. Menggunakan Mentimun

Manfaat timun untuk wajah sebagai astringent alami untuk mengecilkan ukuran pori – pori kulit wajah, juga dapat memperbaiki tekstur kulit dan membuat wajah bersinar. Selain itu juga dapat menjadi cara memutihkan kulit secara alami. Cara menggunakan ketimun untuk pori – pori kulit yang besar yaitu:

  • Parut satu mentimun segar dan ambil airnya.
  • Celupkan kapas ke dalamnya dan gunakan pada kulit.
  • Biarkan selama lima belas atau dua puluh menit kemudian cuci menggunakan air dingin.
  1. Menggunakan Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat yang bisa menghilangkan minyak berlebih, sel kulit mati dan kotoran, dengan demikian meminimalkan kemunculan pori – pori yang terbuka. Yogurt juga bisa mengurangi keriput dan garis halus di wajah, dengan demikian menjadi cara mencegah penuaan dini dan menjadi cara mengatasi kulit wajah kering serta cara meratakan warna kulit. Cara menggunakan yogurt untuk wajah yaitu:

  • Oleskan tipis yogurt tawar di wajah Anda. Biarkan selama sepuluh menit dan cuci wajah sampai bersih. Ulangi setiap hari atau tiga – empat kali seminggu selama satu bulan.
  • Tambahkan satu sendok makan tepung gram dan dua sendok makan yogurt tawar. Gunakan pasta ini di wajah Anda. Biarkan selama lima belas atau dua puluh menit lalu cuci dengan air dingin.
  1. Menggunakan Oatmeal

Oatmeal sangat baik untuk mengelupas kulit mati dan mengurangi minyak berlebih yang membuat pori – pori kulit terlihat besar. Manfaat oatmeal untuk kulit sensitif juga sangat baik digunakan serta bisa digunakan untuk menjadi cara meratakan warna kulit. Cara menggunakan oatmeal untuk wajah yaitu:

  • Campur lima sendok makan madu, dua sendok makan bubuk susu dan dua sendok makan oatmeal.
  • Gunakan campuran ini pada wajah Anda dan gosok perlahan dengan gerakan melingkar.
  • Biarkan selama lima belas menit atau sampai kering sepenuhnya.
  • Kelupas masker dan cuci wajah dengan air dingin.
  • Ulangi satu atau dua kali seminggu secara rutin.

Bila Anda tertarik untuk mencoba perawatan alami ini, sebaiknya lakukan satu persatu dengan tuntas terlebih dulu, jangan mencoba beberapa macam sekaligus karena Anda tidak akan tahu ramuan mana yang memberikan hasil terbaik. Bisa jadi menggunakan beberapa cara sekaligus justru memberikan hasil yang kurang baik. Jika satu ramuan belum berhasil, maka Anda baru dapat mencoba ramuan selanjutnya dengan aman.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Sunday 23rd, October 2016 / 04:51 Oleh :
Kategori : Kulit