Categories
Kuku dan Jari

7 Cara Menggunakan Kutek Jarum untuk Menghiasi Kuku

Apakah Anda penyuka nail art? Bagi beberapa orang, aktivitas nail art sangat menyenangkan karena memerlukan ide, kreativitas, rasa seni. Cara membuat nail art sendiri bisa dimulai dengan membersihkan kutek yang lama. Beberapa orang juga menghias kuku mereka agar sesuai dengan pakaian yang mereka kenakan agar terlihat serasi atau matching.

Beberapa wanita memperhatikan kukunya dengan detail dan teliti. Kuku bisa menjadi cantik dengan adanya kutek atau biasa disebut cat kuku. Saat ini ada berbagai macam alat untuk memakai kutek. Pemakaian kutek bisa lebih berwarna karena tersedia dalam beraneka ragam warna dan motif. Penggunaan kutek disertai dengan hiasan lainnya disebut nail art.

Motif kutek memang bervariasi. Dulu, kutek hanya digunakan dengan brush atau kuas. Tapi, sekarang, selain menggunakan selotip dan alat-alat lainnnya, kita juga bisa menghias kuku dengan kutek jarum. Cara menghias kuku dengan selotip bisa menghasilkan kuku yang unik dan artistik. Cara menggunakan kutek jarum tidak terlalu susah jika sering dilakukan latihan dalam memakainya. Kutek jarum memiliki bentuk seperti pen, ujungnya runcing seperti tipe-ex. Kutek jarum ini digunakan untuk menggambar dan menghiasi kuku. Cara memakai kutek perlu disesuaikan dengan tipe kulit Anda. Warna kutek untuk kulit gelap, yaitu maroon, burgundy, dan lain-lain.

Cara Menggunakan Kutek Jarum

Apabila dibandingkan, sebenarnya lebih mudah untuk menggunakan kutek jarum daripada kutek brush. Hasil dari kutek jarum dengan kutek brush juga berbeda tergantung bagaimana Anda mengaplikasikannya. Berikut ini ada beberapa variasi motif menggunakan kutek jarum dan cara melakukannya.

1. Cleopatra Nail Art

Cara melakukannya:

  1. Sediakan kutek jarum, kutek dasar, dan kutek berwarna hijau toska. Kutek jarum yang perlu disiapkan, antara lain hijau tua, silver, dan orange.
  2. Bersihkan kuku Anda, kemudian segera keringkan. Lalu, aplikasikan kutek dasar pada kuku Anda.
  3. Aplikasikan kutek yang berwarna hijau toska apabila kutek dasarnya sudah mengering. Kemudian, tunggu beberapa menit sampai mengering.
  4. Jika kuteknya sudah benar-benar kering, aplikasikan kutek jarum. Caranya, buat garis zig-zag pada ujung atas kuku dengan kutek jarum silver.
  5. Bentuk lagi kutek jarum dengan warna orange. Garis zig-zag yang kedua ini letaknya di luar zig-zag yang berwarna silver.
  6. Pada sisi yang kosong, Anda bisa membuat garis miring. Gunakanlah kutek jarum hijau tua. Diamkan sampai kering. Inilah salah satu cara menggunakan kutek jarum dengan baik.

2. Classic Nail Art

Motif ini diperuntukkan bagi Anda penyuka gaya klasik. Cara melakukannya:

  1. Sediakan kutek warna putih dan kutek jarum orange, gold, ungu, dan biru tua. Anda bisa juga memvariasikan warnanya sesuai dengan selera Anda.
  2. Bersihkan dulu kuku-kuku Anda. Setelah itu, keringkan. Gunakan kutek putih pada kuku-kuku Anda sebagai dasar pada kuku Anda.
  3. Jika sudah mengering, pada sisi atas kuku buatlah beberapa lingkaran. Anda bisa mengaplikasikannya dengan warna yang terang, misalnya warna ungu.
  4. Bentuklah garis penghubung dengan menggunakan kutek jarum berwarna biru tua. Gunanya, untuk menghubungkan lingkaran-lingkaran yang sudah dibuat, untuk menampilkan seolah-olah lingkaran-lingkaran tersebut saling terkoneksi satu sama lain.
  5. Agar hasilnya lebih manis, Anda bisa menambahkan titik kecil memakai kutek jarum berwarna gold. Warna gold biasanya memunculkan kesan klasik dan mewah.

3. Motif 60 Shic

Cara melakukannya:

  1. Siapkan kutek warna merah dan kutek jarum warna putih dan hitam.
  2. Gunakan kutek warna merah sebagai warna dasar kuku.
  3. Aplikasikan kutek jarum hitam dan putih untuk motifnya.
  4. Jika kutek warna merah sudah kering, gunakan kutek jarum hitam dan putih untuk motifnya.
  5. Desain motifnya bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.
  6. Anda bisa membuat desain yang berbeda pada setiap kuku Anda. Contohnya, pada jari kelingking menggunakan motif diagonal hitam putih, jari telunjuk motif horizontal, dan sebagainya.
  7. Jika sudah diaplikasikan, biarkan sampai kering.

4. Candy Stripes

Cara melakukannya:

  • Sediakan kutek dengan warna yang cerah sebagai warna dasar.
  • Aplikasikan kutek dengan warna cerah pada kuku Anda.
  • Jika warna dasarnya sudah kering, gunakan kutek jarum berwarna putih untuk membuat beberapa garis vertikal pada kuku Anda.
  • Tunggu sampai kering.

5. Tribal Nail Art

Cara melakukannya:

  1. Sediakan kutek atau cat kuku dengan warna tosca, hijau, putih, dan kutek jarum berwarna hitam.
  2. Aplikasikan warna dasar. Warna dasarnya berupa gradasi antara warna hijau dan tosca. Banyak orang menyebutnya warna ombre.
  3. Untuk membuat warna ombre (gradasi), selain kutek warna hijau dan tosca, Anda perlu menyiapkan busa pencuci piring, karton, cotton bud, aseton, dan top coat.
  4. Aplikasikan base coat terlebih dahulu pada kuku Anda untuk melindungi kuku dan membuat warna kutek tahan lama. Agar hasilnya tidak berantakan, Anda bisa menutupi area di luar kuku dengan selotip.
  5. Oleskan kutek warna hijau dan tosca pada busa pencuci piring.
  6. Gunakan busa itu dengan menepuk-nepuknya pada kuku Anda sampai seluruh bagian kuku tertutupi dengan warna gradasi.
  7. Gunakan top coat. Penggunaan top coat bermanfaat untuk menjaga warna dari kuku agar lebih tahan lama, terlihat lebih bagus, dan juga merapikan cat kuku.
  8. Top coat ini sangat direkomendasikan untuk mengatasi kutek yang tidak rata. Anda bisa menggunakan top coat polos atau yang ada glitter-nya.
  9. Cat kuku atau kutek yang berantakan di luar kuku bisa Anda bersihkan dengan menggunakan cotton bud dan aseton.
  10. Jika warna gradasi atau ombrenya sudah kering, Anda bisa mulai menggambar pada kuku dengan menggunakan kutek jarum berwarna hitam.
  11. Gunakan kutek warna putih untuk menambahkan aksen pada kuku. Caranya, teteskan kutek warna putih pada permukaan yang datar.
  12. Gunakan tusuk gigi atau dotting tool atau pena yang sudah tidak ada isinya untuk dicelupkan pada kutek warna putih.
  13. Lalu, gunakan untuk memberi aksen titik-titik kecil pada kuku. Selain tusuk gigi, Anda juga bisa menggunakan kutek jarum warna putih.

6. Motif geometris

Cara melakukannya:

  • Sediakan kutek warna biru dan kutek jarum warna hitam. Cara memutihkan kuku dengan jeruk nipis bisa Anda lakukan sebelum mengaplikasikan kutek agar hasilnya lebih bagus.
  • Gunakan warna biru sebagai warna dasar. Diamkan sampai benar-benar kering.
  • Jika sudah kering, buat pola-pola geometris pada kuku. Diamkan mengering.

7. Ala Aztec

Cara melakukannya:

  • Siapkan kutek warna kuning dan kutek jarum dengan warna yang kontras.
  • Aplikasikan kutek warna kuning pada kuku.
  • Jika kuteknya sudah kering, bagilah kuku menjadi beberapa bagian dengan mengaplikasikan kutek jarum.
  • Isi bagian-bagian tersebut dengan pola-pola yang unik seperti lukisan Aztec. Contohnya, segitiga, bulat atau pola seperti aliran sungai.

Itulah cara menggunakan kutek jarum yang bisa Anda aplikasikan dalam menghias kuku. Anda bisa juga mencari inspirasi dari media lain, seperti televisi, media sosial, dan sarana lainnya.