13 Cara Merawat Rambut Ombre Agar Tidak Rusak

Rambut ombre sudah menjadi tren sejak bertahun-tahun lalu. Saat ini pun, semakin banyak wanita yang menggemari dan mengubah warna rambut menjadi ombre.

Ombre adalah warna rambut yang memiliki gradasi dari gelap menjadi terang atau sebaliknya. Warna ombre ini menarik banyak wanita karena dapat membuat wajah terlihat lebih cerah dan lebih berbentuk.

Ternyata, memiliki rambut ombre juga tidak mudah. Perawatan rambut ombre harus dilakukan secara rutin agar tidak merusak rambutmu, tetapi perawatan yang dilakukan tidak harus selalu ke salon.

Simak beberapa cara merawat rambut ombre agar tidak rusak berikut ini ya. Check this out!

  • Segera keramas setelah diwarnai

Ini salah satu trik agar warna rambut ombre tidak rusak dan luntur yaitu keramas setelah rambut diwarnai. Ini memang harus dilakukan untuk membuang sisa pewarna di rambut.

Lalu, kamu bisa mencuci rambutmu kembali setelah 2-3 hari setelah pewarnaan rambut. Ini dilakukan agar rambut ombre kamu menyesuaikan terlebih dahulu dengan proses kimia yang terjadi.

  • Mencuci rambut secara teratur

Rambut ombre juga harus dicuci secara teratur, tetapi tidak terlalu sering. Ini karena mencuci rambut terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala, menyebabkan permukaan kepala kering, dan tentunya merusak rambut.

Intensitas mencuci rambut yang disarankan adalah dua hari sekali. Ini adalah langkah paling tepat untuk merawat rambut ombre kamu tetap sehat dan tidak luntur.

  • Mencuci rambut dengan air dingin

Hindari air panas atau hangat untuk mencuci rambut kamu yang ombre. Ternyata, air panas atau hangat tidak menyenangkan untuk rambut ombre.

Saat rambut terkena air panas, kutikula akan terbuka dan menyebabkan warna rambut menjadi pudar. Selain itu, folikel rambut akan menjadi lembut dan menyebabkan rambut rontok.

Karena itu, banyak pakar rambut merekomendasikan air dingin atau air yang memiliki suhu normal untuk rambut ombre agar warna tetap terjaga dan rambut tidak rusak.

  • Menggunakan shampoo dan conditioner khusus untuk rambut berwarna

Shampoo dan conditioner juga harus disesuaikan untuk rambut ombre. Kamu harus memilih shampoo dan conditioner yang khusus untuk pewarna rambut, karena kemungkinan besar formula shampoo lama kamu tidak cukup untuk merawat rambut ombre.

Shampoo dan conditioner khusus untuk rambut berwarna dengan PH asam dan bebas sulfat sangat disarankan untuk rambut ombre karena mampu menutup pigmen dari rambut ombre kamu.

  • Melakukan masker rambut secara rutin

Masker rambut dapat kamu lakukan secara rutin untuk merawat rambut ombre. Tidak harus setiap hari, kamu dapat melakukan 1 kali dalam seminggu.

Namun, masker yang kamu gunakan juga tidak boleh asal pilih. Kamu harus memilih masker rambut yang khusus untuk rambut berwarna dan tidak terlalu banyak protein, karena terlalu banyak protein dapat membuat rambutmu jadi mudah patah.

Salah satu masker rambut alami yang direkomendasikan adalah masker lidah buaya. Lidah buaya mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut ombre.

  • Menggunakan serum dan vitamin rambut

Kamu juga harus menggunakan serum dan vitamin rambut secara rutin dan lakukan setelah keramas. Langkah ini juga sangat penting karena rambut berwarna sangat membutuhkan nutrisi dan vitamin.

Vitamin dan serum rambut dapat kamu berikan saat rambut ombre masih setengah kering. Pastikan kamu melakukan ini setiap habis keramas untuk menjaga rambutmu tetap lembab dan sehat.

  • Menggunakan dry shampoo

Dry shampoo sedang populer digunakan khususnya untuk rambut lepek. Ternyata, dry shampoo juga bermanfaat untuk rambut ombre.

Kamu dapat menggunakan dry shampoo ini untuk menghindari waktu selama 2 atau 3 hari sesudah diwarnai. Dry shampoo ini dapat menyerap minyak pada rambut dan melindungi warna rambut dari sinar ultraviolet yang dapat merusak rambut ombre.

Dry shampoo yang disarankan adalah bebas dari sulfat dan terbuat dari tepung jagung, tepung beras, atau tepung tapioka.

  • Hindari penggunaan alat styling yang terlalu sering

Penggunaan alat styling seperti hair dryer. curly iron, atau catokan yang terlalu sering dapat merusak rambut ombre. Pemilik rambut ombre harus mulai mengurangi penggunaan alat styling untuk menjaga kesehatan dan warna dari rambutmu.

  • Jangan menggunakan hair spray terlalu sering

Penggunaan hair spray terlalu sering pada rambut ombre juga tidak disarankan. Kenapa? Seperti yang kamu ketahui, penggunaan hair spray terlalu sering dapat meningkatkan intensitas untuk mencuci rambut. Tentunya, ini akan membuat rambut ombre jadi kering dan rusak.

  • Menghindari sinar matahari

Sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan warna rambut bila terlalu sering terkena olehnya. Selain itu, sinar matahari juga dapat membuat rambut ombre kering dan bercabang.

Untuk itu, kamu harus memastikan untuk tidak terlalu sering terpapar sinar matahari. Karena ini, tidak baik untuk kesehatan rambut ombre kamu.

  • Rambut sering diwarnai kembali

Rambut ombre harus diwarnai kembali secara berkala untuk mencegah warna rambut kusam dan menambah pigmen baru rambut. Rambut dapat diwarnai kembali yaitu setiap 10 hari sekali. Kamu dapat mewarnai rambut di rumah atau di salon.

  • Perbanyak minum air putih

Air putih sangat baik untuk kesehatan seluruh tubuh. Tidak hanya menjaga metabolisme tubuh, tetapi juga membuat rambut ombre tetap berkilau dan sehat.

  • Menggunakan air jus lemon

Kamu bisa merawat rambut ombre dengan cara alami yaitu menggunakan air perasan dari lemon. Ini sangat bermanfaat untuk menjaga rambut ombre tetap lembab dan mencegah kerusakan rambut yang diwarnai.

Caranya sangat mudah yaitu memeras lemon sebanyak 1-3 buah atau sesuaikan dengan panjang rambut dan ditambahkan dengan 1 sendok makan madu. Kamu dapat mencampur kedua bahan ini dan mengoles ke rambutmu saat sedang keramas. Lalu, diamkan 10-15 menit dan bilas.

Ini adalah beberapa cara merawat rambut ombre agar tidak rusak. Semoga bermanfaat untuk menjaga rambut ombre kamu tetap sehat, berkilau, dan tidak pudar!