7 Bahaya Baking Soda untuk Wajah Paling Mengerikan

Bagi kaum wanita yang senang memasak, pasti tidak asing dengan baking soda atau soda kue. Baking soda biasanya digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat roti. Gunanya, untuk mengembangkan roti sehingga tampilan dan teksturnya lebih baik. Bahkan, dapat digunakan sebagai solusi mengatasi ketombe. Namun, kebanyakan orang menyalahgunakannya sebagai skin routine untuk merawat wajah. Padahal produk ini mengandung zat kimia seperti alkaline yang bersifat korosif. Maka, muncul pertanyaan-pertanyaan: Apakah baking soda aman diaplikasikan pada wajah? Apakah benar-benar bisa dimanfaatkan sebagai media perawatan kulit? Jawabannya tentu saja tidak.

Ada perbedaan pendapat dalam penggunaan baking soda untuk merawat wajah. Ada beberapa orang yang pro dan ada juga yang kontra. Beberapa orang yakin bahwa baking soda ini bisa jadi solusi yang tepat untuk menghilangkan jerawat, flek hitam, dan noda. Memang, baking soda ini mampu mengangkat sel kulit mati dan membuat wajah tampak putih. Namun, hal ini ternyata membahayakan. Beberapa bahaya baking soda untuk wajah adalah:

1. Kandungan Baking Soda Tidak Aman

Banyak yang menyebut baking soda sebagai bahan alami, aman untuk diaplikasikan ke wajah. Namun, realitanya tidak begitu. Baking soda mengandung beberapa zat yang ternyata berbahaya bagi kulit. Di dalam baking soda ada zat alkaline yang dapat merusak wajah. Zat ini bersifat korosif dan termasuk kategori basa, cenderung merusak kulit wajah kita yang punya sifat sensitif. Selain itu, baking soda mengandung zat berbahaya yang lain seperti zat acidic yang bisa membuat wajah memerah dan terbakar.i ba

Baking soda termasuk bahan yang bersifat keras dan kuat. Biasanya digunakan sebagahan pembersih. Jika Anda meletakkan aluminium foil ke dalam baking soda, maka aluminium foil itu akan rusak. Jika aluminium foil saja yang kuat bisa rusak, apalagi kulit wajah Anda.

2. Merusak Lapisan Kulit Terluar (Epidermis)

Kita mengenal lapisan luar (epidermis) yang punya fungsi sebagai pelindung kulit wajah. Lapisan ini bisa melindungi wajah dari sinar matahari, debu, dan kotoran lainnya. Namun, penggunaan baking soda bisa merusak lapisan ini sehingga tidak ada lagi pelindung bagi wajah. Akibatnya, wajah pun rentan bakteri dan mudah terkena jerawat. Lapisan kulit wajah pun menipis. Bahkan, baking soda bisa membuat kulit wajah terkelupas. Pengelupasan ini terjadi karena zat alkaline. Hal ini memungkinkan jerawat tumbuh pada lapisan kulit wajah pada bagian dalam.

3. Menimbulkan Luka Bakar

Pengaplikasian baking soda ternyata bisa membuat wajah menjadi iritasi, merah, dan bengkak. Tentu saja ini menimbulkan efek perih. Kandungan dari baking soda ini cukup abrasif sehingga tidak cocok untuk diaplikasikan pada kulti wajah. Hal ini bisa menimbulkan rasa nyeri. Bahkan, membuat kulit wajah terbakar. Luka bakar ini bisa disebabkan karena kandungan berbahaya yang berupa zat arcidic. 

4. Membuat Kulit Wajah Kering

Baking soda memang terkenal dalam mengatasi problem kulit berminyak. Kandungan alkaline pada baking soda mampu menurunkan tingkat produksi minyak pada kulit wajah. Hal ini bisa membuat kulit wajah menjadi sangat kering dan tidak terjaga kelembapannya. Tentu saja wajah jadi mudah terkena jerawat. Namun, jerawat itu bisa diatasi salah satunta dengan khasiat masker kefir bengkoang .

Kulit yang sangat kering ini bisa membuat wajah menjadi kusam, tidak bersinar, dan mudah keriput. Artinya, baking soda bisa menyebabkan penuaan dini. Bahkan, pada pemakaian baking soda yang berlebihan bisa membuat kulit wajah dehidrasi. Agar membaik, Anda perlu memakan makanan yang bernutrisi. Tetapi, hal ini akan memakan waktu yang cukup lama.

5. Memicu Perkembangan Bakteri

Baking soda ternyata bisa memicu perkembangan bakteri. Justru ketika kulit wajah Anda berjerawat, banyak noda, dan flek, baking soda jadi salah satu hal yang patut Anda hindari. Kenapa? Karena bahan masakan ini justru bisa merusak kulit Anda. Peningkatan dari perkembangan bakteri ini justru membuat luka pada wajah sulit disembuhkan. 

6. Kulit Wajah Tidak Sehat

Beberapa orang memang telah membuktikan kemampuan dari baking soda untuk membuat sel kulit mati terangkat. Namun, hal inis sangat beresiko. Kulit wajah Anda bisa jadi tidak sehat karena banyak bakteri yang masuk ke kulit wajah. Lapisan luar yang rusak itu mempermudah terjadinya hal ini. Kulit yang kusam ini bisa dirawat menggunakan madu.

7. Menimbulkan Luka Permanen

Baking soda bisa menyebabkan wajah memiliki bercak-bercak hitam. Bekas jerawat yang ada pada kulit wajah Anda bila diberi baking soda malah bertambah parah. Dampaknya, bekas jerawat jadi lebih sulit hilang bahkan bisa jadi permanen. Tapi, ada juga alternatif lain, misalnya menggunakan madu. Selain mengatasi jerawat, madu juga bisa mengecilkan pori-pori Anda.

Banyak orang menggunakan baking soda sebagai cara instan mendapatkan kulit putih dan bebas jerawat. Namun, itu punya efek samping yang membahayakan. Dalam menentukan perawatan kulit wajah, ada baiknya mengunjungi dokter kulit. Berkonsultasilah mengenai bahan yang aman untuk digunakan pada kulit wajah. Dengan begitu, Anda bisa menghindari berbagai jenis bahaya yang bisa merusak wajah Anda.