Sponsors Link

17 Tips Menghilangkan Bibir Hitam dan Kering

Sponsors Link

Setiap wanita pasti ingin dipuji karena memiliki bibir yang berwarna merah dan lembut. Bibir yang cantik membuat senyum Anda juga semakin cantik. Ketika warna bibir menjadi hitam atau gelap, hal itu akan menghilangkan atau mengurangi keindahan senyum seorang wanita. Bibir berwarna gelap menjadi masalah yang cukup menyita perhatian bagi seorang wanita, karena itu akan mempengaruhi usahanya untuk tampil cantik. Kulit bibir memang lebih tipis dibandingkan kulit di bagian tubuh yang lain. Di bawah jaringan pokok, warna bibir sebenarnya cenderung merah alami. Jumlah melanin di kulit bibir pun sangat sedikit jika dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh lainnya.

ads

Penyebab bibir menjadi hitam pun bergantung kepada banyak faktor. Misalnya selain faktor genetika yang membuat seseorang memiliki bibir hitam secara alami, jika bibir terekspos sinar matahari, banyak minum kopi dan teh, merokok, dan kelalaian merawat bibir, dan alergi bisa menjadi penyebabnya. Jika Anda terbiasa menggunakan produk perawatan kimia untuk bibir, sebaiknya perhatikan dulu kebiasaan Anda sehari – hari yang mungkin saja bisa mempengaruhi perubahan warna di bibir Anda. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan sebelum memilih perawatan bibir yang mahal dan belum teruji keamanannya:

Mencegah Bibir Menjadi Gelap

Untuk wanita yang memiliki bibir berwarna merah alami atau setidaknya bukan bibir hitam, Anda bisa merawatnya sebelum bibir juga berubah warna menjadi menghitam dan membuat Anda tidak percaya diri. Bila Anda juga telah memiliki bibir hitam, beberapa cara berikut ini mungkin bisa membantu menghilangkan bibir hitam tersebut:

1. Lembabkan bibir Anda

Bibir yang rusak dan kering dapat menjadi berwarna gelap. Cara yang biasa digunakan untuk melembabkan bibir yaitu dengan menggunakan lip balm berkualitas baik. Pilih kosmetik untuk bibir yang mengandung bahan yang melembabkan seperti shea butter, cocoa butter, atau minyak almond. Manfaat ketiga bahan tersebut adalah:

  • Shea Butter telah digunakan sejak zaman dulu dan mengandung anti oksidan serta manfaatnya untuk melembabkan.
  • Cocoa Butter sering digunakan untuk warna kulit yang tidak merata.
  • Minyak almond dianggap sebagai salah satu minyak terbaik untuk memperbaiki kesehatan dan penampilan kulit. Ada pula manfaat almond untuk rambut yang berguna untuk mengatasi berbagai masalah rambut.

2. Gunakan Tabir Surya

Seperti Anda melindungi bagian tubuh yang lain dari sinar matahari, maka bibir pun harus mendapat perlakuan yang sama. Lindungi bibir dengan menggunakan pelembab bibir yang mengandung SPF 20 atau lebih besar lagi. Bibir memang tidak akan menghitam seperti kulit tubuh namun akan terbakar dan menjadi kering, sehingga tampak hitam.

3. Berhenti Merokok

Tentu Anda pernah memperhatikan para perokok memiliki bibir yang menghitam, jika tidak ingin dikatakan berwarna gelap. Kandungan nikotin dalam rokok sangat mungkin menyebabkan bibir menjadi hitam. Begitu pula dengan kandungan tembakau dan tar di dalamnya. Selain itu, panas dari api dan asap rokok akan membuat kulit memproduksi lebih banyak melanin, karena melanin berfungsi sebagai pelindung kulit dari matahari. Akibatnya bibir akan menjadi hitam.

Perawatan Bibir

Untuk menghilangkan bibir hitam, Anda bisa melakukan perawatan bibir sehari – hari yang simpel dan praktis:

1. Pijat Bibir

Memijat bibir dapat melancarkan peredaran darah di kulit bibir dan membuatnya berwarna lebih cerah. Anda bisa memijat bibir setiap malam sebelum tidur menggunakan minyak almond untuk perawatan mendalam. Selain itu Anda juga bisa memijat bibir menggunakan es batu agar tampak lebih penuh dan berwarna pink. Ada pula manfaat es batu untuk alis dan cara menghilangkan kantung mata dengan es batu.

2. Lakukan Pengelupasan Bibir

Singkirkan sel kulit mati di kulit bibir dengan ramuan scrub sederhana. Ramuan ini menggunakan gula untuk mengelupas sel kulit mati tersebut. Cara menggunakan gula untuk mengelupas kulit bibir adalah:

  • Campur satu sendok gula putih atau coklat dengan madu atau minyak zaitun secukupnya sampai membentuk pasta.
  • Usapkan campuran ini dengan kuat ke bibir Anda.
  • Bersihkan dengan waslap basah setelah satu menit.
  • Beri lip balm yang melembutkan kulit bibir.
  • Ulangi dua kali seminggu. Jika Anda mengalami iritasi, kurangi jadi sekali seminggu atau gosok lebih pelan.

Gula dapat menjadi cara memutihkan wajah secara alami dan cara menghilangkan belang di wajah serta cara mengatasi kulit wajah kering.

Sponsors Link

3. Gunakan Lip Scrub Delima

Buah delima bisa membuat warna bibir Anda menjadi lebih merah. Cara membuat scrub delima yaitu:

  • Hancurkan satu sendok makan biji buah delima dan campur dengan susu sampai bertekstur seperti pasta.
  • Gosokkan pada bibir.
  • Biarkan beberapa menit lalu cuci bersih.
  • Ulangi kapan saja Anda menginginkannya, hentikan jika mengalami iritasi.

Bahan Alami

Selain perawatan sehari – hari dan kebiasaan merawat bibir yang benar, Anda juga dapat menghilangkan bibir hitam dengan menggunakan bahan alami:

1. Lemon

Lemon telah menjadi salah satu bahan yang efektif dalam dunia kecantikan. Air perasan lemon telah dikenal dengan manfaat lemon untuk kulit dan manfaat lemon untuk wajah. Gosokkan beberapa tetes sari lemon ke bibir Anda sebelum tidur malam. Pastikan lemon yang digunakan masih segar. Cuci keesokan paginya dengan air hangat. Jaga bibir  Anda agar tidak kering dengan menggunakan manfaat mentega untuk bibir yang bisa membuat bibir menjadi lembab.

2. Kentang

Manfaat kentang untuk kulit adalah sebagai cara alami menghilangkan flek hitam. Kentang mengandung enzim alami yang banyak dikenal sebagai bahan untuk merawat kulit yang menggelap. Gosokkan seiris kentang ke bibir Anda sebelum tidur malam, jangan dibilas. Bilas keesokan harinya lebih baik menggunakan air hangat saja. Pemakaian yang teratur akan membuat bibir Anda kembali merah alami.

3. Bit Merah

Bit merah dapat memberikan sentuhan warna merah pada bibir. Gunakan beberapa tetes bit merah ke bibir Anda. Tidak perlu dibilas lagi dan bisa diulangi setiap hari sampai warna bibir cerah kembali. jus yang dihasilkan oleh bit merah juga akan menghilangkan warna gelap dari bibir secara alami dan juga memberi warna pada kulit. Selain itu juga membersihkan kulit bibir dan membuatnya lembut, dengan demikian bit merah dapat berkhasiat menjadi cara mencerahkan bibir hitam dan cara memerahkan bibir.

4. Delima

Ketika memilih lipstik, Anda harus memperhatikan cara memilih lipstik sesuai warna bibir dan cara memakai lipstik untuk bibir hitam. Tips menghilangkan bibir hitam dan kering yaitu, gunakan lipstik berbahan alami untuk bibir Anda. Delima akan menjadi cara alami memerahkan bibir hitam. Hancurkan satu sendok makan biji pomegranate dan campurkan dengan bit dan air perasan wortel.

  • Oleskan ke bibir Anda.
  • Biarkan meresap di bibir sebagai pewarna alami.
  • Ulangi setiap hari.
ads

5. Minyak Kelapa

Gunakan minyak kelapa sebagai lip balm ketika siang hari. Oleskan dengan jari tangan Anda. Bisa juga digunakan sebelum tidur malam. Minyak kelapa bisa menjadi cara menghilangkan bibir hitam dan gelap, serta mengandung asam lemak esensial yang menjaga bibir tetap sehat dan terhidrasi. Bibir yang baru akan berwarna merah dan pink alami. Ada pula manfaat ekstra virgin olive oil untuk kecantikan yang bisa Anda coba untuk alternatif perawatan kulit lainnya.

6. Cuka Apel

Cuka apel mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA). Fungsi AHA untuk kulit dan manfaat AHA untuk bibir adalah sebagai zat pemutih dan akan menghilangkan maslah pigmentasi pada bibir, sehingga bisa menghilangkan bibir hitam dan kering. Cara menggunakannya yaitu dengan mencairkan cuka apel dengan air. Gosokkan ke bibir menggunakan kapas. Cuci bersih dengan air hangat setelah sepuluh menit. Lakukan perawatan ini sekali sehari, akan tetapi jangan menggunakan cuka apel semalaman karena penggunaan yang lama mungkin saja bisa merusak kulit bibir, membuatnya semakin kering.

7. Air Mawar

Anda bisa menggunakan tips menghilangkan bibir hitam dengan air mawar yang dicampur dengan manfaat madu untuk bibir. Gosokkan campuran ini ke bibir dengan rutin setiap hari agar hasilnya segera terlihat. Alternatif lain untuk memerahkan bibir yaitu, rendam kelopak mawar dalam susu secukupnya, tambahkan beberapa tetes madu. Pakailah ke bibir sebelum tidur malam untuk mendapatkan bibir yang lembut dengan cepat.

8. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan berasal dari kandungan Aloesin yang dapat menghambat proses pigmentasi di kulit yang menyebabkan bibir menghitam sehingga dapat menjadi tips menghilangkan bibir hitam dan kering. Lidah buaya juga merevitalisasi kulit dan menutrisi kulit bibir. Anda dapat menggunakan lidah buaya sekali sehari. Oleskan tipis lidah buaya ke bibir, cuci dengan ai hangat setelah mengering.

9. Mentimun

Manfaat mentimun untuk wajah akan menjadi solusi bagi bibir yang hitam. Pemakaian harian jus mentimun akan meremajakan bibir Anda dan juga menjadi tips menghilangkan bibir hitam dan kering. Selain itu juga akan menenangkan kulit dan menutrisi kulit bibir. Cara menggunakannya yaitu:

  • Hancurkan setengah mentimun untuk mendapatkan airnya. Simpan air mentimun di kulkas.
  • Celupkan kapas di air mentimun dingin dan gunakan pada bibir.
  • Biarkan selama dua puluh sampai tiga puluh menit dan cuci bersih.
  • Lakukan perawatan ini setiap hari dan hasilnya akan terlihat setelah lima belas sampai dua puluh hari.

10. Baking Soda

Warna kulit yang gelap bisa terjadi dari akumulasi beberapa sel kulit mati yang menumpuk di bibir. Baking soda dapat menghilangkan dan mengelupas sel kulit mati ini agar menampilkan kulit bibir yang sehat dan berwarna pink. Cara menggunakan baking soda sebagai tips mennghilangkan bibir hitam dan kering yaitu:

  • Siapkan satu sendok teh baking soda, air dan minyak zaitun atau lip balm yang biasa Anda pakai.
  • Campur air dan baking soda sampai mengental dan rata.
  • Oleskan ke bibir dan lakukan gerakan melingkar dengan jari Anda.
  • Cuci bersih, keringkan dengan ditepuk dan oleskan lip balm atau minyak zaitun.

11. Kunyit

Salah satu tips menghilangkan bibir hitam yaitu dengan menggunakan kunyit. Cara membuat campuran kunyit untuk bibir yang hitam adalah:

  • Campur susu dengan bubuk kunyit secukupnya sampai menjadi pasta tebal
  • Basahi bibir dan gosok bibir dengan sikat gigi yang lembut.
  • Oleskan sedikit pasta kunyit dan biarkan selama dua sampai tiga menit, tidak lebih.
  • Gosok bibir Anda lagi dengan sikat gigi lalu bersihkan.
  • Keringkan bibir dan gunakan lip balm yang biasa Anda pakai.

Terkadang, bibir hitam didapatkan secara genetik dan pada orang yang berkulit gelap. Dalam keadaan ini, mungkin akan sedikit sulit untuk membuat warna bibir menjadi merah alami. Yang bisa Anda lakukan jika memiliki bibir hitam secara genetis adalah dengan menghindari kebiasaan yang bisa membuatnya semakin hitam. Selain itu, tips untuk menghilangkan bibir hitam dan kering yaitu jangan hanya melakukan perawatan rutin serta sehari – hari saja, tetapi Anda juga harus menjaga asupan makanan serta kondisi kesehatan tubuh yang juga dapat mempengaruhi kondisi bibir. Sebab kondisi tubuh dari dalam juga akan mempengaruhi penampilan bibir kita.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 20th, December 2016 / 13:26 Oleh :
Kategori : Bibir