8 Efek Samping Baking Soda Untuk Wajah yang Berbahaya

Banyak orang yang memanfaatkan baking soda untuk perawatan kulit wajahnya. Baking soda dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Selain itu, perawatan dengan baking soda termasuk perawatan yang murah meriah, sehingga tidak heran jika perawatan ini banyak diminati.

Namun, sebelum anda melakukan perawatan dengan baking soda, anda harus tahu terlebih dahulu efek samping yang ditimbulkan pada kulit wajah. Bahkan efek samping baking soda itu sendiri bisa saja serius dan dapat merusak kulit. Nah, berikut ini kami hadirkan beberapa bahaya baking soda untuk wajah.

1. Merusak Lapisan Kulit

Baking soda memiliki sifat  sebagai exfoliation agent untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati. Dimana sifat yang dimiliki inilah yang dapat membuat kulit lebih putih dan cerah. Hanya saja, apabila baking soda dipakai dengan berlebihan maka akibatnya lapisan kulit ari akan rusak. Padahal lapisan kulit ari ini bermanfaat untuk kulit yakni sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari langsung. Selain itu, kulit ari juga berfungsi untuk menangkal debu atau kotoran supaya tidak masuk ke bagian dalam kulit.

2. Membuat Kulit  Kering

Baking soda memang bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak. Namun jika perawatan menggunakan baking soda dilakukan terlalu sering akan menjadikan penyebab kulit kering. Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan baking soda untuk perawatan kulit wajah. Penting untuk menggunakan baking soda sesuai aturan.

3. Menyebabkan Iritasi

Perawatan wajah dengan menggunakan baking soda bisa jadi menimbulkan iritasi.  Kulit akan menjadi kemerahan, perih dan menjadi bengkak. Jika anda akan melakukan perawatan dalam waktu yang panjang, maka diperlukan aturan yang sesuai. Bahkan dalam kasus yang lebih parah kulit akan terbakar dan menimbulkan luka.

4. Meningkatkan Perkembangbiakan Bakteri

Kulit sangat sensitif jika terkena bahan-bahan kimia, termasuk baking soda. Apabila anda mengalami  masalah kulit, seperti misalkan bekas jerawat, noda hitam atau lain sebagainya, maka sebaiknya hindari baking soda. Sebab jika keadaan kulit anda seperti itu maka bahan ini akan menyebabkan masalah pada kulit. Bahkan yang paling parahnya akan menyebabkan perkembangan bakteri. Sehingga tidak akan mempercepat proses penyembuhan, karena yang ada justru akan memperparah keadaan.

5. Terdapat Kandungan yang Tidak Aman

Banyak orang yang beranggapan bahwa baking soda termasuk bahan alami sehingga aman digunakan untuk kulit. Hanya saja, sebenarnya bahan yang terkandung pada baking soda kurang baik untuk kulit karena kandungan yang terdapat di dalamnya bisa jadi menyebabkan kulit menjadi kering.

6. Mengganggu Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang indah dan putih memang menjadi dambaan setiap wanita. Banyak orang yang menggunakan baking soda sebagai cara memutihkan wajah. Hanya saja, untuk mengurangi resiko masalah kulit yang ditimbulkan karena baking soda, sebaiknya hindari memutihkan kulit dengan menggunakan baking soda sebab akan membuat kulit rusak dan menyebabkan perkembangbiakan bakteri.

7. Menyebabkan Luka Bakar

Baking soda mengandung acidic yang dapat menyebabkan luka bakar untuk kulit. Bahkan bahaya yang terdapat pada minuman bersoda hampir menyamai kandungan yang terdapat dalam soda kue.  Minuman yang mengandung soda dapat menghancurkan alumunium foil. Anda bisa membayangkan sendiri jika kandungan tersebut di aplikasikan pada wajah, maka hal ini dapat menyebabkan iritasi dan luka bakar.

8. Menjadikan Wajah Kusam

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa baking soda dapat menyebabkan kulit kering. Penggunaan baking soda yang terus menerus dapat membuat kulit kering, sehingga pada akhirnya akan menjadi penyebab wajah kusam. Apabila wajah sudah kering, maka penting mengatasi cara mengatasi kulit wajah kering dengan tepat.

Demikian beberapa efek samping baking soda untuk kulit. Setelah mengetahuinya diharapkan anda berpikir dua kali sebelum melakukan perawatan kulit dengan baking soda.