9 Manfaat Rendaman Air Teh Untuk Wajah Cerah dan Berseri

Siapa yang tidak suka air teh? Air teh menjadi salah satu minuman yang digemari oleh banyak orang dan sedap diminum dengan rasa tawar atau manis, dingin atau hangat. Siapa sangka, di balik itu teh memiliki banyak manfaat, termasuk rendaman air teh. Rendaman air teh atau air teh basi bermanfaat untuk kecantikan kulit.  Anda bisa memanfaatkan rendaman air teh ataupun ampas teh untuk mendapatkan kulit cantik seperti yang diinginkan atau mengatasi berbagai masalah kulit yang biasanya sering anda alami. Air teh basi mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit.

Lantas apa saja manfaat rendaman air teh untuk wajah? Nah bagi anda yang penasaran, silahkan simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui secara rinci manfaat dari rendaman air teh untuk wajah.

1. Mengatasi Jerawat

Jerawat menjadi permasalahan umum yang sering dialami oleh banyak orang. Kehadiran jerawat  tentu akan membuat penderitanya merasa tidak percaya diri. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan teh basi. Teh basi memiliki khasiat sebagai anti-inflamasi. Anti bakteri dan anti septik yang terkandung didalamnya bermanfaat untuk menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Tidak hanya itu, teh basi juga bisa mengurangi sebum yang menghambat pori-pori wajah.

Siapkan air teh basi yang sudah didiamkan selama semalaman. Anda bisa mengoleskannya pada wajah atau digunakan untuk membasuh wajah. Cara ini bisa anda lakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Menyejukan Kulit Wajah

Teh basi memiliki sifat anti inflamasi yang dapat bermanfaat untuk menyejukan kulit wajah. Memanfaatkan teh untuk menyejukan wajah sangat mudah yaitu dengan mengompreskannya pada wajah anda. Anda juga bisa menggunakan kapas yang sudah dicelupkan ke dalam air endapan teh. Lalu oleskan pada wajah anda dan rasakan khasiatnya. Wajah anda akan terasa lebih sejuk dan rileks.

3. Pembersih Wajah

Anti bakteri yang terkandung dalam teh basi bisa bermanfaat untuk membersihkan wajah. Teh basi tersebut dapat membasmi bakteri pada wajah anda, termasuk bakteri penyebab jerawat. Gunakan air teh basi untuk membasuh wajah anda karena rendaman air teh bisa menjadi pembersih wajah alami. Anda bisa membasuh wajah dengan teh saat pagi hari atau menjelang tidur. Agar khasiatnya semakin terasa anda bisa melakukan cara ini dengan rutin.

4. Bermanfaat Sebagai Tabir Surya

Sinar ultraviolet tentunya tidak baik untuk kesehatan kulit. Untuk anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, sangat dianjurkan untuk menggunakan tabir surya. Saat ini banyak tabir surya yang dijual di pasaran. Namun selain itu anda juga bisa memanfaatkan bahan alami untuk tabir surya. Bahan alami yang bisa dimanfaatkan yaitu  teh. Teh dipercaya lebih aman dan tidak akan meninggalkan efek samping apapun pada kulit wajah anda.

Teh yang bisa dimanfaatkan untuk tabir surya yaitu air teh basi. Banyak manfaat teh basi untuk wajah, termasuk melindungi kulit wajah dari sinar UV.

5. Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat rendaman air teh untuk wajah lainnya yaitu untuk menghaluskan kulit wajah. Cara menghaluskan wajah menggunakan teh yaitu dengan mencuci wajah menggunakan rendaman air teh basi atau sudah diendapkan selama semalaman. Cuci wajah anda setelah bangun tidur saat pagi hari.

6. Mengencangkan Kulit Wajah

Rendaman air teh atau teh basi juga bermanfaat untuk menjaga keelastisan kulit, sehingga kulit tidak terlihat kendur. Air rendaman teh juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Manfaatkan rendaman air teh atau air teh basi yang sudah diendapkan selama semalaman untuk mencuci wajah saat pagi sebegai cara mengencangkan kulit wajah agar kulit tetap cantik.

7. Mengatasi Ruam Kemerahan Pada Wajah

Ruam merah yang muncul pada wajah bisa diatasi dengan menggunakan teh basi. Banyak hal yang menyebabkan munculnya kemerahan pada wajah seperti bekas gigitan nyamuk atau lain sebagainya. Mengatasinya cukup mudah, siapkan kapas dan silahkan celupkan kapas tersebut pada rendaman air teh atau teh basi dan oleskan pada wajah yang terdapat kemerahan.

8. Melembabkan Kulit Wajah

Mencuci wajah dengan menggunakan teh basi dapat membantu melembabkan, melembutkan dan mengencangkan kulit wajah. Cuci wajah anda dengan rutin menggunakan rendaman air teh dipagi hari setelah bangun tidur. Setelah itu bilas sampai bersih dengan menggunakan air hangat. Dengan  begitu kulit wajah anda akan menjadi lebih lembut.

9. Mencerahkan Kulit Wajah

Dalam teh terkandung vitamin E yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Meskipun sudah basi, tapi kandungan vitamin E-nya akan tetap ada. Kandungan vitamin E tersebut dapat anda gunakan untuk mencerahkan kulit wajah dan juga membuat kulit tetap elastis sehingga akan terlihat awet muda.

Tak hanya itu, kandungan vitamin C dalam teh basi ternyata lebih banyak 508 kali dibandingkan dengan kandungan vitamin C yang terdapat pada buah lemon. Mencerahkan kulit wajah dengan menggunakan teh tidak dilakukan dengan air teh, melainkan menggunakan ampas teh yang telah didiamkan selama kurang lebih semalaman. Untuk cara pengaplikasiannya itu sendiri anda cukup menggunakannya sebagai scrub ataupun masker. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, anda bisa menerapkannya dengan rutin. Tips mencerahkan wajah ini bisa anda coba di rumah.

Itulah beberapa manfaat rendaman air teh untuk wajah. Dapatkan kulit cantik nan indah dengan menggunakan rendaman air teh. Kini anda tidak perlu melakukan perawatan yang rumit untuk mendapatkan kulit cantik, karena perawatan sederhana dengan teh bisa membantu anda mendapatkan kulit sesuai yang diinginkan. Semoga bermanfaat.