7 Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Dalam Semalam Dengan Ampuh

Jerawat dalam bentuk apapun bukanlah suatu kondisi kulit wajah yang diinginkan siapa saja, terutama bagi Anda yang sangat memedulikan kesempurnaan kulit wajah. Salah satu bentuk dari jerawat adalah bruntusan, yang muncul berkelompok di kulit wajah terutama pada area dahi. Bruntusan adalah salah satu masalah pada kulit wajah yang cukup mengganggu penampilan karena menyebabkan wajah jadi tidak tampak mulus. Bruntusan berupa kemunculan bintik – bintik kemerahan kecil di area wajah biasanya terasa perih atau gatal, terutama ketika terkena keringat.

Rasa gatal yang tidak tertahan biasanya juga akan menyebabkan iritasi pada kulit karena digaruk. Pencetus bruntusan pada kulit wajah beragam, antara lain bisa berasal dari ketidak seimbangan hormon, alergi, kebersihan kulit wajah yang kurang dijaga, stress yang berlebihan, makanan berminyak, penggunaan kosmetik yang tidak cocok dan kondisi kulit yang berminyak. Bruntusan tampaknya bisa muncul kapan saja tanpa peringatan, dan memerlukan waktu yang lama untuk menghilangkannya.

Menghilangkan Bruntusan Dalam Satu Malam

Mungkin terlihat sulit untuk menghilangkan bruntusan hanya dalam waktu semalam saja, namun bukan berarti hal tersebut mustahil. Ada beberapa bahan yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bruntusan di wajah dalam waktu cepat. Beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam yang dapat Anda lakukan antara lain:

1. Pasta gigi

Pasta gigi memang fungsi utamanya untuk membersihkan gigi, namun hasil yang baik akan Anda dapatkan jika menggunakannya pada bruntusan di kulit wajah. Cara membersihkan komedo dengan pasta gigi juga dapat Anda gunakan. Pasta gigi atau odol tersedia di setiap rumah, Anda tentunya tidak perlu pergi keluar untuk mencoba mengatasi penyebab wajah bruntusan dengan odol. Bubuhkan saja odol pada bagian wajah yang terdapat bruntusan menggunakan handuk wajah yang bersih secukupnya. Biarkan semalaman atau setidaknya selama 1-2 jam lalu bersihkan keesokan paginya. Jika Anda merasa kulit gatal dan terbakar, bisa jadi itu adalah tanda bahwa kulit Anda sensitif. Segera bersihkan odol dari wajah Anda jika hal itu terjadi. 

2. Aspirin

Bahan aktif di dalam aspirin adalah salicylic acid, yaitu bahan yang sama dalam banyak produk untuk jerawat. Aspirin dapat menjadi cara menghilangkan bruntusan di wajah. Anda dapat membuat ramuan sendiri dalam waktu singkat. Hancurkan satu pil aspirin yang ditambahkan sedikit air hingga menjadi pasta. Oleskan pasta langsung pada bruntusan dengan kapas dan biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

3. Madu

Madu dikenal dengan manfaat antibakterinya dapat membantu membersihkan pori – pori kulit dan mencegah pertumbuhan mikroba penyebab jerawat. Sehingga madu dapat menjadi cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam. Bersihkan wajah Anda dan oleskan sedikit madu dengan ujung jari pada bruntusan di wajah Anda. Biarkan selama paling tidak satu jam atau semalaman dan bilas sampai bersih keesokan harinya. Ada pula cara menghilangkan bruntusan dengan minyak zaitun yang bisa Anda coba.

4. Lemon

Air perasan lemon mengandung asam sitrat dan sangat kaya akan vitamin C yang dapat mengeksfoliasi kulit. dan mengatasi penyebab muka kasar dan berbintik. Anda cukup memeras sedikit air lemon, oleskan pada bruntusan di wajah dan biarkan semalaman. Air lemon juga bisa mengeringkan wajah, sebab itu bisa sangat keras untuk kulit wajah Anda. Mencampurnya dengan madu sedikit akan membantu untuk menyeimbangkan efek samping lemon pada wajah

5. Tea Tree Oil

Cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam atau cara menghilangkan bintik di wajah tapi bukan jerawat bisa dilakukan dengan menggunakan tea tree oil. Berkat manfaat anti bakterinya yang kuat, tea tree oil sangat efektif untuk mengobati bruntusan. Tidak seperti minyak alami yang diproduksi oleh kulit wajah, tea tree oil bisa menembus ke dalam kulit melalui lapisan sebum, mengeluarkan penyumbat pori dan menghilangkan sel kulit mati. Anda harus mengencerkan tea tree oil sebelum menggunakannya dengan rasio 1 bagian minyak : 9 bagian air.

6. Baking Soda

Baking soda memiliki kandungan antiseptik ringan namun paten untuk mengobati bruntusan dengan menghilangkan jamur dan bakteri sementara menyerap kelebihan minyak di wajah, dan juga menjadi cara menghilangkan wajah kasar. Selain itu baking soda juga menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru, membuat kulit Anda menjadi lebih lembut dan menarik. Anda dapat mencampur porsi baking soda dan air yang sama hingga menjadi pasta kental dan membubuhkannya pada bruntusan di wajah. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

7. Peppermint Oil

Minyak esensial peppermint juga berguna sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam. Minyak ini akan mengurangi peradangan dan kemerahan di kulit wajah dalam waktu singkat. Anda dapat menggunakan juga manfaat daun mint untuk wajah atau minyak peppermint. Siapkan daun peppermint segar, bersihkan dan hancurkan sampai menjadi pasta. Cuci wajah Anda lalu keringkan sebelum membubuhkan pasta peppermint pada kulit. Biarkan selama 10-12 menit lalu bilas. Jika Anda menggunakan minyak peppermint, siapkan 1-2 tetes dan bubuhkan pada kulit yang bruntusan.

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam bahwa ketika berhubungan dengan kulit Anda, jangan sampai menggunakan bahan – bahannya secara berlebihan. Menggunakan bahan – bahan penghilang bruntusan secara berlebihan bukanlah solusi yang benar. Hal itu akan mengakibatkan kulit Anda mengalami reaksi negatif dan bukannya meningkatkan kesempatan untuk menghilangkan bruntusan dengan lebih cepat. Sebaiknya sebelum Anda menggunakan ramuan tersebut di wajah, lakukan dulu tes pada bagian kulit lainnya untuk memastikan bahwa Anda tidak mengalami reaksi alergi.