9 Cara Membuat Nail Art Sendiri dengan Mudah

Banyak orang di masa sekarang memperhatikan segala aspek penampilan, mulai dari pakaian, make-up, hair style, bahkan sampai kuku. Seiring adanya modernisasi, kuku tidak lagi hanya dihias dengan warna-warna yang polos saja. Namun, juga dihias dengan beraneka macam kreasi nail art yang unik, cantik, dan kreatif. Ada banyak sekali kreasi nail art yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Ada yang susah dan harus dilakukan di salon, ada juga yang mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Cara membuat nail art sendiri dengan mudah bisa Anda coba.

Nail art bisa memberikan sentuhan artistik pada penampilan Anda, terutama pada kuku. Nail art dengan konsep yang mendetail biasanya dilakukan oleh orang yang sudah ahli atau profesional. Tapi, sebenarnya ada beberapa kreasi atau desain yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Mulai dari desain motif polkadot, glitter, desain dengan dua warna, ataupun teknik-teknik lainnya untuk membuat hasilnya lebih mengagumkan dan memuaskan.

Cara Membuat Nail Art Sendiri

Ada beberapa cara membuat nail art sendiri yang bisa Anda lakukan di rumah, yaitu:

1. Membersihkan kutek yang lama

Sebelum membuat nail art, Anda perlu membersihkan kuku Anda terlebih dahulu. Anda perlu membersihkan kutek yang lama yang masih ada pada kuku Anda. Cara membersihkan kuku bisa juga Anda lakukan dengan menggunakan bawang putih. Cara membuat kuku mengkilap juga bisa Anda terapkan supaya penampilan kuku Anda semakin indah.

2. Mengunting dan mengikir kuku

Setelah itu, Anda perlu menggunting kuku Anda dengan gunting kuku agar terlihat lebih rapi. Tapi, jangan sampai terlalu pendek. Jika Anda sudah terlanjur memotongnya terlalu pendek, cara membuat kuku cepat panjang  dengan minyak zaitun dan bahan alaminya bisa anda coba lakukan di rumah.

3. Gunakan base coat (kutek dasar) pada kuku Anda

Kutek dasar ini sebagai pelindung kuku Anda agar kuku tidak berubah warna atau rusak. Gunakan hanya sebanyak satu lapisan saja. Tunggu sampai mengering.

4. Menggunakan kutek pada ujung kuku dengan warna yang berbeda

Pilihlah warna yang Anda suka. Oleskan kutek dasar berwarna atau kutek yang warnanya putih bening. Tunggu sampai kering. Pasang stiker manikur Prancis pada kuku Anda. Ujung kuku jangan ditutup dengan stiker. Gunakan kutek pada ujung kuku Anda. Saat kutek masih basah, segera lepaskan stiker. Setelah kutek mengering, Anda bisa melapisinya dengan top coat. Perhatikan cara memakai kutek yang Anda lakukan supaya hasilnya tidak berantakan.

5. Menambahkan permata atau stiker pada kuku

Pakailah kutek dengan warna favorit Anda dalam satu lapisan. Gunakan hiasan untuk mempercantiknya. Gunakan kutek berwarna putih bening. Tunggu sampai kering. Berikan lem atau gel pada kuku. Tempelkan stiker atau permata di atas gel atau lem tersebut. Anda bisa menggunakan pinset. Tunggu sampai lem atau gelnya kering. Gunakan lagi kutek dengan warna putih bening agar stiker atau permatanya tidak mudah lepas.

6. Menambahkan glitter pada kuku

Campurkan kutek dengan warna putih bening dan bubuk glitter, aplikasikan pada kuku. Kalau sudah kering, gunakan kutek lapisan luar. Taburkan bubuk glitter di atas kuku. Tunggu sampai kering.

7. Membuat motif polkadot

Siapkan kutek dengan minimal dua warna: satu untuk lapisan dasar, satu untuk titik-titik. Tapi, Anda juga bisa menggunakan kutek dengan banyak warna untuk titik-titiknya. Gunakan kutek lapisan dasar. Biarkan sampai kering. Gunakan tusuk gigi dan celupkan pada kutek untuk membuat titik-titik pada kuku Anda. Jika motif polkadotnya sudah kering, Anda bisa melapisinya dengan kutek lapisan luar yang warnanya putih bening.

8. Membuat motif bunga

Motif bunga bisa dibuat dengan kutek tiga warna: untuk kelopak bunga, bagian tengah bunga, dan sebagai lapisan dasar. Gunakan kutek untuk lapisan dasar. Tunggu sampai kering. Pakai  tusuk gigi atau kuas untuk membuat sekitar 5 titik melingkar pada kuku sebagai kelopak bunga. Jika titik-titiknya sudah mengering, pakai kutek lagu untuk membuat lingkaran tengah dari bunga. Anda bisa membuat desain ini semakin mendetail dengan memberi garis putih pada setiap kelopak. Gunakan juga kutek berwarna hijau untuk membuat dedaunannya. Tunggu sampai pola atau motif bunga ini kering. Kalau sudah kering, Anda bisa melapisinya dengan kutek putih bening.

9. Membuat desain atau pola macan tutul

Pilihlah kutek dengan dua warna yang berbeda, yang terang dan yang gelap. Anda bsia memilih warna orange dan hitam. Bisa juga memilih warna yang lain. Warna yang terang akan digunakan untuk membuat tutul. Jika tutulnya sudah kering, pakai warna yang gelap untuk bagian luar tutul. Kaau motifnya telah mengering, gunakan kutek putih bening sebagai lapisan luar. Anda bisa juga menggunakan kutek bening yang ada glitter-nya.

Tips Membuat Nail Art

  1. Sebelum membuat nail art, pastikan kuku Anda sehat. Jangan pernah mengigit kuku. Kutikula bisa terkelupas.
  2. Agar desain atau motif nail art Anda tahan lama, Anda bisa mengaplikasikan kembali kutek lapisan luar setiap dua sampai tiga hari.
  3. Dalam mengaplikasikan warna yang berbeda, gunakan juga alat yang berbeda. Anda bisa juga membersihkan kuasnya setiap kali mengoleskan kutek.
  4. Jagalah kuku Anda dengan baik. Anda bisa menggunakan sarung tangan ketika melakukan pekerjaan.
  5. Untuk membuat motif titik, Anda bisa menggunakan alat-alat yang mudah ditemukan di rumah, seperti pena, jarum, dan tusuk gigi.
  6. Sebelum membuat nail art, siapkan semua alat yang akan Anda butuhkan karena dalam membuat nail art, Anda akan melakukannya dengan cepat.
  7. Lakukan kegiatan nail art dengan sungguh-sungguh. Jika hasilnya masih tidak sesuai dengan harapan, yang terpenting Anda sudah berusaha.
  8. Kuas yang Anda pakai untuk melakukan nail art sebaiknya dibersihkan dengan aseton atau alkohol, jangan dengan air karena air bisa membuat kutek pada kuas menjadi keras.
  9. Anda perlu memastikan bahwa setiap warna nail art yang Anda aplikasikan benar-benar kering sebelum Anda akan mengaplikasikan warna yang lain. Jika warna untuk lapisan pertama belum kering, desain Anda bisa rusak.
  10. Hati-hati dalam menggunakan aseton atau cairan penghapus kutek lainnya karena sifatnya yang mudah terbakar. Usahakan untuk menggunakannya di ruangan yang pertukaran udaranya baik. Jangan dekatkan dengan api.
  11. Beberapa orang tidak cocok dengan produk kuku. Jika Anda alergi terhadap produk itu, Anda perlu mencuci tangan, menggunakan aseton, dan bahkan menghentikan penggunakan produk itu.

Itulah beberapa cara membuat nail art sendiri dengan mudah. Anda bisa mencobanya di rumah, sehingga tidak harus datang ke salon. Anda bisa mencoba kreasi ini juga bersama dengan teman-teman Anda. Selain menggunakan permata, stiker, dan alat lainnya, Anda bisa juga mengaplikasikan cara menghias kuku dengan selotip. Selamat mencoba!