13 Perawatan Wajah Berpori Besar dan Berkomedo

Masalah yang sering dialami oleh wanita atau pria adalah wajah berpori besar dan berkomedo. Pada umumnya, dua masalah ini sering terjadi bersamaan pada wajah.

Seseorang yang memiliki pori – pori wajah yang besar, cenderung akan memiliki komedo. Ini karena pori-pori yang semakin besar akan menyumbat minyak yang keluar dan menyebabkan komedo.

Semua wajah pasti memiliki pori-pori, tetapi ukurannya berbeda sesuai dengan jenis kulit, usia, dan paparan matahari. Kamu pastinya mendambakan pori-pori yang kecil hingga hampir tak terlihat dan tanpa komedo.

Jangan kuatir, berikut ini beberapa cara perawatan wajah berpori besar dan berkomedo.

  • Membersihkan wajah secara teratur

Cara pertama yang wajib kamu lakukan adalah membersihkan wajah secara teratur saat pagi dan malam hari. Namun, pembersihan wajah paling penting adalah saat malam hari untuk membersihkan semua sisa kotoran.

Menurut seorang dokter kulit, membersihkan wajah secara berkala adalah cara yang paling tepat untuk menjaga pori-pori tetap bersih, mengecil, dan mencegah datangnya komedo.

  • Melakukan scrub wajah

Scrub wajah atau menggosok wajah juga dapat membantu untuk merawat wajah berpori besar dan berkomedo. Scrub wajah dapat mengangkat sel kulit mati dan mengganti dengan sel kulit baru yang sehat. Selain itu, ini juga dapat membersihkan komedo.

Scrub wajah dapat dilakukan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu dan menggunakan produk dengan butiran scrub yang lembut. Melakukan scrub terlalu sering atau menggunakan produk dengan butiran yang kasar dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

  • Menggunakan air hangat untuk wajah

Air hangat juga dapat merawat wajah berpori besar dan berkomedo. Seorang dokter kulit mengungkapkan bahwa air hangat adalah salah satu cara ampuh untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan semua kotoran pada wajah.

Saat kamu mencuci wajah, kamu dapat menggunakan air hangat atau kain yang telah dibasuh dengan air hangat ke wajah sebelum kamu menggunakan produk pembersih wajah. Ini dapat membantu untuk membersihkan semua kotoran pada wajah dengan efektif.

  • Menggunakan produk kecantikan yang berbasis air

Perawatan wajah berpori besar dan komedo dapat dilakukan dengan menggunakan produk skincare yang berbasis air. Produk dengan bentuk krim akan menyebabkan pori-pori semakin besar, kulit berminyak, dan memperbanyak komedo.

  • Menggunakan sunscreen secara rutin

Sunscreen bukan hanya berguna untuk menangkal sinar matahari atau mencegah kulit hitam, ini juga dapat menyamarkan pori yang besar dan menghalau sinar matahari yang dapat memperbesar pori-pori.

Yang perlu kamu ingat adalah menggunakan sunscreen yang tidak berkilau dan mengandung SPF di atas 30 dan 50. Suncreen yang berkilau justru membuat pori-pori terlihat lebih besar.

  • Menggunakan produk yang mengandung retinol

Kandungan retinol dapat membantu proses regenerasi kulit kamu dan membantu untuk mengecilkan pori-pori wajah. Kamu juga dapat mengurangi minyak dan mencegah komedo dengan produk yang mengandung retinol.

  • Selalu membersihkan make up

Untuk para wanita, hal ini sangat penting untuk merawat wajah yang berpori besar dan berkomedo. Sisa make up dapat memperbesar pori-pori, membuat pori-pori tersumbat, dan menimbulkan komedo serta jerawat.

Untuk itu, membersihkan make up sangat penting dilakukan khususnya pada malam hari atau sebelum tidur. Kamu bisa menggunakan cara apapun untuk membersihkan make up.

  • Menggunakan skincare yang mengandung AHA dan BHA

Produk skincare yang mengandung AHA dan BHA juga dapat merawat wajah berpori besar dan berkomedo. Kamu dapat menggunakan produk ini sebanyak 1 atau 2 kali dalam seminggu.

Skincare yang mengandung AHA dan BHA dapat menyingkirkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori kamu. Kalau sel kulit mati hilang, maka pori-pori juga tidak besar dan mencegah komedo.

Namun, penggunaan produk ini tidak disarankan untuk wajah yang juga sedang berjerawat. Produk ini dapat menyebabkan jerawat semakin meradang.

  • Menggunakan produk yang bebas dari minyak

Cara lain untuk merawat wajah yang berpori besar dan berkomedo adalah dengan menggunakan produk yang bebas dari minyak, termasuk minyak organik seperti minyak zaitun.

Produk yang mengandung minyak justru dapat menyumbat pori-pori dan bercampur dengan sel kulit mati. Ini akan semakin memperbesar pori-pori dan memperbanyak komedo. Untuk itu, hindari produk yang berbahan minyak!

  • Menggunakan clay mask

Kamu dapat menggunakan clay mask sebanyak 1 atau 2 kali dalam seminggu untuk merawat wajah berpori besar dan berkomedo. Ini karena clay mask bukan hanya mampu mengangkat kotoran, tetapi menyerap minyak yang menyumbat pori-pori.

Ini tentunya akan mencegah tumbuhnya komedo pada wajah kamu. Selain itu, nutrisi dari clay mask juga dapat diserap oleh kulit saat sedang digunakan.

  • Menggunakan pelembab wajah secara rutin

Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh orang yang memiliki wajah berpori besar dan berkomedo adalah tidak menggunakan pelembab wajah karena takut menambah minyak pada wajah.

Pelembab wajah justru dapat menjaga kulit wajah tetap lembab dan lembut. Hal ini akan membuat sebum dapat masuk ke dalam kulit dan tidak memperbesar pori-pori serta komedo.

  • Minum air putih secara teratur

Air putih juga ternyata memiliki manfaat untuk merawat wajah berpori besar dan berkomedo. Rutin minum air putih bermanfaat untuk pori-pori wajah serta seluruh kulit.

Air putih dapat menghilangkan racun dari pori-pori dan menjaga kulit tetap lembab dari dalam. Untuk itu, usahakan minum air putih sebanyak minimum 8 gelas dalam satu hari.

  • Menggunakan peeling kimia

Peeling kimia dapat dilakukan sebanyak 1 kali dalam 2 minggu untuk merawat wajah berpori besar dan berkomedo. Kamu dapat menggunakan peeling kimia yang sesuai dengan wajah kamu.

Peeling kimia akan sangat membantu dalam proses regenerasi kulit karena dapat mengencangkan pori-pori serta mengatasi komedo.

Demikian beberapa cara perawatan wajah berpori besar dan berkomedo. Tidak sulit dan tidak harus mahal, hanya lakukan secara rutin saja maka wajah akan semakin sehat dengan pori yang mengecil serta tanpa komedo.