11 Cara Merawat Rambut Lepek dan Rontok

Rambut lepek dan rontok adalah masalah yang paling menyebalkan bagi wanita karena dapat mengganggu penampilan. Apalagi bila anda memiliki helaian rambut yang sedikit, pastinya ini sangat mengganggu penampilan.

Pada umumnya, rambut lepek terjadi karena adanya jumlah minyak yang berlebihan pada kulit kepala sehingga minyak tersebut keluar dari kulit kepala. Ini menyebabkan rambut jadi tidak terlihat bervolume, tipis, dan berminyak.

Rambut lepek biasanya akan menimbulkan masalah lain yaitu rambut rontok. Rambut rontok juga dapat terjadi karena adanya kekurangan nutrisi pada rambut, hormon tubuh yang tidak seimbang, dan stress.

Rutinitas perawatan rambut sangat penting untuk rambut lepek dan rutin. Perawatan yang dimaksud adalah mencuci, merawat, serta menutrisi rambut.

Berikut ini beberapa cara merawat rambut lepek dan rontok yang harus anda coba.

1. Rutin keramas

Keramas adalah salah satu poin penting dalam merawat rambut lepek dan rontok, tetapi intensitasnya tidak boleh terlalu sering atau jarang. Keramas disarankan untuk dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Mencuci rambut setiap hari dapat menghilangkan kelembapan kulit kepala dan menyebabkan rontok yang semakin lebih parah.

2. Menggunakan shampoo yang sesuai

Shampoo yang digunakan untuk mencuci rambut juga harus disesuaikan dengan jenis rambutmu. Bagi anda pemilik rambut lepek dan rontok disarankan untuk menggunakan shampoo yang tidak mengandung sulfat, paraben, dan silikon.

Penggunaan shampoo herbal juga disarankan untuk digunakan saat mencuci rambut, tetapi sesuaikan dengan kondisi rambut anda.

3. Menggunakan kondisioner

Kondisioner dapat digunakan untuk menjaga kelembapan rambut serta melindungi rambut dari kerusakan akibat air hujan. Namun, cara penggunaan yang salah justru dapat menyebabkan rambut semakin lepek dan rontok.

Cara menggunakan kondisioner dimulai dari bagian tengah rambut hingga ke ujung helai rambut secara merata dan setelah keramas. Hindari menggunakan kondisioner pada bagian kulit kepala karena dapat menyebabkan rambut semakin lepek.

Untuk pemilik rambut rontok, gunakan kondisioner yang mengandung asam amino karena dapat asam amino dapat membantu untuk memperbaiki rambut yang rusak.

4. Rajin menggunakan masker rambut

Masker rambut sangat baik untuk rambut lepek dan rontok karena dapat memberikan berbagai nutrisi bagi rambut.

Masker rambut secara rutin dapat mengurangi minyak berlebihan pada kulit kepala sehingga rambut tidak menjadi lepek. Selain itu, masker rambut juga berguna untuk memperkuat akar rambut agar tidak rontok.

Masker rambut alami juga sering digunakan untuk mencegah rambut lepek dan rontok, beberapa jenis masker rambut alami yang disarankan adalah :

  • Masker dari sari bawang putih dan bawang merah;
  • Masker dari air perasan bawang dan satu sendok makan madu;
  • Masker jambu biji yang dihancurkan dan dicampur dengan satu putih telur;
  • Masker yoghurt, minyak kelapa, dan madu;
  • Masker teh hijau diseduh dengan air hangat;
  • Masker lidah buaya;
  • Masker alpukat.

5. Tidak mengikat rambut terlalu kuat

Menarik rambut terlalu kencang atau mengikatnya terlalu kuat dapat membuat rambut menjadi kaku dan akarnya menjadi lemah. Apalagi bila anda mengikat rambut saat tidur.

Jika akar rambut terlalu lemah, maka rambut anda akan lebih mudah patah dan rontok. Selain itu, mengikat rambut terlalu kuat dapat membuat rambut sulit bernapas sehingga rambut menjadi lepek.

6 Menggunakan sisir rambut yang sesuai

Sisir rambut juga sangat berpengaruh terhadap rambut. Bentuk sisir yang salah akan menyebabkan rambut semakin lepek dan rontok.

Sisir dengan gigi lebar sangat direkomendasikan untuk pemilik rambut lepek dan rontok. Sisir ini dapat mencegah kerusakan rambut dan mudah untuk melepaskan rambut.

7. Menggunakan minyak rambut dan hair tonic

Minyak rambut dan hair tonic dapat membantu anda untuk merawat rambut yang lepek dan rontok. Anda dapat memijat kulit kepala dengan menggunakan minyak rambut dan hair tonic tepat setelah mencuci rambut.

Minyak rambut dan hair tonic ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan akar rambut, dan mencegah kulit kepala untuk mengeluarkan kadar minyak yang berlebihan.

Untuk minyak rambut, anda bebas menggunakan apa saja asal sesuai untuk rambut lepek dan rontok.

Untuk hair tonic, tonik daun jambu yang dapat dibuat sendiri dari rebusan daun jambu dan air sangat direkomendasikan untuk merawat rambut rontok. Ini karena kandungan vitamin B, C dan zat besi di dalam daun jambu sangat baik untuk kekuatan dan kesehatan akar rambut.

8. Tidak menyisir atau membentuk rambut saat basah

Anda harus memastikan rambutmu benar-benar kering sebelum menyisir, membentuk, atau menggunakan hijab. Ini karena untaian rambut lebih mudah dan rapuh saat basah.

Bagi pemilik rambut rontok dan lepek disarankan untuk memakai hijab saat rambut basah, karena rambut menjadi lembab dan menjadi mudah rusak. Ini akan meningkatkan tingkat keparahan rambut rontok dan lepek anda.

9. Tidak membiarkan rambut terlalu panjang

Rambut lepek dan rontok yang terlalu panjang juga tidak begitu baik. Sebaiknya, anda memotong rambutmu menjadi lebih pendek atau kira-kira sebahu untuk mengurangi tingkat rontok dari rambutmu.

Selain itu, rambut yang lebih pendek juga dapat mencegah perkembangan infeksi jamur atau kutu di kulit kepala dan juga rambut karena terkena air hujan.

10. Menghindari produk kimia dan produk styling

Rambut lepek dan rontok sangat rentan terhadap produk kimia dan styling karena dapat merusak rambut dan mengganggu kesehatan akar rambut. Hindari menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut atau penggunaan catokan yang terlalu sering.

Dalam pewarnaan rambut, pemilik rambut lepek dan rontok dapat menghindari bleaching. Ini karena rambut akan menjadi lebih rontok dan rusak.

11. Konsumsi suplemen untuk kesehatan rambut

Cara terakhir untuk merawat rambut lepek dan rontok adalah dengan memberikan nutrisi dari dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung zat besi, protein, vitamin C, D, dan E, serta minyak ikan atau omega 3.

Makanan ini dapat mencegah dehidrasi pada rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut sehat, mengendalikan rambut rontok, dan meningkatkan nutrisi pada akar rambut.

Ini beberapa cara merawat rambut lepek dan rontok agar rambut menjadi sehat dan menjadi lebih percaya diri.