7 Cara Mengelupaskan Kulit Wajah Agar Putih Secara Alami

Pengelupasan kulit wajah adalah salah satu cara perawatan wajah dengan membersihkan sel-sel kulit mati yang menempel pada kulit. Eksfoliasi adalah cara untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Selain mengangkat sel kulit mati, manfaat eksfoliasi untuk wajah yang lainnya adalah memicu produksi kolagen. Kolagen berperan dalam regenerasi kulit dan merevitalisasi kerusakan kulit. Sehingga kulit wajah akan lebih terlihat segar, cerah dan putih.

Cara mengelupaskan kulit wajah agar putih dapat menggunakan scrub atau peeling wajah yang dijual di pasaran. Namun, untuk memilih scrub atau peeling yang cocok bukanlah perkara mudah. Bisa jadi ada kandungan yang tidak cocok dengan kondisi kulit. Bukannya membuat kulit kinclong, malah membuat kulit iritasi dan rusak. Daripada beli scrub yang belum tentu cocok, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengangkat kulit mati di wajah lho.

Berikut ini adalah cara mengelupaskan kulit wajah agar putih dengan menggunakan bahan alami:

1. Gula pasir

Gula pasir digunakan untuk eksfoliasi sebagai pengganti scrub. Gula pasir yang sifatnya alami akan lebih aman digunakan dan tidak akan menyebabkan efek samping untuk kulit. Eksfoliasi dengan gula pasir dapat dilakukan dengan mencampur gula pasir dengan bahan lain yang sifatnya cair, misalnya madu atau minyak zaitun. Pijat pelan ke seluruh wajah, lalu diamkan sekitar 10 menit sebelum dibilas.

2. Garam

Garam biasanya digunakan untuk mandi, karena dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada kulit. Karena butirannya yang halus, garam bisa digunakan di wajah sebagai scrub. Sama seperti gula, penggunaan garam sebagai scrub adalah dengan mencampurnya dengan bahan lain yang sifatnya cair.

3. Kopi

Selain aromanya yang dapat merilekskan pikiran, kopi dapat digunakan sebagai masker wajah. Manfaat masker kopi untuk kulit wajah salah satunya adalah dapat mengangkat sel kulit mati. Campurkan kopi dengan air, madu atau minyak zaitun. Aplikasikan ke seluruh wajah, diamkan sekitar 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Madu

Manfaat madu untuk perawatan wajah memang tidak ada habisnya. Beberapa manfaat madu untuk kecantikan di antaranya adalah dapat melembabkan kulit, membersihkan komedo, mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati dan lain-lain. Cara menggunakan madu untuk kecantikan dengan eksfoliasi adalah dengan mengaplikasikan madu ke seluruh wajah, diamkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Cara lain adalah mencampur madu dan gula pasir, gunakan sebagai scrub lalu diamkan 20 menit sebelum dibilas.

5. Jeruk Nipis

Manfaat buah jeruk nipis untuk wajah sangat banyak, salah satunya adalah mencerahkan wajah dengan kemampuannya mengangkat sel kulit mati. Iris-iris jeruk nipis, lalu gosok pelan pada wajah yang bersih. Diamkan sekitar 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

6. Baking soda

Selama ini baking soda terkenal dengan keampuhannya memutihkan ketiak. Ternyata baking soda juga ampuh untuk mengangkat sel kulit mati. Gunakan baking soda yang telah dicampur air pada wajah secara merata, biarkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air. Setelah pemakaian, kulit akan terlihat makin bersih, putih dan mulus.

7. Tepung terigu

Cara memutihkan kulit dengan tepung terigu adalah dengan butiran halusnya yang efektif mengangkat sel kulit mati pada kulit. Cara penggunaannya adalah dengan mencampur tepung terigu dan minyak zaitun atau madu. Aplikasikan dengan  pelan campuran pada seluruh wajah. Biarkan sekitar 10 menit, kemudian bilas wajah dengan air hangat.

Cara mengelupaskan kulit wajah agar putih sangatlah mudah dilakukan dengan bahan-bahan alami di atas. Selain mudah ditemukan, bahan-bahan tersebut dijamin tidak akan menimbulkan efek samping pada kulit wajah. Jadi jangan khawatir untuk mencoba. Semoga bermanfaat.