12 Manfaat Mencuci Muka dengan Air Es Setiap Hari

Setiap wanita mendambakan wajah yang terbebas dari masalah kulit seperti kulit berjerawat, terdapat noda hitam, kulit kasar, kulit berminyak dan masalah kulit lainnya. Seorang wanita wajib melakukan perawatan alami maupun perawatan di salon. Biasanya perawatan alami dapat dilakukan menggunakan masker buah-buahan yang segar. Lalu bagaimana perawatan alami menggunakan es batu.

Manfaat Mencuci Muka dengan Air Es

Selain terdapat manfaat cuci muka dengan air hangat di pagi hari ternyata juga ada manfaat melakukan cuci muka dengan air es. Air Es merupakan air yang dibekukan sehingga menjadi es, ternyata Es dapat dimanfaatkan untuk kecantikan terutama untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Biasanya pemanfaatan air es ini digunakan untuk mencuci muka. Berikut mengenai manfaat mencuci muka menggunakan Air Es.

1. Melembabkan Kulit Wajah

Manfaat es batu yang pertama untuk kulit wajah yaitu  mampu membantu menjaga kelembaban kulit kita. Biasanya saat beberapa kondisi cuaca yang tidak stabil akan mengakibatkan kulit wajah menjadi kering.  Saat kondisi wajah sudah kering kita dapat memanfaatkan  es batu untuk mencuci muka. Caranya mudah cukup masukkan es batu ke dalam air secukupnya lalu basuhlah muka dengan air tersebut dan diamkan beberapa menit hingga kerig.

Setelah itu bilaslah menggunakan air biasa. Selain ditambahkan pada air kita juga dapat memmanfaatkan es batunya langsung, cukup oleskan es batu ke wajah secara merata dan diamkan lalu bilaslah. Selain memanfaat kan es batu untuk melembabkan kulit wajah kita juga dapat memanfaatkan buah pisang dengan cara membuat masker pisang tanpa campuran .

2. Mengatasi Jerawat

Perawatan wajah berjerawat sebelum tidur juga dapat dijadikan alternatif untuk menghilangkan jerawat, selain itu kita juga dapat melakukan kebiasaan cuci muka dengan air es. Masalah jerawat pada kulit wajah sangat mengganggu penampilan bagi wanita maupun pria. Selain mengganggu penampilan juga menimbulkan rasa perih,sakit dan panas pada kulit wajah.  Masalah jerawat  biasanya identik dengan kondisi kulit yang berminyak dan kondisi kulit wajah yang kotor.

Untuk mengatasi masalah jerawat kita dapat melakukan perawatan disalon maupun perawatan alami dirumah. Perawatan alami dirumah contohnya menggunakan air es untuk mencuci muka. Mencuci muka menggunakan air es dipercaya dapat mengatasi masalah jerawat  sehingga jerawat pun akan berkurang apabila kita melakukan kebiasaan mencuci muka dengan air es secara rutin.

Caranya cukup mudah yaiu dengan mengoleskan es pada bagian wajah yang berjerawat secara pelahan kurang lebih selama 3-5 menit. Hal ini akan meringankan bengkak pada jerawat sehingga jerawat lama kelamaan menghilang. Selain itu air es juga sebagai cara menghilangkan bintik hitam di wajah pria.

3. Menghilangkan Bintik  Hitam

Bintik hitam pada wajah bisa disebabkan karena jerawat maupun bukan karena jerawat. Bintik hitam di wajah akan membuat penampilan seseorang menurun dan cenderung akan membuat seseorang tidak percaya diri. Hal ini akan menimbulkan masalah besar, untuk mengatasi masalah tersebut kita dapat memanfaatkan air es untuk menghilangkan bintik hitam di wajah.

Caranya cukup mudah cukup oleskan es batu ke wajah secara perlahan serta pijat pada area bintik hitam secara perlahan hingga kurang lebih sampai 7 menit. Lakukan hal ini secara rutin 2 kali dalam seminggu. Apabila dilakukan secara rutin maka akan mendapatkan hasil yang sesuai.(Baca Juga: Penyebab Bintik Hitam Pada Wajah)

4. Mengecilkan pori-pori di wajah

Selain masalah jerawat, ternyata masalah pori-pori yang besar akibat bekas jerawat pun juga sulit hilang. Penyebab bintik hitam pada wajah juga dapat disebabkan oleh jerawat. Biasanya wajah yang berjerawat pun mempunyai resiko tinggi terhadap pori-pori yang besar. Apabila masalah ini tidak segera diatasi maka pori-pori di wajah akan semakin besart. Untuk mengecilkan pori-pori yang besar kita dapat memanfaatkan air es.

Sensasi dingin pada air es akan membantu mengecilkan pori-pori yang besar. Cukup cuci muka dengan air es , dan diamkan selama kurang lebih  5 menit lalu bilas dengan meggunakan air biasa. Selain air es , penggunaan es langsung juga dapat dilakukan untuk mengecilkan pori-pori. Cukup oleskan potongan es ke wajah  sambil dipijat. Jika ingin melakukan perawatan alami dan tanpa efek kita bisa melakukan hal tersebut. (Baca juga : Cara Agar Rambut Keriting Menjadi Lurus Permanen)

5. Mencerahkan Wajah

Perawatan  alami untuk mencerahkan wajah biasanya memanfaatkan penggunaan masker alami seperti masker buah alpukat, masker tomat dan masker timun. Akan tetapi ternyata memanfaatka air es juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah. Pengaplikasiannya pun cukup mudah , yaitu dengan cara mencuci muka menggunakan air es secara rutin. Selain itu menggunakan es batu langsung dengan mengoleskannya ke wajah secara merata juga memberikan efek yang sama.Karena es batu ini dipercaya mampu membersihkan wajah yang kotor sehingga kulit wajah tampak cerah dan bercahaya.

6. Menyegarkan Kulit Wajah

Macam macam perawatan wajah disalon dapat dilakukan untuk menjaga kulit kita agar tetap lembab dan tidak kering. Alternatif yang mudah tanpa ke salon kita dapat memanfaatkan air es untukmengatasi kulot kering. Kulit wajah yang cenderung kering biasanya menimbulkan efek perih pada wajah sehingga menimbulkan iritasi. Untuk mengetasi hal ini kulit pun butuh kesegaran, pemanfaatan air es merupakan hal yang tepat. Air es dipercaya dapat menyegarkan kulit, cukup mencuci muka menggunakan air es lalu diamkan selama kurang lebih 7 menit. Setelah itu bilas menggunakan air biasa. Pengaplikasian es batu secara langsung juga dapat dilakukan.

7. Menghilangkan Kantung Mata

Saat tidur kita tidak teratur , hal ataupun efek samping yang akan terjadi yaitu terdapatnya kantung mata. Tak jarang seseorang menyukai hal tersebut, untuk mengatasinya kita dapat melakukan perawatan secara alami maupun perawatan disalon. Akan tetapi dianjurkan untuk melakukan perawatan alami karena lebih praktis ,aman dan tidak memberikan efek samping yang berlebih. Cukup dengan mengoleskan es batu pada area kantung mata sambil dipijat secara perlahan. Setelah itu bilas menggunakan air biasa. Selain itu kita dapat menggunakan krim penghilang kantung mata.

8. Mengatasi Kulit Berminyak

Penyebab kulit berminyak antara lain yaitu terpapar sinar matahari secara berlebih dan penggunaan kosmetik yang tidak cocok. Kulit Berminyak merupakan salah satu masalah wajah yang akan berpengaruh pada masalah wajah yang lainnya seperti wajah berjerawat, kotor dan tidak bersih. Hal ini akan membuat penampilan seseorang turun. Untuk mengatasi hal seperti ini kita dapat memanfaatkan air es.

Air es sangat efektif untuk mengatasi kulit berminyak , karena dapat mengurangi wajah untuk memproduksi minyak pada kulit wajah. Caranya cukup mengolaskan es batu atau mencuci wajah menggunakan air es secara merata lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas menggunakan air biasa.

9. Mencegah Penuaan Dini

Tips mencegah penuaan dini adalah dengan melakukan kebiasaan yang baik. Banyak yang berkata bahwa air es mampu mencegah penuaan dini. Karena Air es dapat mengatasi masalah-masalah kulit wajah antara lain kulit keriput , keringdan kusam . Apabila kulit terhindar dari masalah tersebut maka dipastikan secara otomatis kulit wajah kita sehat, sehingga penuaanpun akan terhambat. Untuk mengatasi masalah-maslah tersebut kita dapat memanfaatkan Air Es untuk mencuci muka. Asalkan kita melakukannya secarra rutin maka akan dapat menguranggi penuaan yang dini.

10. Mengatasi Ruam pada Wajah

Wajah yang sensitif terhadap pada matahari akan cenderung timbulnya ruam pada wajah. Saat terjadi ruam maka akan menimbulkan rasa yang panas gatal tak tertahankan. Untuk mengurangi rasa tersebut maka air es pun dapat digunakan untuk mengurangi rasa tersebut. Cukup oleskan es batu pada daerah yang ruam , dan diamkan hingga kering lalu bilas menggunakan air bersih. Cara menghilangkan kulit bersisik pada wajah juga dapat meminimalisir iritasi pada kulit.

11. Menghilangkan Bekas Luka

Cara mengatasi kulit wajah mengelupas dan perih dapat menggunaka es batu.Ternyata Air Es juga dapat dimanfaatkan untuk memudarkan bekas luka pada wajah. Pengaplikasiannya pun sama seperti cara sebelumnya. Cukup megoleskan es batu pada bekas luka di wajah , dengan pemijatan secara bersamaan. Lalu diamkan hingga meresap dan kering , bilas menggunakan air. Lakukan hal ini secara rutin 1 kali dalam 2 sehari, maka bekas luka pun akan menghilang dengan sendirinya.

12. Mengurangi Rambut di Wajah

Khasiat kopi untuk wajah sangatlah banyak lalu bagaimana dengan khasiat air es untuk wajah.Rambut yang tumbuh diwajah sangat mengganggu penampilan seseorang , munculnya rambut tersebut bisa disebabkan oleh faktor hormon, faktor genetik maupun penggunaan kosmetik yang tidak sesuai. Banyak orang yang mengatasi masalah tersebut dengan cara mencabut atau mencukurnya.

Hal ini justru akan mengakibatkan rambut semakin banyak. Sebaiknya melakukan perawatan alami dengan Air Es, cukup mencuci muka dengan air es secara rutin maka pertumbuhan rambut akan terhambat. Selain itu pastikan anda tidak menggunakan kosmetik yang mempunyai efek samping pertumbuhan rambut di wajah , dan pastikan juga tidak melakukan pencukuran terhadap rambut yang tumbuh di wajah.

Merawat wajah secara alami dengan es batu merupakan alternatif untuk menjaga kesehatan kulit. Apabila Anda memiliki beberapa masalah pada kulit wajah , maka dapat menggunakan Air Es unuk mengatasinya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal , lakukan kebiasaan mencuci muka dengan Air Es secara rutin.