15 Cara Menghilangkan Kulit Bersisik Pada Wajah Secara Tradisional

Kulit memiliki tiga lapisan utama termasuk lapisan paling dalam, lapisan tengah dan lapisan luar. Diantara itu, lapisan terluar akan mengganti sel yang lama dengan yang baru hingga kulit mulai mengelupas sel kulit yang mati. Kulit wajah kita adalah yang paling tipis di seluruh tubuh, karena itu menjadi rapuh dan rentan terhadap masalah kulit. Salah satu masalahnya adalah kulit yang kering dan bersisik. Tidak hanya mengganggu, karena kulit yang kering dan bersisik seringkali gatal, kondisi demikian seringkali membuat seseorang malu dengan menampakkan kulit yang sudah jelas bersisik.

Biasanya kulit yang bersisik ini terjadi karena kulit kering, pada umumnya terjadi pada bulan – bulan musim dingin. Walaupun masalah kulit kering bukan merupakan masalah kesehatan yang serius, komplikasi yang lain bisa saja terjadi seperti pengelupasan kulit, gatal, dan iritasi kulit. Jika tidak ada faktor kronis yang menjadi penyebabnya, penyebabnya biasanya adalah faktor cuaca, udara kering seperti ac, perawatan kulit yang kurang tepat, penggunaan air panas yang terlalu sering, dan banyak lagi penyebabnya yang berasal dari aktivitas keseharian.

Merawat Kulit Wajah yang Bersisik Secara Rutin

Salah satu penyebab kulit wajah bersisik adalah kurangnya perawatan yang dilakukan untuk menjaga agar kulit tetap memiliki kelembaban yang dibutuhkan. Anda dapat merawat wajah agar tidak bersisik karena terlalu kering dengan beberapa bahan alami berikut ini:

1. Pisang

Manfaat pisang untuk kulit sangat baik karena pisang mengandung antioksidan, mineral, vitamin B, vitamin C yang membantu kulit menjadi halus, kenyal dan lembut. Nutrisi dalam buah pisang membantu memperbaiki warna kulit dan rona kulit dengan efektif. Selain itu, pisang juga mengandung potasium, vitamin E dan air, sehingga menjadi pelembab kulit yang sangat baik untuk menghidrasi dan menutrisi kulit. Potasium membantu menurunkan tingkat kekeringan dan melawan kulit kering, mengurangi radang pada kulit. Ada dua cara menggunakan pisang atau cara membuat masker pisang untuk mengatasi kulit bersisik yaitu:

  • Cara 1 – Kupas pisang dan oleskan pada wajah Anda selama lima belas menit lalu bilas dengan air.
  • Cara 2 –  hancurkan pisang dan campur dengan yogurt sampai menjadi pasta. Gunakan pada wajah selama7 sepuluh sampai lima belas menit. Bilas dengan air hangat.

2. Aprikot

Aprikot adalah bahan alami yang esensial untuk kulit karena kaya akan kandungan vitamin A, C, beta karoten, kalsium, dan besi. Buah ini dapat menghidrasi kulit, mengurangi gatal, bekas terbakar matahari, dan memelihara elastisitas kulit sambil mencerahkan kulit wajah. Dengan demikian aprikot dapat menjadi cara menghilangkan wajah kusam serta juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata.  Cara menghilangkan kulit bersisik dengan aprikot yaitu:

  • Cara 1 – Campur beberapa tetes minyak jeruk, setengah cangkir buah aprikot, setengah sendok teh minyak vitamin E, dan beberapa sendok makan minyak almond. Gunakan pada wajah dan pijat perlahan, cuci dan bilas dengan air hangat lalu air dingin. Gunakan pelembab ringan untuk wajah sesudahnya.
  • Cara 2 – Siapkan beberapa aprikot matang dan hancurkan, campur dengan almond serta madu, oleskan ke wajah dan leher. Cuci dengan air hangat setelah penggunaan selama dua puluh menit. Ramuan ini akan melembutkan dan membersihkan kulit serta mengurangi komedo hitam.

3. Minyak Biji Anggur

Minyak ini telah tersedia di pasaran dan sering digunakan dalam produk pemutih badan serta produk lulur untuk memutihkan kulit. Anda dapat mengambil manfaatnya untuk merawat kulit wajah yang bersisik, mengurangi keriput, mengurangi kulit terbakar matahari, dan bisa juga menghilangkan kulit kering di bagian lain dari tubuh. Cara menggunakan minyak biji anggur adalah:

  • Hangatkan minyak biji anggur secukupnya.
  • Tunggu selama lima belas sampai dua puluh menit dan cuci dengan air bersih yang hangat.
  • Anda juga dapat menggunakan minyak ini sebelum tidur dan mencuci wajah keesokan harinya.

4. Minyak Wijen

Minyak ini sangat umum digunakan didapur dan sering digunakan untuk memasak. Untuk perawatan kecantikan, minyak wijen dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit mengelupas. Khasiatnya dapat mengurangi radang, melembabkan kulit, dan merekonstruksi sel kulit. Cara menggunakan minak wijen untuk kulit bersisik sangat sederhana, yaitu cukup mengoleskannya ke kulit wajah setelah dibersihkan. Pijat wajah perlahan dan biarkan selama lima belas menit lalu bilas dengan air panas.

5. Minyak Castor

Minyak castor adalah bahan yang bagus untuk kulit karena kekentalannya sehingga dapat melumasi dan menenangkan kulit dan engatasi kondisi kulit yang cukup menderita kerusakan. Manfaat detoksifikasi dari minyak ini dapat menghilangkan minyak berlebih yang menyumbat pori – pori kulit dan mencegah komedo. Kandungan asamnya juga bermanfaat untuk memerangi bakteri penyebab jerawat, dan menjadi cara menghilangkan noda hitam di wajah.  Cara menggunakan minyak castor untuk kulit wajah yaitu:

  • Siapkan minyak secukupnya dan gosokkan pada kulit yang bersisik.
  • Pijat dengan lembut dan biarkan selama lima belas menit
  • Bilas dengan air hangat
  • Gunakan perawatan ini dua hingga tiga kali seminggu

6. Lemon

Manfaat lemon untuk kulit wajah dan tubuh sudah sering sekali digunakan dalam perawatan kecantikan yang menggunakan bahan alami. Cara menggunakan lemon untuk kulit wajah yang bersisik yaitu dengan cara membuat masker lemon untuk wajah, adalah:

  • Campur air perasan lemon dan gula dalam sebuah mangkuk
  • Gunakan pada wajah dan gunakan ujung jari untuk memijat kulit wajah dengan lembut.
  • Biarkan agak lama dan bilas dengan air.

Ramuan ini dapat memberikan manfaat eksfoliasi wajah dengan menghiangkan sel kulit mati dan membat kulit lebih sehat. Akan tetapi Anda perlu berhati – hati dengan frekuensi penggunaan lemon, usahakan hanya satu kali saja seminggu atau dua minggu sekali untuk menghindari efek samping lemon untuk wajah yang dapat membuat kulit menjadi semakin sensitif dan teriritasi.

7. Apel

Bukan saja merupakan buah yang tepat, akan tetapi manfaat apel untuk kulit juga merupakan ramuan yang baik untuk menghilangkan kulit bersisik dari wajah. Apel dapat melembutkan, mengencangkan kulit dan mengurangi kulit yang mengelupas dengan sangat efektif. Cara menggunakan apel untuk kulit wajah bersisik yaitu dengan membuatnya menjadi masker wajah. Berikut adalah cara membuat masker apel:

  • Parut buah apel secukupnya dan tempelkan pada wajah.
  • Biarkan selama limabelas atau dua puluh menit lalu bilas dengan air bersih.
  • Anda bisa melakukan perawatan beberapa kali untuk mendapatkan hasil terbaik

8. Mentimun 

Kandungan air di dalam mentimun menjadikannya sangat berguna untuk perawatan kecantikan dengan menutrisi dan menghidrasi kulit yang kering. Selain itu mentimun juga mengandung vitamin A dan B1, melembabkan, membersihkan, mencerahkan kulit dan memberi rona pada kulit. Anda dapat menggunakan potongan mentimun yang ditempelkan di wajah atau mencampur mentimun dengan lidah buaya seperti berikut ini:

  • Campurkan beberapa sendok makan gel lidah buaya dengan mentimun yang telah diparut.
  • Aduk sampai tercampur lembut dan gunakan pada wajah selama sepuluh menit.
  • Bilas dengan air hangat
  • Lakukan perawatan ini sekali sehari

9. Pepaya

Manfaat masker pepaya bagi kulit wajah dan tubuh ada banyak macamnya. Buah ini mengandung anti oksidan yang penting untuk memperbaiki kondisi kulit termasuk kulit yang bersisik dan kering di wajah. Enzim yang ditemukan di dalam buah pepaya dapat membantu mengeliminasi semua tanda di kulit yang berkaitan dengan kulit kering . Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dalam waktu beberapa minggu. Cara membuat masker pepaya yaitu:

  • Hancurkan pepaya dan balurkan ke kulit wajah
  • Tunggu selama sepuluh sampai lima belas menit
  • Bilas dengan air

10. Cuka

Tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan untuk memasak, cuka juga digunakan secara luas sebagai bahan untuk merawat kulit khususnya untuk mengelupas kulit, karena itu cuka dapat digunakan sebagai cara memutihkan ketiak hitam. Tidak itu saja, masalah kulit yang bersisik dapat diatasi dengan menggunakan cuka. Caranya yaitu:

  • Larutkan cuka secukupnya dengan sejumlah air.
  • Celupkan kapas dan aplikasikan pada wajah Anda.
  • Biarkan semalaman dan cuci dengan air pada keesokan paginya.

Menggunakan cuka dapat dilakukan dengan takaran yang tepat untuk menghindari bahaya dan efek samping dari pemakaian cuka yang terlalu sering, antara lain adanya bahaya cuka untuk rambut yang bisa timbul dari sifat cuka yang keras.

11. Alpukat

Tinggi akan kandungan vitamin A, manfaat alpukat untuk kulit wajah adalah sebagai anti oksidan yang sangat penting bagi masalah kulit terutama untuk kulit bersisik. Buah ini juga mengandung lemak baik serta vitamin yang baik untuk kulit termasuk vitamin B dan E dengan menghidrasi dan melumaskan kulit yang bersisik serta membantu menutrisi sel kulit untuk meningkatkan kekenyalan kulit. Cara membuat masker alpukat untuk wajah untuk merawat kulit yaitu:

  • Cara 1 –  Hancurkan buah alpukat dan gosokkan pada kulit yang bersisik. Biarkan selama sepuluh sampai lima belas menit lalu bilas dengan air dingin. Anda dapat melakukan perawatan ini sekali sehari.
  • Cara 2 –  Hancurkan alpukat dan campur dengan madu, oleskan ke wajah dan biarkan lima belas menit untuk menyerap. Cuci dengan air, lakukan dua kali seminggu dan gunakan secukupnya saja.

12. Oatmeal

Selain memiliki manfaat oatmeal untuk wajah sensitif, oatmeal merupakan bahan pembuat  masker untuk kulit kering mengelupas yang ampuh dan juga dapat mengatasi kulit bersisik pada wajah serta melembabkannya dengan baik. Kandungan dalam oatmeal dapat menghidrasi kulit dan mencegah kekurangan cairan pada kulit wajah yang bisa disebabkan oleh manfaat anti oksidan serta anti inflamasinya, yang juga dapat menjadi cara mengatasi wajah memerah karena kosmetik. Cara untuk menggunakan oatmeal bagi kulit wajah bersisik yaitu:

  • Campur oatmeal yang telah digiling secukupnya, susu hangat, dan sebuah pisang matang yang dihancurkan.
  • Gunakan campuran tersebut di wajah selama sepuluh sampai lima belas menit
  • Bilas dengan air dingin
  • Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

13. Nanas

Nanas merupakan salah satu cara membuat masker buah yang berkhasiat untuk dijadikan cara mengatasi kulit kering di wajah. Buah nanas yang masak adalah yang paling baik digunakan untuk jenis masker ini, cara membuatnya yaitu:

  • Siapkan nanas secukupnya, kupas dan parut
  • Gosokkan parutan nanas ke kulit wajah yang kering dan bersisik.
  • Lakukan secara teratur satu kali setiap hari mejelang tidur malam.
  • Bersihkan keesokan harinya.

14. Jeruk Purut

Tidak kalah dengan jeruk lemon dan jeruk nipis, jeruk purut tua juga berkhasiat untuk mengatasi wajah bersisik. Caranya cukup dengan menggosokkan belahan jeruk ini ke kulit wajah. Anda bisa melakukan hal ini secara rutin, namun ingatlah untuk membatasi penggunaan jeruk yang sifat asamnya bisa membuat wajah justru menjadi iritasi.

15. Madu

Madu merupakan pelembab alami dan juga bahan alami yang berkhasiat untuk memutihkan dan mencerahkan wajah. Anda cukup mengoleskan madu murni secukupnya pada wajah, jangan mengoleskan terlalu tebal. Biarkan beberapa menit agar madu meresap, lalu bilas dengan air hangat.

Melindungi kulit setiap hari adalah hal yang sangat perlu dilakukan. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan masalah kulit menjadi memburuk, karena itu tindakan pencegahan tetap perlu dilakukan. Pemakaian pelembab adalah hal dasar yang sebaiknya tidak dilewatkan untuk mencegah kulit wajah kembali tampak bersisik, Anda dapat menggunakan produk yang cocok dengan kulit Anda. Hindari pemakaian kosmetik yang berbahan keras atau pembersih dan sabun muka yang terlalu keras bagi wajah untuk mengurangi resiko kulit menjadi kering dan bersisik. Periksalah dulu kandungan dalam suatu produk perawatan sebelum mencobanya.