8 Skincare untuk Mengatasi Wajah Kemerahan

Kulit wajah yang memerah bisa terjadi karena berbagai faktor. Bisa karena efek alergi, iritasi, atau kondisi wajah yang down town setelah mendapatkan perawatan kecantikan. Kondisi ini biasanya dibarengi oleh kondisi lain seperti kulit gatal dan mengelupas, sehingga ketika mengalami hal tersebut, disarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit (skin care) yang aman.

Jangan sampai kulit wajah menjadi semakin parah karena menggunakan produk skin care yang tidak tepat! Berikut adalah rekomendasi produk-produk skin care yang mungkin akan mengatasi masalah kemerahan pada kulit wajah.

1. Spray water

Spray water diketahui mengandung mineral tinggi yang dibutuhkan untuk kulit wajah. Mineral dalam skincare mengandung selenium yang bisa mencegah kanker kulit, tembaga yang baik untuk pembentukan elastin atau serat penyokong struktur kulit, sulfur yang berfungsi untuk memproduksi kolagen dan zat-zat lainnya yang berperan baik untuk kulit wajah.

Dengan menggunakan produk ini dalam rutinitas skin care, bisa menghidrasi kulit dan meredakan iritasi serta kemerahan di wajah. Gunakanlah sesering mungkin agar kulit lembab terus.

2. Gentle Skin Cleanser

Pada saat kulit wajah sedang kemerahan, hindarilah penggunaan pembersih wajah yang memberikan efek kulit menjadi kering. Gentle skin cleanser memiliki kandungan yang lembut dan aman untuk kulit yang sedang kemerahan. Cleanser jenis ini bisa membuat kulit wajah tidak kering dan berbusa, sehingga kulit akan terasa lebih tenang.

3. Aloe vera gel

Lidah buaya (aloe vera) telah terbukti khasiatnya dalam memberikan efek menenangkan pada kulit, terutama kulit wajah. Pada saat kulit wajah kemerahan, efek sejuk yang diberikan oleh kandungan aloe vera bisa membuat kulit merah mereda. Selain itu, aloe vera juga membantu menyembuhkan iritasi pada kulit. Gunakanlah gel yang memiliki kandung aloe vera yang tinggi agar khasiat bisa lebih maksimal.

4. Calming mask

Masker yang memiliki kandungan menenangkan pada kulit sangat direkomendasikan untuk masuk ke dalam daftar produk skin care. Calming mask akan memaksimalkan tahapan pengobatan untuk kulit wajah yang memerah. Produk ini biasanya memiliki banyak variasi kandungan yang baik untuk kulit di dalamnya. Pilihlah masker yang mengandung bahan-bahan menenangkan dan menghidrasi kulit wajah.

5. Skincare dengan kandungan ceramide

Secara alami, tubuh memproduksi ceramide yang berfungsi untuk melindungi lapisan kulit teratas agar tetap lembab. Produk skin care yang memiliki kandungan ini bisa mengembalikan kelembapan kulit, sehingga bisa mengatasi kulit wajah yang sedang mengalami kemerahan.

Bukan hanya itu, ceramide juga bisa mengembalikan lapisan lipid yang rusak karena lingkungan seperti sinar matahari, solusi ketika alergi terhadap produk kosmetik, dan eksfoliasi yang berlebihan. Diketahui bahwa produk skin care yang mengandung ceramide aman untuk kulit yang sensitif.

6. Liquorice extract

Liquorice atau Glycyrrhiza glabra merupakan tanaman akar yang memiliki rasa manis atau sering disebut akar manis. Kandungan liquorice menjadi favorit produk skincare guna mencerahkan kulit wajah. Liquorice ini merupakan tanaman yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit.

Selain itu, bisa juga digunakan untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Tanaman ini juga mengandung flavonoid dan zat inflammatory yang bisa mengobati kulit karena infeksi dan iritasi termasuk kulit wajah yang kemerahan.

7. Daun pegagan (Centella asiatica)

Daun Pegagan (Centella Asiatica) atau disebut juga Gotu Kola merupakan tumbuhan herbal yang populer digunakan sebagai obat herbal untuk stimulasi otak. Di India, daun ini digunakan untuk mengasah kemampuan memori, memfokuskan pikiran, dan meningkatkan kualitas meditasi. Bukan hanya bermanfaat bagi otak, tumbuhan herbal ini disinyalir memiliki banyak manfaat untuk kulit.

Kandungan triterpenoid dalam daun pegagan berfungsi membentuk kolagen di dalam kulit. Kolagen ini bisa membantu menyembuhkan luka dan luka bakar serta meregenerasi kulit yang rusak. Daun pegagan juga diketahui bisa memperbaiki pembuluh darah dalam kulit. Hal itu dikarenakan tumbuhan ini mampu menetrasi hingga ke dalam lapisan kulit terdalam.

Iritasi pada kulit bisa menimbulkan gatal-gatal, muncul bercak ruam, kulit jadi kemerahan dan kadang dibarengi pembengkakan. Peneliti menemukan bahwa daun pegagan bisa meregenerasi jaringan kulit yang terluka salah satunya karena iritasi.

8. Calendula

Selain aloe vera dan daun pegagan, calendula juga banyak digunakan sebagai kandungan dasar dari produk-produk skincare karena berguna untuk melembapkan kulit. Ekstrak minyak dari bunga kuning ini berfungsi untuk menyembuhkan luka, mengatasi iritasi kulit termasuk kemerahan di wajah.

Diketahui terdapat saponin, flavonoid, dan polisakarida pada kelopak bunga calendula. Kandungan tersebut efektif untuk menenangkan kulit wajah yang sedang kemerahan. Sehingga produk skincare yang mengandung calendula bisa menjadi rekomendasi untuk mengatasi kulit yang kemerahan.

Delapan bahan atau kandungan yang baik untuk produk skincare di atas adalah beberapa yang sudah terbukti bermanfaat baik dan memberikan manfaat efektif untuk penyembuhan kulit yang mengalami kemerahan. Kandungan tersebut banyak ditemui di berbagai produk skincare yang sekarang semakin maju karena sudah banyak penelitian dermatologi yang mengujinya.

Kondisi kulit kemerahan merupakan suatu kondisi yang tidak datang begitu saja, melainkan ada penyebabnya. Perlu diprerhatikan juga untuk setiap kandungan di produk skincare lainnya yang sedang gunakan. Selain itu, mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi untuk kulit dan kesehatan tubuh juga dianjurkan untuk lakukan.

Jika kondisi kemerahan di kulit wajah tidak kunjung mereda meskipun sudah menggunakan produk skincare dengan kandungan terbaik, konsultasikan masalah ini dengan Dokter Kulit agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat.