7 Cara Menghilangkan Bruntusan di Lengan Secara Alami

Bruntusan dapat disebabkan karena berbagai hal, umumnya disebabkan karena gigitan serangga, reaksi alergi, polusi udara, cuaca, bahan kimia dan lain sebagainya.

Selain terasa gatal dan kemerahan, bruntusan pada kulit akan mengganggu penampilan kulit.  Jika digaruk biasanya akan menyebabkan luka dan berbekas. Agar keadaan tidak semakin parah, simak cara menghilangkan bruntusan di lengan atau kulit secara alami di bawah ini.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Lengan Secara Alami

Bruntusan bisa muncul dimana saja, termasuk pada lengan. Anda bisa mencoba cara alami sebagai cara menghilangkan bruntusan di lengan seperti berikut.

1. Oatmeal

Selain digunakan sebagai sarapan,  oatmeal juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit.  Manfaat oatmeal untuk wajah sensitif dikenal efektif. Selain itu, oatmeal bisa digunakan untul membantu mengatasi masalah kulit,  salah satumya kulit bruntusan.  Dalam oatmeal terkandung antioksidan,  serta efektif untuk mengatasi iritasi.  Oatmeal memberikan efek dingin dan menjadikan kulit lebih halus dan lembut.

Caranya sangat mudah,  pertamakali anda harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti oatmeal dan air hangat. Kemudian campurkan kedua bahan-bahan ini,  diamkan selama beberapa saat hingga mekar. Tunggu lagi sebentar hingga dingin.  Setelah itu anda dapat mengaplikasikannya pada kulit yang terdapat bruntusan. Tunggu selama kurang lebih 30 menit,  lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Setelah melakukan cara ini biasanya akan mereda begitu juga dengan rasa gatal dan kemerahan pada kulit.

2. Baking Soda

Baking soda memang terkenal khasiatnya untuk mengatasi masalah pada kulit, terlebih lagi untuk kulit gatal-gatal dan berjerawat. Baking soda mengandung bahan anti radang yang memiliki peran neutralizer asam dengan alami.

Cara menghilangkan bruntusan di lengan dengan memggunakan baking soda sangat mudah. Setelah anda menyiapkan baking soda,  anda dapat mencampurkannya dengan air secukupnya saja.  Aduk-aduk hingga merata,  kemudian anda bisa mengaplikasikannya pada kulit yang terdapat bruntusan. Tunggu atau diamkan selama kurang lebih 1 jam.  Jika sudah anda bisa langsung membilasnya dengan menggunakan air dingin.

Penting diketahui, jangan gunakan baking soda pada kulit terbuka atau pada kulit yang mengalami luka.  Pasalnya baking soda akan memicu munculnya luka yang semakin parah atau menyebabkan infeksi.

3. Lemon

Manfaat lemon untuk kulit dan manfaat jeruk lemon untuk wajah memang sudah tidak bisa kita ragukan lagi. Lemon dapat membantu mengatasi gatal dan memiliki peran sebagai antiseptik, serta antiradang. Caranya yaitu dengan menyiapkan lemon secukupnya saja.  Kemudian anda bisa mengiris tipis. Aplikasikan lemon yang sudah anda iris tadi pada kulit yang terdapat bruntusan.  Tunggu beberapa saat dan anda akan merasakan efek sejuk,  serta gatal pada kulit akan menjadi berkurang.

4. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk rambut memang sangat terkenal. Namun selain itu, manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan manfaat lidah buaya untuk kulit juga dikenal bagus. Gel lidah buaya akan memberikan efek sejuk pada kulit anda. Selain itu, lidah buaya juga dapat meredakan gatal yang disebabkan karena bruntusan.  Dalam lidah buaya terkandung vitamin E yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka bakar,  serta gatal karena iritasi.

Caranya yaitu, silahkan siapkan gel lidah buaya secukupnya.  Kemudian aplikasilan gel lidah buaya tersebut pada kulit anda yang terdapat bruntusan atau di area gatal. Tunggu beberapa saat,  kemudian anda bisa membilasnya dengan menggunakan air dingin. Jika tidak ada pohon lidah buaya, anda bisa membeli gel lidah buaya di apotek.

5. Menggunakan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh mengandung bahan eugenol yang dapat membuatmu mengatasi rasa gatal, serta membuat kulit lebih tenang. Anda bisa mencampurkan minyak cengkeh dengan air secukupnya saja. Kemudian anda bisa mengaplikasikannya pada area kulit yang terdapat bruntusan.

6. Kompres Menggunakan Air Dingin

Sensasi dingin akan membuat rasa gatal menjadi reda karena dapat menenangkan sel syaraf. Jika bruntusan pada kulit terasa gatal,  sebaiknya jangan digaruk. Akan lebih baik jika anda mengompresnya dengan menggunakan air dingin hingga gatalnya reda.

7. Perawatan Rumahan

Bruntusan pada kulit bisa juga disebabkan karena penyakit kulit ayam atau keratosis pilaris. Untuk pengobatan yang tepat anda bisa berkonsultasi pada dokter.  Anda juga dapat melakukan perawatan rumahan seperti mandi dengan air hangat,  namun jangan terlalu lama karena akan menyebabkan hilangnya kelembahan alami kulit.  Anda juga harus merawat kulit dengan lembut,  hindari sabun yang bersifat keras. Anda harus menjaga agar kulit anda tetap dalam keadaan lembab.  Hindari menggunakan pakaian ketat karena dapat menggores kulit.

Untuk anda yang memiliki kulit bruntusan,  disarankan agar anda mengganti sabun mandi dengan menggunakan sabun antiseptik supaya bruntusan yang anda alami cepat sembuh. Ketika cuaca sedang panas,  anda dapat menyekanya dengan memggunakan tisu sehingga tidak akan menyebabkan gatal-gatal, maupun iritasi. Jika bruntusan yang anda alami parah atau disertai dengan masalah lainnya,  sebaiknya segera temui dokter karena bisa saja bruntusan menjadi tanda penyakit tertentu. Itulah cara menghilangkan bruntusan di lengan secara alami. Semoga bermanfaat.