10 Khasiat Kopi untuk Wajah dan Maskernya

Kopi merupakan salah satu minuman yang mengandung kafein yang sering disebut dengan trimetilsantin. Trimelsantin sendiri merupakan salahs satu senyawa alkaloid. Kopi dikenal kaya akan antioksidan, bahkan terbukti lebih tinggi daripada buah serta sayur. Karena kandungan senyawa antioksidan cukup tinggi ini membuat kopi bisa menangkal radikal bebas didalam tubuh kalian. Termasuk pada kulit kalian, sedangkan dari segi kesehatan kopi dipercaya bisa mencegah stroke serta serangan jantung. Kopi juga dipercaya mampu mendorong otak buat berpikir positif, serta membantu meningkatkan stamina dan juga bisa memperbaiki kerusakan pada rambut.

Kopi yang juga mengandung senyawa flavonoid serta polifenol , senyawa ini sangat baik buat tubuh kalian. Dengan memiliki kandungan penting seperti yang telah disebutkan. Tentu kopi bisa dikatakan sebagai minuman yang menyehatkan, selama kalian tidak terlalu banyak menggunakan gula atau susu hewani. Karena bahan tambahan ini justru merusak manfaat dari kopi, tidak hanya bagi kesehatan saja. Kopi juga dipercaya mampu mengatasi berbagai macam masalah pada kulit wajah maupun masalah yang bisa mengganggu penampilan kalian. Berikut ini khasiat kopi untuk wajah serta cara membuat masker kopi yang bisa kalian coba dirumah.

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Wajah kusam tentu akan sangat mengganggu bahkan merusak penampilan serta membuat kalian tidak percaya diri. Dengan menggunakan masker kopi yang kalian pakai secara teratur serta rutin ini bisa membantu kulit wajah kalian menjadi lebih cerah. Hal tersebut dikarenakan butiran bubuk kopi mampu mengangkat debu serta kotoran yang menempel bahka menumpuk pada kulit yang menjadi penyebab kulit wajah terlihat kusam. (Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami)

2. Meminimalisir Resiko Kanker Kulit

Penyakit kanker kulit adalah masalah kulit yang sangat serius serta paling ditakuti. Aktivitas kalian yang padat, apalagi jika kalian sering terpapar polusi serta sinar matahari untuk waktu lama tentu ini akan meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Untuk menghindarinya, kalian bisa menggunakan masker kopi minimal 2 kali seminggu. Ini karena senyawa antioksidan pada kopi mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada kulit wajah. (Baca Juga: Pembersih Wajah Alami , Cara Merawat Kulit Wajah agar Putih)

3. Mengatasi Minyak berlebih di Wajah

Minyak pada wajah sangat bagus guna melembabkan kulit serta mencegah agar kulit tidak menjadi kering. Tapi bila minyak wajah kalian menjadi berlebih tentu ini tidak baik dan bisa menimbulkan masalah lain pada wajah bahkan mengganggu penampilan. Seprti timbulnya jerawat, wajah kusam serta membuat wajah kelihatan mengkilap atau berminyak. Untuk mengatasinya sangat disarankan untuk menggunakan masker bubuk kopi secara rutin pada wajah kalian. (Baca Juga : Manfaat Buah Kelapa Untuk Kecantikan)

4. Menjadikan Kulit Halus dan Lembut

Kulit tentu akan menjadi kasar jika kalian tidak merawat serta jarang membersihkannya. Hal ini tentu akan merusak penampilan kalian serta membuat kalian tidak percaya diri. Pemakaian make up bahkan tidak akan sempurna karena kulit wajah kalian yang kasar. Untuk itu, gunakanlah masker bubuk kopi buat scrub serta menghaluskan dan melembutkan kulit ajah kalian. Ini dikarenakan butiran halus bubuk kopi mampu mengangkat sel kulit mati, ini yang akan membuat wajah kalian menjadi halus lagi. (Baca Juga :  Cara Membuat Masker Alpukat ,  Langkah Perawatan Kulit Kering)

5. Menghilangkan Bintik Hitam Bekas Jerawat

Bubuk kopi juga dipercaya bisa menghilangkan bintik hitam karena jerawat, jika kalian rutin memakaiannya. Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu mencampuran bubuk kopi dan minyak baby oil hingga rata. Ramuan ini diperaya bisa memudarkan bintik hitam serta flek hitam yang membandel. (Baca Juga : Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah)

6. Melembabkan Kulit

Wajah kering tentu akan sangat mengganggu bahkan merusak penampilan serta membuat kalian tidak percaya diri. Dengan menggunakan masker kopi yang kalian pakai secara teratur serta rutin ini bisa membantu kulit wajah kalian menjadi lebih lembab. Hal tersebut dikarenakan butiran bubuk kopi mampu mengangkat debu serta kotoran yang menempel bahkan menumpuk pada kulit yang menjadi penyebab kulit wajah terlihat kusam serta kering. Kalian bisa menambahkan bubuk cokelat atau madu pada msker sebelum kalian aplikasikan ke wajah kalian. (Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah)

7. Menjaga Kulit Awet Muda

Kopi dipercaya mampu menangkal senyawa radikal bebas karena kandungan antioksidan didalamnya yang sangat tinggi. Sehingga akan membuat kulit kalian terlihat lebih awet muda. Seperti yang kalian ketahui radikal bebas bisa membuat kulit kalian mengalami penuaan dini, untuk mencegah hal ini terjadi kalian bisa menggunakan masker kopi secara teratur. (Baca Juga : Penyebab Kulit Keriput Di Usia Muda)

9. Mengecilkan Pori-pori Kulit

Tentu memiliki pori-pori besar bisa menyebabkan masalah kulit yang banyak. Ini dikarenakan semua debu serta kotoran berkumpul di pori-pori kalian. Tentu ini akan merusak penampilan karena pori-pori pada wajah yang terliha besar. Untuk mengatasinya kalian bisa menggunakan masker kopi 2 kali seminggu buat membantu mengecilkan pori-pori pada kulit wajah kalian. (Baca Juga : Manfaat Bengkoang Untuk Kulit,Cara Membuat Lulur Susu Yang Mudah)

10. Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Masalah terakhir merupakan masalah yang paling sering dialami oleh banyak orang. Ini karena jerawat bisa saja muncul jika hormon sedang tidak seimbang. Komedo juga bisa membiki wajah kalian tidak enak dipandang, kkarena akan terlihat bintik-bintik hitam maupun putih yang banyak pada wajah kalian. Masalah ini bisa kalian atasi dengan memakai masker bubuk kopi 3 kali seminggu sampai masalah kulit kalian benar-benar hilang. (Baca Juga : Cara Menghaluskan Wajah)

Cara Membuat Masker Kopi

Kalian tidak perlu pergi ke salon kecantikan demi mendapatkan masker kopi, karena selain menghabiskan banyak waktu hal ini juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kalian bisa membikin sendiri di rumah, bahan yang akan kalian gunakan pun bisa mudah didapatkan. Berikut bahan serta cara membuat masker kopi yangs sederhana.

Cara 1: Kalian hanya perlu  campurkan bubuk kopi, bubuk cokelat serta susu. Aduk hingga rata lalu masukkan madu serta aduk hingga menjadi pasta. Sebelum kalian pakai, bersihkan wajah serta leher terlebih dahulu dengan menggunakan sabun pembersih agar kotoran yang menempel pada wajah luruh. Karena kotoran yang masih menempel bisa menghalangi kulit kalian menyerap nutrisi dari masker kopi yang kalian pakai. Setelah bersih, kalian bisa mengaplikasikan masker kopi pada wajah hingga leher secara rata, kemudian tunggulah selama 20-30 menit. (Baca Juga: Cara Membuat Masker TomatCara Membuat Masker Apel)

Cara 2: Kalian juga bisa menambahkan madu dan kopi saja seperti cara yang diatas. Karena masker madu dan kopi mempunyai nutrisi yang baik buat melembabkan serta melembutkan kulit wajah kalian. Setelah itu, bisa kalian diamkan kurang lebih 20 menit, kemudian bersihkan menggunakan air hangat. Serta mengulanginya lagi dengan menggunakan air dingin buat menutup pori-pori yang terbuka. Lakukan 2-3 kalia seminggu jika ingin hasil yang maksimal.

Cara 3: Selain itu kalian juga bisa mencampurkan bubuk kopi dengan 1 butir putih telur, aduk sampai semuanya tercampur merata. Bersihkan wajah kalian terlebih dahulu kemudian bilaslah kulit wajah kalian dengan memakai air hangat agar pori-pori terbuka, kemudian oleskan masker sambil kalian pijat atau digosok-gosok secara perlahan. Diamkan kurang lebih 15 menit, kemudian bersihkan dengan memakai air dingin. (Baca Juga : Membuat Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah)