6 Penyebab Wajah Terasa Panas yang Umum Terjadi

Apakah anda sering merasa tidak nyaman karena wajah terasa panas atau memerah? Karena rasa tidak nyaman tersebut, mungkin akan mengganggu aktivitas anda sehari-hari.  Selain itu, wajah yang memerah bisa jadi menurunkan rasa percaya diri anda. Anda lantas bertanya-tanya mengapa wajah terasa panas? Banyak hal yang menjadi penyebab mengapa wajah terasa panas. Namun, kebanyakan orang tidak menyadari penyebabnya tersebut.

Nah, untuk anda yang sering mengeluhkan keadaan panas pada wajah, berikut ini kami uraikan apa saja penyebab wajah terasa panas agar anda bisa mengatasi keadaan ini dengan langkah yang tepat. Agar tidak banyak lagi basa-basi, yuk langsung saja simak pada pembahasan di  bawah ini.

1. Terbakar Sinar Matahari

Penyebab wajah terasa panas  yang pertama yaitu karena terbakar sinar matahari. Bagi anda yang sering beraktivitas di luar ruangan,  terlebih lagi  di bawah sinar matahari terik saat siang hari bisa jadi kulit wajah akan terasa panas seperti terbakar. Untuk itu, anda harus tahu cara mencegah kulit terbakar sinar matahari.

2. Penggunaan Kosmetik yang Salah

Selain karena terbakar matahari, wajah panas dan terasa perih bisa jadi disebabkan karena penggunaan kosmetik yang salah. Penggunaan kosmetik tertentu akan menyebabkan panas dan terasa gatal, kemudian kulit akan memerah atau bahkan muncul bintik-bintik. Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan untuk menggunakan kosmetik tertentu sebaiknya pastikan terlebih dahulu kandungan pada kosmetik dan pastikan juga jika kosmetik yang anda gunakan cocok dengan jenis kulit anda. Hindari  juga menggunakan kosmetik berlebihan karena seperti yang kita tahu bahaya penggunaan kosmetik yang berlebihan akan berakibat fatal untuk kulit. Penting juga mengetahui cara mengatasi wajah memerah karena kosmetik agar keadaan tidak semakin parah.

3. Iritasi Kulit

Jika wajah anda terasa panas dengan diiringi warna kemerahan, biasanya keadaan ini menandakan bahwa kulit anda mengalami iritasi. Biasanya penyebab iritasi yang paling sering  yaitu karena salahnya penggunaan produk perawatan kulit, dimana produk tersebut mengandung bahan iriatif.  Selain itu, bisa saja keadaan ini timbul karena anda tidak cocok menggunakan produk tertentu. Cara menghilangkan kemerahan pada wajah akibat iritasi penting diketahui agar keadaan tidak semakin parah.

4. Menggosok Kulit Pipi dengan Berlebihan

Menggosok kulit pipi untuk alasan tertentu bisa menjadi penyebab wajah  terasa panas jika anda melakukannya dengan  berlebihan.  Selain panas, wajah anda juga mungkin akan menjadi kemerahan.

5. Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal juga bisa menjadi penyebab mengapa kulit pipi terasa panas. Perubahan hormonal biasanya terjadi menjelang menstruasi atau saat anda menggunakan alat kontrasepsi tertentu.

6. Infeksi

Infeksi yang menyebabkan kulit wajah  terasa panas bisa disebabkan karena herpes zoster dan penyakit yang lainnya.

Itulah beberapa penyebab wajah terasa panas. Jika keadaan ini sering dialami berulang, maka sebaiknya konsultasikan keadaan ini pada dokter  spesialis kulit. Hanya saja, jika kondisi yang anda alami ringan, keadaan akan menjadi lebih membaik jika anda melakukan cara perawatan wajah sehari-hari yang baik dan tepat. Berikut ini tips yang bisa anda lakukan.

  • Sebaiknya anda rajin mencuci wajah sebanyak 2 kali  sehari dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang ringan dan cocok untuk jenis kulit anda.
  • Saat wajah anda terasa panas dan memerah, sebaiknnya kompres wajah anda dengan menggunakan handuk bersih yang  sudah dibasahi dengan menggunakan air dingin.
  • Hindari stress berlebihan.
  • Sebaiknya batasi terlebih dahulu aktivitas di luar rungan agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Jika anda pergi ke luar ruangan, sebaiknya menggunakan tabir surya.
  • Jaga asupan makanan. Sebisa mungkin perbanyak minum, konsumsi buah dan sayuran.

Itulah beberapa penjelasan penyebab wajah terasa panas dan cara meringankannya. Semoga bermanfaat.