14 Penyebab Wajah Kering dan Mengelupas

Memiliki wajah putih dan fresh tentu menjadi dambaan untuk setiap wanita. Wajah yang segar akan meningkatkan kepercayaan diri si pemiliknya, terlebih lagi bagi  mereka yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk bertemu banyak orang. Penampilan yang segar dan prima menjadi suatu keharusan, karena akan menimbulkan kesan pemiliknnya memperhatikan penampilan.

Hanya saja, terkadang keadaan kulit kering menyebabkan wajah terlihat kusam dan lebih tua. Keadaan ini tentu sangat mengganggu sekali, karena selain mengganggu penampilan kulit wajah kering juga terasa tidak nyaman. Sebab, biasanya kulit wajah  kering dapat menyebabkan iritasi, gatal atau kemerahan. Nah, untuk mengatasinya maka penting mengetahui terlebih dahulu penyebab wajah kering, hal ini bertujuan agar anda bisa mengatasinya atau mencari tahu cara mengatasi kulit wajah kering dengan tepat tanpa merusak kulit. Yuk simak penyebab kulit kering pada wajah di bawah ini.

1. Mandi Terlalu Lama

Manfaat air hangat untuk wajah memang baik. Hanya saja, mandi terlalu lama ternyata dapat menyebabkan wajah kering. Paparan air yang  berlebihan, apalagi air hangat dapat menyebabkan minyak alami pada kulit terkikis.  Keadaan ini juga akan terjadi apabila anda sering mencuci wajah.  Oleh karena itu, agar wajah  tidak kering sebaiknya batasi waktu mandi anda. Akan lebih baik jika anda mandi kurang dari 10 menit.  Jika anda ingin mandi dengan air hangat, sebaiknya temperaturnya tidak lebih dari 28 derajat Celcius.

 2. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa mencuci wajah  terlalu sering dapat menyebabkan kulit wajah  kering. Mencuci wajah yang  terlalu berlebihan akan mampu mengikis minyak pada wajah,  sehingga akhirnya kulit wajah akan menjadi kering.

3. Terlalu Sering Melakukan Scrub

Alangkah lebih baik jika anda tidak  terlalu sering melakukan scrub pada wajah anda.  Jangan lebih dari 2 kali dalam seminggu melakukan scrub wajah. Pasalnya, melakukan scrub terlalu sering akan menyebabkan kulit menjadi kemerahan, mengelupas dan kering.

4. Menggunakan Pelembab yang Salah

Banyak orang yang menggunakan moisturizer untuk melembabkan wajahnya.  Namun, hal ini justru akan menyebabkan kulit mengelupas, pasalnya lotion mengandung sedikit minyak dan air. Komposisi seperti itu tidak akan mampu diserap oleh kulit. Bahkan lotion juga mudah menguap sehingga akan menyebabkan kulit kering. Oleh karena itu, anda harus memilih lotion yang tepat.

5. Kurang Minum Air

Mencukupi kebutuhan cairan tentu  bermanfaat untuk kesehatan. Dianjurkan untuk minum sebanyak 8 gelas dalam sehari agar terhindar dari keadaan dehidrasi atau kekeringan. Kurangnya minum air akan mengganggu kekenyalan kulit. Karena  seperti itu, anda harus memperhatikan pola minum dalam setiap harinya.

6. Menggunakan Sabun Pembersih Wajah  yang Salah

Mencuci atau membersihkan wajah tidak boleh sembarangan. Pilihlah sabun pembersih wajah yang cocok untuk kulit anda, sebab menggunakan  sabun yang salah atau sabun yang mengandung bahan-bahan kimia, serta detergen yang sifatya keras akan menyebabkan kulit kering.

7. AC

Udara kering yang disebabkan karena AC di kantor juga akan menyebabkan kulit kekeringan, sebab kelembaban kulit akan hilang. Perubahan suhu yang cukup drastis membuat kuit tidak memilih banyak waktu untuk melakukan penyesuaian, sehingga pada akhirnya kulit akan menjadi stres.

8. Polusi Udara

Untuk anda yang tinggal di daerah perkotaan,  tentu sering terpapar oleh polusi udara. Dimana polusi udara dapat mendorong  aktivitas radikal bebas sehingga akan menyebabkan kulit rusak.

9. Keturunan

Penyebab kulit kering yang paling mungkin yaitu karena keturunan. Tipe kulit kering biasanya merupakan bawaan sejak  lahir.

10. Sinar Matahari

Terlalu sering  terkena paparan sinar matahari langsung dapat menyebabkan kulit kering. Paparan sinar matahari dapat menghilangkan kelembaban alami kulit anda, sehingga kulit akan terlihat kusam dan kering.

11. Penggunaan Kosmetik yang Tidak Cocok

Bagi anda yang sering menggunakan kosmetik, penting untuk memilih kosmetik dengan tepat. Pilihlah kosmetik yang cocok dengan jenis kulit anda. Sebab, saat ini banyak kosmetik dengan kandungan bahan kosmetik yang berbahaya.  Penggunaan kosmetik yang tidak tepat bisa saja menjadikan kulit anda kering atau berjerawat.

12. Gaya Hidup yang Buruk

Kebiasaan buruk atau gaya hidup yang buruk dapat menjadi penyebab kulit wajah kering. Kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, stress dan sering tidur larut malam dapat mempengaruhi keadaan kulit.

13. Pengobatan

Kulit bisa saja  menjadi kering karena sedang dalam masa pengobatan. Obat kimia yang kita minum dapat mempengaruhi keadaan tubuh, bahkan bisa juga mempengaruhi keadaan kulit.

14. Hormonal

Keadaan hormon yang tidak seimbang bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit, selain kulit berminyak dan berjerawat, tingkat hormon dalam tubuh juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Beberapa hal yang bisa mempengaruhinya yaitu kehamilan, pubertas, menstruasi atau pemakaian alat kontrasepsi tertentu.

Itulah beberapa penyebab wajah kering yang umum terjadi. Dengan mengetahui penyebabnya, anda jadi bisa menentukan langkah apa yang tepat untuk cara mengatasi kulit kering pada wajah atau cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas. Semoga bermanfaat.