6 Gejala Alergi Cat Rambut Ini Penting Diketahui

Rambut adalah mahkota untuk wanita, sehingga menjaga keindahan dan kecantikan rambut menjadi hal penting untuk para wanita. Nah, untuk mempercantik tampilan rambut salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mewarnai rambut. Mewarnai rambut juga bisa menjadi cara jika bosan dengan tampilan rambut yang itu-itu saja. Hanya saja, perlu diketahui cat rambut yang digunakan  untuk mewarnai rambut dapat menimbulkan bahaya cat rambut. Berikut ini gejala alergi cat rambut yang harus diketahui.

Gejala Alergi Cat Rambut

Beberapa gejala akan muncul jika anda tidak cocok pada cat rambut yang digunakan seperti berikut ini.

1. Muncul Kemerahan Pada Kulit

Dalam waktu singkat, reaksi yang mungkin terjadi yaitu munculnya kemerahan pada kulit kepala. Hal ini disebabkan karena zat kimia yang terkandung dalam produk pewarna rambut tidak cocok dengan kulit anda. Sehingga dalam waktu singkat atau sekitar 1 sampai 6 jam pertama akan muncul kemerahan pada kulit kepala anda. Yang mana keadaan ini menjadi gejala alergi cat rambut yang anda gunakan.

2. Gatal-Gatal

Selain munculnya kemerahan pada kulit, kulit juga akan terasa gatal-gatal. Kondisi ini juga menjadi reaksi awal dari gejala alergi cat rambut yang anda gunakan. Jika anda merasakan penyebab kulit kepala gatal, maka sebaiknya hindari menggaruknya untuk menghindari kondisi yang semakin memburuk.

3. Bengkak

Gejala alergi cat rambut yang selanjutnya yaitu terjadi pembengkakan pada area sekitar kulit kepala atau bahkan hingga ke wajah. Kondisi  ini disebabkan karena zat kimia yang terkandung pada produk pewarna rambut sudah menyebar ke jaringan kulit, sedangkan secara  alami tubuh melawan zat kimia tersebut sehingga pada akhirnya terjadilah pembengkakan. Jika dalam beberapa jam kondisi ini tidak juga kunjung membaik, maka sebaiknya anda langsung memeriksakan diri pada dokter.

4. Mengelupas

Jika kulit kepala anda sudah mengalami reaksi mengelupas atau melepuh maka tandanya kondisi yang anda alami sudah cukup parah dan membutuhkan penanganan khusus dari dokter. Dengan kondisi  ini maka anda akan merasa bahwa kulit kepala seperti terbakar. Zat kimia yang terkandung dalam produk cat rambut bisa saja tergolong keras atau kulit kepala anda yang tidak cocok dengan zat tersebut.

5. Dermatitis

Dermatitis adalah kondisi dimana kulit mengalami peradangan  yang disertai dengan munculnya ruam dan kemerahan pada kulit. Munculnya dermatitis bisa disebabkan karena tidak cocoknya menggunakan produk tertentu, salah satunya cat rambut.

6. Demam dan Sulit Bernapas

Jika anda sudah mengalami demam dan kesulitan bernapas setelah menggunakan produk cat rambut, maka itu tandanya alergi yang anda alami sudah parah dan membutuhkan penanganan dokter. Jika keadaan ini sudah terjadi, itu bisa jadi karena zat kimia sudah menyebar ke jaringan tubuh yang lainnya sehingga akan timbul reaksi seperti ini.

Karena cat rambut dapat menimbulkan alergi, maka penting untuk mewaspadai penggunaan produk cat rambut. Jika anda ingin mewarnai rambut maka sebaiknya pilihlah produk yang aman untuk anda atau anda dapat menggunakan cara menyemir rambut dengan alami menggunakan pewarna rambut alami seperti cara mewarnai rambut dengan kopi.

Sebelum anda menggunakan produk cat rambut penting untuk melakukan tes terlebih dahulu guna mencegah terjadinya reaksi alergi. Cara tes cocok atau tidak produk cat rambut tersebut yaitu dengan mengaplikasikan produk cat rambut sedikit saja ke belakang telinga anda dan tunggu reaksinya selama 3 hari guna mengetahui apakah produk tersebut cocok atau tidak dengan anda.

Nah,  dengan demikian jika anda sudah mengalami salah satu gejala seperti yang sudah disebutkan di atas, maka penting untuk segera memeriksakan kondisi anda ke dokter. Itulah beberapa ciri atau gejala alergi cat rambut yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat.