Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Garam Paling Ampuh

Sponsored Links

Kalau Anda sedang bercermin dan melihat bintik-bintik di wajah tetapi bukan jerawat, maka itu berarti ada komedo di wajah Anda. Komedo biasanya muncul di beberapa titik di wajah, seperti di daerah  hidung, pipi, maupun dahi. Komedo ini memang merupakan sejenis jerawat ringan yang muncul akibat produksi minyak yang berlebihan yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit wajah sehingga menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Selain itu munculnya komedo juga disebabkan oleh sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah bila kita tidak melakukan pengelupasan kulit wajah secara teratur.

Ada 2 jenis komedo, yaitu :

  1. Blackheads – Merupakan jenis komedo yang paling banyak dialami oleh kebanyakan orang. Jenis komedo ini tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Hal ini terjadi saat pori-pri membesar lalu terbuka ke permukaan kulit lalu teroksidasi oleh udara dan berubah warna menjadi hitam.
  2. Whiteheads – Merupakan jenis komedo yang muncul ketika minyak dan bakteri terperangkap di bawah permukaan kulit dan mengeras. Jenis komedo ini berbeda dengan blackheads yang berwarna hitam, tetapi jenis komedo ini tampak seperti bintik-bintikberwarna putih atau kuning.

Munculnya komedo ini disebabkan oleh faktor perubahan hormon, pemakaian kosmetik yang salah atau berlebihan, mengkonsumsi minuman beralkohol dan kopi, faktor genetik dan kurangnya merawat kebersihan wajah. Komedo ini akan menumpuk semakin banyak jika tidak rutin dihilangkan. Ada berbagai cara menghilangkan komedo baik secara medis maupun secara alami. Bila Anda ingin membersihkan komedo dengan cara alami, salah satunya adalah dengan menggunakan garam.

Garam yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur ini untuk menambah rasa asin pada masakan. Tetapi manfaat air garam untuk wajah adalah dapat digunakan juga untuk perawatan kecantikan wajah. Sedangkan butiran garamnya dapat digunakan sebagai scrub alami untuk membersihkan kotoran, sel kulit mati hingga komedo di wajah. Salah satu cara menghilangkan komedo membandel, Anda dapat menggunakan garam saja atau dicampurkan dengan bahan alami lainnya.

Berikut ini adalah cara-cara menghilangkan komedo dengan garam :

1. Menggunakan garam dapur

Salah satu manfaat garam untuk kulit adalah untuk menghilangkan komedo. Cara menggunakan garam dapur untuk membersihkan komedo adalah :

  • Ambil 2 sendok makan garam kasar lalu ditumbuk halus.
  • Taruh garam dalam wadah
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dan keringkan dengan handuk.
  • Oleskan garam ke bagian yang banyak komedonya, contohnya di sebelah kanan dan kiri hidung dan gosok secara perlahan seperti scrub wajah.
  • Saat menggosokkan wajah dengan garam, mungkin wajah Anda akan akan sedikit memerah, tapi hal ini tidak berbahaya karena kulit akan kembali normal.
  • Lalu bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.
  • Lakukan hal ini rutin hingga komedo menghilang.

sponsored links

2. Menggunakan campuran garam dan gula

Campuran garam dengan gula bisa Anda gunakan juga untuk membersihkan komedo, caranya ;

  • Campurkan satu sendok makan garam dengan satu sendok makan gula ke dalam wadah atau mangkuk.
  • Gosokkan campuran ini ke bagian wajah yang terdapat komedo secara lembut dengan gerakan melingkar selama 10-15 menit.
  • Setelah itu bersihkan wajah dengan kain/kapas basah lalu keringkan.

2. Menggunakan campuran garam dan madu

Madu dikenal memiliki banyak khasiat untuk perawatan kecantikan kulit dan tubuh, seperti manfaat madu untuk bibir, manfaat madu untuk rambut, manfaat madu untuk rambut bayi. Untuk membuat kulit menjadi lebih sehat dan terlihat cerah, Anda juga bisa mendapatkan manfaat madu untuk masker wajah. Maka untuk membersihkan komedo, Anda bisa mencampur garam dengan madu juga. Caranya :

  • Campurkan satu sendok makan garam dengan satu sendok makan madu ke dalam wadah.
  • Oleskan ke bagian wajah yang terdapat komedo atau ke seluruh wajah, karena campuran garam dan madu ini tidak hanya membersihkan komedo tapi juga membersihkan kulit mati dan mencerahkan wajah.
  • Lalu bilas dengan air bersih.
  • Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Menggunakan campuran garam dan air perasan lemon

Untuk mendapatkan sensasi yang berbeda saat menggunakan garam untuk membersihkan komedo, Anda dapat menggunakan air perasan lemon untuk memijat area wajah yang diinginkan. Sebab manfaat jeruk lemon untuk wajah yang berjerawat, berminyak dan kusam. Selain itu tidak hanya bermanfaat untuk kulit wajah saja, ada juga manfaat lemon untuk rambut dan kulit kepala. Cara menggunakan campuran garam dan air perasan lemon untuk menghilangkan komedo adalah :

  • Oleskan air perasan lemon ke area wajah yang ingin dibersihkan.
  • Gunakan butiran garam yang basah yang dicampur dengan sedikit ir sebagai scrub wajah untuk menggosok bagian wajah yang berkomedo.
  • Lakukan gerakan melingkar selama 10-15 menit.
  • Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat secara menyeluruh.
  • Lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Menggunakan campuran garam dan air mawar

Cara lain yang dapat Anda coba untuk menghilangkan komedo adalah dengan mencampur garam dengan air mawar. Sehingga penggunaan garam sebagai scrub untuk menghilangkan komedo, dengan ditambah air mawar akan membuat kulit Anda terlihat lebih cerah. Caranya :

  • Masukkan satu sendok makan garam ke dalam wadah lalu tambahkan satu sendok makan air mawar.
  • Hancurkan butiran garam tadi dengan air mawar hingga halus.
  • Setelah itu gunakan campuran garam dan air mawar tadi untuk membersihkan komedo di wajah.
  • Gosokkan dengan gerakan melingkar selama 10-15 menit.
  • Lalu bersihkan dengan air hangat, sebab manfaat air hangat untuk wajah yang berkomedo sehingga mudah dibersihkan.
  • Lakukan cara ini seminggu sekali.

5. Menggunakan garam dan pasta gigi

Pasta gigi berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga pasta gigi sering digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi jerawat dan juga komedo bila dikombinasikan dengan garam. Caranya :

  • Keluarkan pasta gigi yang cukup tebal ke dalam sebuah wadah.
  • Lalu taburkan garam di sekeliling pasta gigi secukupnya.
  • Aduk rata pasta gigi dan garam dengan menggunakan jari jempol dan jari telunjuk.
  • Setelah itu gunakan scrub garam dan pasta gigi ke area wajah yang diinginkan sambil dilakukan pemijatan lembut ke arah atas selama 10-15 menit.
  • Lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

6. Menggunakan garam dan yogurt

Penggunaan yogurt pada scrub garam dapat memberikan kesan sejuk pada kulit, serta memberikan efek anti-inflamasi yang dapat mencegah terjadinya peradangan pada kulit. Cara menggunakan scrub garam dengan yogurt adalah :

  • Pijat area wajah yang berkomedo dengan air garam selama 15 menit.
  • Setelah itu oleskan yogurt pada bagian wajah tersebut yang telah diberi air garam.
  • Oleskan yogurt dengan tebal dan merata.
  • Diamkan sebentar lalu bilas dengan air hingga bersih.

Cara Mencegah Timbulnya Komedo di Wajah

Untuk menghilangkan komedo dengan bahan alami seperti garam memang lebih alam, tetapi memang komedo  tidak bisa hilang dengan cepat. Tetapi  butuh waktu yang cukup lama dan harus rutin untuk dilakukan. Selain itu juga Anda harus melakukan hal-hal lainnya agar komedo tidak muncul semakin banyak atau saat wajah bersih komedo tidak muncul lagi. Hal-hal yang harus Anda perhatikan sebagai cara menjaga penampilan diri wanita dan agar komedo tidak muncul lagi di wajah adalah :

  • Minum air putih

Air putih telah lama dikenal bermanfaat untuk kesehatan kulit. Air putih berfungsi sebagai larutan alami yang mendorong produksi keringat dan akhirnya dapat mendorong keluarnya komedo juga. Apabila tubuh kurang cairan air putih dapat berakibat komedo semakin sulit untuk dihilangkan. Maka penuhilah kebutuhan cairan dalam tubuh Anda dengan minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.

Sponsors Link

  • Makan buah dan sayur

Banyak makan buah-buahan maupun sayuran tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi juga menjaga kecantikan kulit wajah. Karena buah dan sayuran sarat akan kandungan vitaminnya yang baik untuk kulit. Oleh karena itu banyak-banyaklah mengkonsumsi buah dan sayur dalam menu harian Anda, terutama buah dan sayuran yang tinggi vitamin A, vitamin C dan vitamin E. seperti wortel, tomat, jeruk, papaya, mangga, dan sebagainya.

  • Membersihkan wajah sebelum tidur

Saat tidur wajah harus dalam kondisi yang bersih dari debu maupun sisa make up. Karena wajah yang kotor akan menyumbat pori-pori dan membuat wajah timbul komedo. Maka sempatkan diri Anda untuk selalu membersihkan wajah dari debu maupun sisa make up saat sebelum tidu dengan pembersih dan penyegar yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

  • Pola hidup sehat

Anda juga harus melakukan pola hidup sehat, seperti tidak merokok dan minum minuman yang mengandung alcohol. Selain itu hindari juga makanan cepat saji atau junk food. And boleh mengkonsumsinya asal jarang atau tidak berlebihan. Karena jenis minuman dan makanan ini kurang sehat untuk tubuh dan juga untuk kesehatan kulit.

  • Melakukan olahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin dapat membantu mengeluarkan keringat serta racun di dalam tubuh, sehingga dengan keluarnya keringat komedo pun juga tidak akan muncul. Selain itu dengan olahraga dapat menghilangkan stress yang memicu timbulnya komedo. Maka berolahragalah secara teratur minimal 30 menit setiap minggunya, agar metabolisme tubuh lancar dan Anda akan merasakan manfaat olahraga untuk kecantikan kulit juga.

Demikianlah cara menghilangkan komedo dengan garam dan cara pencegahannya. Dengan mencoba salah satu cara yang telah dipaparkan di atas dan dilakukan secara rutin Anda juga mendapatkan manfaat eksfoliasi wajah, sehingga mendapatkan hasil wajah yang bersih bebas komedo. Semoga berhasil, ya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 30th, July 2016 / 04:09 Oleh :
Kategori : Wajah