Sponsors Link

5 Manfaat Timun Untuk Wajah – Berjerawat – Berminyak – Flek hitam

Sponsored Links

Mentimun merupakan salah satu jenis buah yang banyak digunakan sebagai lalapan. Bukan itu saja, namun buah yang satu ini bisa digunakan untuk bahan pengobatan. Ada banyak jenis penyakit yang bisa diatasi dengan mentimun seperti darah tinggi, sariawan, disentri dan lain-lain.

Seiring dengan berjalannya waktu, pengetahuan akan obat-obatan kini semakin berkembang. Mentimun sekarang banyak digunakan sebagai bahan untuk kecantikan dan tidak hanya digunakan pada bidang pengobatan saja. Mentimun yang digunakan sebagai masker wajah, memiliki begitu banyak manfaat seperti menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit serta menghilangkan noda hitam di wajah.

Cara Membuat Masker Mentimun

Cara membuat mentimun untuk dibuat sebagai masker dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah yaitu :

  • Siapkan mentimun yang telah dikupas lalu potong kecil-kecil dan blender hingga halus
  • Anda bisa menambahkan mint agar masker terasa lebih segar, caranya cukup mudah yaitu dengan menambahkan 4 sampai 5 lembar daun mint cara blender menjadi satu dengan mentimun yang telah halus sebelumya.
  • Ambil putih telur. Kosok secara terpisah dengan dengan masker mentimun. Setelahnya anda bisa mencampurkannya dengan mentimun serta mint yang sebelumnya telah diblender.

Cara menggunakan masker dari mentimun ini cukup digunakan secara merata pada seluruh bagian wajah. Gunakan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Tepuk-tepuk wajah hingga kering. Anda bisa menjalani perawatan menggunakan masker mentimun ini setelah selesai menjalani aktivitas anda agar terasa lebih rileks dan santai.

Mentimun bukan hanya bagus untuk kesehatan secara keseluruhan namun dapat pula dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk menunjang kecantikan wajah seperti :

1. Mengurangi bintik hitam

Bintik-bintik hitam di wajah merupakan salah satu akibat yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari secara langsung. Manfaat timun untuk wajah dapat digunakan untuk mengurangi bintik hitam tersebut, dengan cara diparut lalu dioleskan secara merata pada pada muka dan leher. Jika digunakan secara teratur, parutan mentimun bisa digunakan untuk mengurangi bintik hitam yang ada di wajah.

2. Mengatasi bengkak pada kantung mata

Bengkak pada mata bisa diatasi dengan mentimun. Hal ini dikarenakan pada mentimun terdapat kandungan asam askrobat yang dapat mengurangi retensi air sehingga dapat mengurangi terjadinya pembengkakan pada mata.

sponsored links

3. Meremajakan kulit

Khasiat lainnya dari mentimun untuk wajah adalah untuk meremajakan kulit. Dalam hal ini kulit akan terasa lebih segar sehingga tampak lebih muda.

4. Digunakan untuk mengurangi dampak sinar matahari

Bagi anda yang gemar melakukan aktivitas atau kegiatan di luar terlebih pada jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan dampak buruk bagi kulit akibat paparan sinar matahari. Penggunaan mentimun dapat membuat kulit dingin sehingga dapat berguna untuk membuat kulit kembali seperti semula.

5. Untuk mengencangkan kembali pori-pori kulit yang terbuka

Semakin besar pori-pori yang terbuka maka semakin besar pula kesempatan kotoran masuk dan menyebabkan tumbuhnya jerawat. Mentimun dapat digunakan sebagai toner yang baik. Untuk hasil yang baik anda bisa mencampur mentimun menggunakan bahan-bahan lain seperti sari cuka apel, putih telur, sari lidah buaya, tomat atau bisa pula dengan lemon. Penggunaan bahan-bahan tersebut dapat digunakan untuk menutup pori-pori yang terbuka.

Khasiat Mentimun dalam Bidang Kesehatan

Banyak sekali manfaat mentimun tidak hanya untuk kesehatan wajah melainkan juga untuk kesehatan secara umumnya.  Bukan hanya itu namun penggunaan mentimun juga dapat digunakan untuk mengatasi beragam jenis penyakit mulai dari disentri, hipertensi hingga mencegah datangnya penyakit ginjal.

  • Mengatasi diare pada anak

Diare menjadi salah satu jenis penyakit yang banyak menjangkit anak-anak akibat mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Jika anak mengalami diare, maka ibu bisa menyiapkan mentimun yang telah dicuci hingga bersih lalu direbus dan dihaluskan. Setelahnya anda bisa menyaringnya dan menambahkan sedikit madu kedalamnya. Minum setiap hari hingga anak sehat dan terbebas dari diare.

  • Mencegah datangnya penyaki ginjal

Penyakit ginjal merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya. Namun anda tidak perlu jauh-jauh mencari pengobatan yang tepat karena ternyata mentimun juga dapat digunakan sebagai alternatif pengobatannya. Caranya cukup mudah yaitu dengan merebus mentimun hingga lunak lalu peras dan minum airnya sebanyak 3 kali dalam sehari. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi ampasnya seperti anda mengonsumsi lalapan. Lakukan secara rutin pengobatan menggunakan mentimun tersebut hingga gangguan ginjal anda sembuh.

Sponsors Link

  • Untuk mengobati hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit tekanan darah tinggi yang cukup berbahaya karena dapat menyebabkan stroke. Mentimun bisa digunakan sebagai alternatif pengobatannya dengan cara menyiapkan mentimun lalu cuci hingga bersih. Setelahnya anda bisa memarut dan memeras airnya. Untuk hasil yang baik anda bisa meminumnya 2 kali dalam sehari.

  • Untuk mengobati sariawan

Sariawan merupakan salah satu bentuk ganguan pada mulut yang bisa diakibatkan oleh banyak hal dimana salah satunya adalah kekurangan vitamin C. Untuk mencegah datangnya sariawan tentu anda bisa mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin C di dalamnya. Namun bagi anda yang terlanjur menderita sariawan, maka anda bisa mengobatinya dengan mentimun di samping mengonsumsi banyak vitamin C.

Mentimun untuk sariawan bisa dikonsumsi secara langsung. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara mencuci 1 hingga 2 buah mentimun yang telah tua. Kupas kulitnya lalu iris-iris lalu makan agak banyak secara rutin setiap hari.

  • Untuk mengobati demam

Cara mengobati demam menggunakan mentimun bisa dilakukan dengan menyiapkan satu buah mentimun untuk kemudian dicuci dan diparut tambahkan eau de cologne yang kemudian dibungkus dengan saputangan. Letakkan di atas kening orang yang terkena demam seperti halnya kompres. Lakukan kompres menggunakan mentimun  ini berulang kali.

  • Untuk obat disentri

Sama seperti diare, salah satu penyebab disentri adalah kurangnya menjaga kebersihan makanan serta lingkungan. Untuk mengobati disentri anda bisa menggunakan 1 hingga 2 buah mentimun lalu cuci hingga bersih dan potong-potong. Rendam mentimun di dalam madu.

Mentimun ternyata juga bagus untuk di konsumsi oleh para ibu hamil. Timun memiliki kandungan sehat yaitu omega 3 yang bagus untuk perkembangan otak janin selain itu mengkonsumsi mentimun secara teratur juga bagus untuk membuat jalan keluar bayi menjadi lebih elastis. Untuk mendapatkan manfaat timun untuk wajah, kesehatan serta kecantikan secara maksimal, maka mentimun lebih baik dikonsumsi secara rutin.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 25th, February 2016 / 04:55 Oleh :
Kategori : Wajah