11 Cara Merawat Rambut Gimbal Sambungan

Rambut memerlukan perawatan dan nutrisi agar membuatnya tetap sehat, apalagi rambut sambungan. Rambut sambungan memiliki perawatan tersendiri agar terlihat sehat dan tidak merusak rambut asli.

Saat ini, rambut sambungan yang populer adalah rambut gimbal sambungan. Awalnya, rambut ala Bob Marley ini sangat digemari oleh para pencinta musik reggae. Namun, saat ini model rambut ini digemari oleh semua orang dan dikenal dengan sebutan dreadlocks.

Gaya rambut gimbal sambungan ini terkadang dikritik oleh beberapa orang karena terlihat kotor dan tidak terawat. Ketombe dan kutu juga tak jarang muncul pada pemilik rambut ini.

Nah, berikut ini beberapa cara merawat rambut gimbal sambungan yang disarankan agar rambutmu tetap sehat dan tidak ada ketombe atau kutu.

1. Mencuci Rambut Sambungan Gimbal dengan Benar

Mencuci rambut memang menjadi salah satu kewajiban untuk menjaga kesehatan rambut dan kebersihan kepala. Hal ini juga berlaku bagi kamu pemilik rambut gimbal sambungan.

Namun, mencuci rambut gimbal sambungan tidak boleh terlalu sering. Intensitas mencuci rambut yang disarankan adalah 1-2 kali dalam seminggu. Ini untuk mencegah rambut gimbal kamu tidak lepas dari kuncian gimbal.

Kamu juga dapat melepaskan rambut gimbal sambunganmu sesekali saat mencuci rambut. Ini agar kamu fokus terhadap kebersihan kulit kepalamu saja.

2. Menggunakan Shampoo yang Menguatkan Akar Rambut

Pemilihan shampoo bagi pemilik rambut gimbal sambungan sangat penting untuk diperhatikan. Kamu dapat memilih shampoo yang bebas residu, bebas parfum, serta bebas kondisioner atau bersimbol ‘PEG’.

Ini karena residu, parfum, atau kondisioner dapat membuat rambut gimbal sambunganmu rusak dan justru menimbulkan bau pada rambut gimbal.

Jadi, pilihlah shampoo khusus rambut gimbal, menjaga kelembapan alami rambut, dan derajat keasaman rambut, tidak mengandung minyak atau lilin (wax), serta berbahan organik atau alami.

Kamu dapat mengganti shampoo dengan cuka apel sebanyak 2 kali dalam satu bulan. Ini sangat baik untuk membersihkan kulit kepalamu dan mencegah ketombe.

3. Hindari Menggosok Rambut

Kamu harus menghindari untuk menggosok rambut sambungan gimbal, tetapi kamu dapat menggosok bagian kulit kepala secara perlahan dari sela-sela rambutmu.

Rambut sambungan gimbal sangat rentan rusak bila diperlakukan dengan sembarangan dan kasar. Untuk itu, rambut sambungan gimbal tidak boleh digosok. Lebih baik, rambut sambungan diperas untuk mengeluarkan air yang masih terdapat di dalamnya.

4. Mengeringkan Rambut Sambungan Gimbal dengan Benar

Mencuci rambut sambungan gimbal sangat disarankan saat pagi atau siang hari. Hal ini agar rambut dapat kering secara utuh dan tidak ada kelembapan yang tersisa.

Kamu dapat mengeringkan rambut dengan handuk atau dapat menggunakan alat pengering rambut. Ini karena rambut sambungan gimbal harus dipastikan benar-benar kering agar tidak bau dan tidak ada ketombe.

5. Membilas Rambut Gimbal dengan Soda kue dan Cuka

Penggunaan soda kue dan cuka juga disarankan untuk merawat rambut gimbal sambungan. Namun, penggunaannya bukan dicampur secara bersamaan, tetapi digunakan secara bertahap.

Metode ini disarankan untuk digunakan setidaknya dua kali dalam satu bulan. Ini karena soda kue dapat meningkatkan tingkat kerapuhan dari rambutmu.

Tahap pertama yang digunakan adalah campuran soda kue dan air hangat dalam satu baskom. Lalu, rendam rambutmu selama 10 menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

Tahap kedua yang digunakan adalah larutan cuka dan air sebanyak 1:3. Larutan ini disiram ke kulit kepala hingga rambut untuk menyeimbangkan PH kulit kepala dan melembutkan rambut. Setelah itu, kamu dapat mengeringkan rambutmu.

6. Nutrisi Kulit Kepala

Salah satu gangguan saat menggunakan rambut sambungan adalah kulit kepala kering dan stress. Untuk menjaga kesehatan kulit kepala, gunakan berbagai produk kesehatan kulit kepala seperti minyak kelapa, castor oil, tea tree oil, peppermint oil, atau jojoba oil.

Selain menjaga kesehatan kulit kepala, minyak tersebut juga dapat mengusir bakteri, mengurangi rasa gatal, menyeimbangkan PH kulit kepala, mencegah ketombe, serta mencegah iritasi pada kulit kepala.

7. Memijat Kulit Kepala

Kamu juga dapat memijat kulit kepalamu sesekali selama beberapa menit. Ini dapat mengurangi stress pada kulit kepala yang disebabkan oleh rambut gimbal sambunganmu. Selain itu, pijatan ini dapat memperkuat sistem peredaran darah pada kulit kepada dan memperkuat folikel rambut.

8. Memberikan Waktu Istirahat pada Rambut

Rambut gimbal sambungan bukanlah rambut asli, sehingga memiliki perawatan rambut yang ekstra. Kamu dapat melepas sambungan rambut gimbal selama 1-2 minggu. Kegiatan ini dapat kamu lakukan setiap 2 bulan sekali.

Ini sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut aslimu. Selain itu, ini juga menjaga akar dari rambutmu agar tetap kuat dan sehat.

9. Meningkatkan Kelembapan Rambut

Kamu dapat menggunakan minyak rambut alami, produk yang mengandung shea butter dan asam lemak untuk rambut gimbal sambunganmu. Berbagai minyak alami bisa kamu gunakan seperti lavender oil atau tea tree oil.

Kamu dapat mencampur dengan air, lalu memberikan ke batang hingga ujung rambut dalam bentuk semprotan. Atau kamu dapat langsung mengoleskan pada batang hingga ujung rambut. Hal ini dilakukan tepat setelah kamu mencuci rambut.

10. Menggunakan Sarung Bantal dengan Bahan Satin

Untuk menjaga rambut gimbal sambunganmu tidak kusut, maka kamu harus mengganti sarung bantalmu dengan bahan satin. Ini sangat berguna untuk menjaga rambutmu tetap rapi saat bangun tidur.

Kamu perlu mengetahui bahwa bahan katun dapat menyerap kelembapan rambutmu. Selain itu, gesekan yang terjadi pada bahan katun, dapat meningkatkan kerusakan dari rambutmu.

11. Hindari penggunaan conditioner dan lilin (wax)

Conditioner digunakan untuk meningkatkan kelembaban rambut dan menguraikan rambut yang kusut. Kedua hal ini tentunya tidak diinginkan oleh pemiliki rambut gimbal.

Kamu juga harus waspada terhadap produk yang mengandung lilin karena produk yang mengandung lilin juga dapat menguraikan rambut yang kusut dan menyebabkan penumpukan di sela rambut kamu.

Inilah beberapa cara merawat rambut gimbal sambungan yang disarankan. Semoga ini bermanfaat untuk kamu ya.