Cara Memakai Masker Gelatin Tanpa Susu Cair untuk Wajah Berkomedo

Jika Anda selalu mengamati perkembangan skincare alami, pasti bukan hal yang baru lagi dengan penggunaan gelatin untuk merawat kulit wajah. Di mana gelatin merupakan bahan yang sering digunakan dalam pembuatan makanan, yang diambil dari kolagen hewan di area kulit, jaringan ikat dan tulang.

Untuk perawatan kulit wajah, pada umumnya gelatin ini dimanfaatkan untuk cara menghilangkan komedo secara alami . Gelatin biasanya akan dibuat masker dengan dicampurkan susu cair, lalu diaplikasikan pada area tertentu yang banyak terdapat komedo.

Manfaat masker gelatin

Masker gelatin ini bisa digunakan sebagai pengganti pore pack, bahkan lebih ampuh karena terkadang pore pack yang dijual di pasaran kurang bisa menuntaskan komedo yang membandel. Di samping itu karena sifatnya yang alami, masker gelatin juga tidak akan menimbulkan reaksi iritasi pada kulit seperti kemerahan, gatal gatal dan lain sebagainya. Sehingga juga cocok digunakan sebagai cara merawat kulit sensitif ataupun bermasalah. Hal ini disebabkan karena di dalamnya terkandung glycine yang merupakan senyawa anti inflamasi, juga kandungan kolagen yang bisa membuat kulit tetap ternutrisi.

Walaupun sebagian besar orang akan menggunakan susu sebagai campuran gelatin, sebenarnya banyak bahan alami lainnya. Jika tidak ada susu cair di rumah, bahan lain yang bisa digunakan sebagai campuran masker gelatin adalah air mineral, jus ataupun sari dari buah buahan. Cara membuatnya pun tidak jauh berbeda dengan cara membuat masker gelatin untuk kulit wajah dengan campuran susu, seperti berikut ini:

  • Siapkan bubuk gelatin dan bahan pengencer (air mineral, jus atau sari buah) dengan perbandingan 1:3, bisa dengan takaran sendok makan atau the.
  • Masukkan bubuk gelatin ke dalam wadah yang bersih, lalu tambahkan pengencer secara perlahan-lahan. Aduk sampai campuran berubah teksturnya menjadi pasta.
  • Setelah adonan masker telah bertekstur pasta, selanjutnya adonan dimasukkan ke dalam microwave kurang lebih selama 10-15 detik atau hingga adonan masker mengental.
  • Selanjutnya masker sudah siap digunakan.

Cara menggunakan masker gelatin tanpa susu

Setelah masker siap digunakan, sebenarnya masih bisa ditambahkan dengan bahan lain untuk menambahkan khasiatnya. Contohnya bisa menambahkan manfaat madu untuk perawatan wajah, buah-buahan dan lain sebagainya. Cara selanjutnya adalah sebagai berikut:

  • Oleskan masker ke area yang terdapat komedo sedikit demi sedikit hingga tebal. Fungsinya adalah agar komedo dapat diangkat dengan optimal sampai ke akar-akarnya.
  • Biarkan masker gelatin selama kurang lebih 15-20 menit saja atau sampai cukup kering.
  • Setelah itu masker gelatin bisa dicabut atau dikletek dengan hati-hati dan perlahan, jangan sekali tarik agar karena masker gelatin ini sifatnya cukup kuat.
  • Komedo yang terangkat biasanya akan menempel di kletek an masker gelatin, seperti halnya pada pore pack.

Masker gelatin tanpa susu ini sangat bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo di dagu, di hidung ataupun di bagian wajah lainnya yang bermasalah. Untuk hasil yang optimal, gunakan masker gelatin ini secara rutin sebagai perawatan mingguan berdampingan dengan scrubbing dan lainnya. Demikian informasi mengenai langkah membuat masker gelatin hingga cara memakai masker gelatin tanpa susu untuk mengatasi komedo yang membandel di kulit wajah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.