13 Cara Membersihkan Kuku Secara Alami

Selain wajah, kuku juga memerlukan perawatan agar tetap bersih dan mengkilap. Cara membuat kuku mengkilap sangat mudah dilakukan. Dalam melakukan perawatan kuku, Anda bisa melakukannya di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang alami atau pergi ke salon kecantikan.

Cara membersihkan kuku secara alami tidak memerlukan waktu yang lama. Kita bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan yang alami yang mudah ditemukan di sekeliling kita. Bahan-bahan yang digunakan tergolong aman karena tidak mengandung zat kimia. Jadi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan efek sampingnya.

Beberapa cara membersihkan kuku secara alami yang dapat Anda lakukan sendiri, antara lain:

1. Dengan menggunakan bawang putih

Bawang putih sering digunakan sebagai bahan pembuatan obat tradisional. Selain itu, bawang putih juga sering digunakan sebagai bahan masakan sehingga makanan menjadi lebih enak. Namun, ternyata bawang putih juga bisa digunakan dalam bidang kecantikan. Misalnya, digunakan untuk membersihkan kuku. Cara merawat kuku dengan bawang putih memang sangat praktis.

  • Kupas bawang putih
  • Iris bawang putih menjadi beberapa bagian
  • Gosokkan bawang putih ke permukaan kuku-kuku Anda
  • Lakukan hal ini secara terus-menerus sampai kuku tampak bersih mengkilap

2. Dengan menggunakan belimbing wuluh

Selain digunakan untuk memasak sayur, belimbing wuluh mengandung asam yang mampu membantu Anda untuk membersihkan kuku yang kotor. Caranya:

  • Potong belimbing wuluh menjadi dua bagian sama besar
  • Gosokkan belimbing wuluh secara perlahan dan hati-hati pada permukaan kuku-kuku Anda
  • Lakukan hal ini secara teratur untuk memperoleh hasil yang baik dan maksimal

Selain digunakan untuk merawat kuku, sebenarnya Anda juga bisa melakukan cara memutihkan kulit dengan asam asam belimbing.

3. Dengan menggunakan lemon atau jeruk nipis

Buah lemon mengandung banyak vitamin C. Lemon bagus untuk mencegah penyakit sariawan. Selain itu, lemon juga berguna untuk membersihkan kuku tangan dan kaki Anda sehingga menjadi lebih bersih dan indah. Lemon juga mampu mengangkat sel kuku yang sudah mati, menghilangkan warna kuning pada kuku, dan membuatnya menjadi lebih indah.

Caranya:

  • Siapkan buah lemon secukupnya
  • Lalu, belah menjadi dua bagian
  • Gunakan dengan menggosoknya pada kuku Anda secara perlahan
  • Tunggu sampai kering dalam waktu beberapa menit

Jika Anda melakukan cara memutihkan kuku dengan jeruk nipis secara rutin, maka hasilnya pun akan maksimal dan sesuai dengan yang Anda harapkan.

4. Dengan menggunakan kulit semangka

Banyak orang menganggap bahwa kulit semangka adalah limbah yang harus dibuang. Banyak yang percaya juga bahwa kulit semangka bermanfaat untuk rambut. Namun, siapa yang menyangka bahwa kulit semangka tenyata memiliki kegunaan lain dalam bidang kecantikan, terutama kuku.

Caranya:

  • Siapkan kulit semangka
  • Gosokkan kulit semangka pada kuku-kuku Anda
  • Tunggu hingga mengering
  • Bilas dengan air yang mengalir

Kulit semangka juga bisa digunakan untuk wajah. Manfaat kulit semangka untuk wajah adalah meredakan kulit wajah yang terbakar sinar matahari, sebagai pelembab, dan lain-lain.

5. Dengan menggunakan telur, madu, dan minyak zaitun

Cara membersihkan kuku yang kotor secara alami bisa dilakukan dengan campuran antara bahan-bahan yang alami, seperti telur, madu, dan minyak zaitun. Ketiga bahan ini mudah untuk didapatkan.

Caranya:

  1. Siapkan madu, telur, dan minyak zaitun secukupnya
  2. Campurkan sekitar 2 sdm madu dan minyak zaitun
  3. Panaskan campuran itu sampai keduanya tercampur rata
  4. Kocok telur, tuangkan pada campuran sebelumnya sampai tercampur rata
  5. Oleskan pada kuku-kuku Anda secara merata
  6. Tunggu sampai menjadi kering selama 10-15 menit
  7. Bilas kuku Anda dengan air yang hangat sampai benar-benar bersih

6. Dengan menggunakan getah pepaya

Pepaya mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain kesehatan mata, papaya juga berguna untuk kecantikan kuku. Namun, yang akan digunakan bukan daging buah pepayanya, namun getahnya.

Caranya:

  • Bersihkan kulit luar pepaya hingga bersih
  • Oleskan getahnya pada kuku Anda
  • Tunggu beberapa menit sampai mengering
  • Bilas dengan air bersih

7. Dengan menggunakan lidah buaya

Anda bisa membersihkan dan merawat kuku Anda agar terlihat bersih dan indah dengan menggunakan lidah buaya. Bagian yang digunakan adalah gel lidah buaya.

Caranya:

  1. Siapkan lidah buaya secukupnya
  2. Pisahkan gel dengan kulitnya
  3. Gunakan gelnya dengan mengoleskannya pada kuku-kuku Anda
  4. Diamkan selama beberapa menit sampai kering
  5. Bersihkan dengan membilasnya menggunakan air bersih
  6. Lakukan secara rutin

8. Minum air putih secukupnya

Minum air putih juga bisa membantu merawat kuku. Selain bagus untuk kesehatan kulit, minum air utih secara teratur juga bermanfaat untuk kesehatan kuku. Anda pun bisa mencegah datangnya penyakit ginjal. Dengan minum air putih, kebutuhan kalsium kuku tercukupi. Hasilnya, kuku menjadi lebih indah. Kebutuhan mineral Anda akan tercukupi jika Anda mengonsumsi sekitar 2 Liter atau 8 gelas per hari.

9. Membersihkan kotoran di bawah kuku dengan ujung pencungkil gunting kuku

Anda bisa melakukan cara ini di kamar mandi dengan pencahayaan yang cukup terang agar Anda bisa melihat kuku Anda dengan jelas. Membersihkan kotoran di bawah kuku sebaiknya dilakukan sebelum mencuci tangan sehingga tangan dalam kondisi yang kering karena dalam kondisi seperti itu pembersihannya mudah untuk dilakukan. Jangan menggunakan ujung pensil atau pena untuk membersihkan kotoran pada kuku Anda karena hal itu justru akan membuat kuku Anda semakin kotor.

10. Mencuci tangan dengan sabun yang lembut

Saat mencuci tangan dengan sabun lakukanlah dengan menggunakan air hangat. Lakukan hal ini secara teratur. Upayakan untuk menggunakan sabun yang bagus untuk kuku. Jika sabun yang Anda gunakan mengandung paraben, maka bisa membuat kuku menjadi rapuh. Usahakan juga untuk tidak menggunakan pembersih tangan yang berbahan baku alkohol karena akan mengurangi kekuatan dari kuku itu sendiri.

11. Merendam ujung jari dalam air hangat bersabun

Lakukan hal ini selama 3 menit. Yang direndam di sini adalah ujung jari, bukan seluruh tangan. Air yang digunakan adalah air hangat, bukan air panas. Anda bisa menggunakan air hangat yang bersuhu nyaman. Perendaman ini bisa menghaluskan kuku dan mengurangi risiko kerusakan pada kuku.

12. Menggunakan kuas atau gosok gigi untuk menggosok permukaan kuku Anda

Gosoklah kuku Anda dengan kuas. Bagian yang digosok adalah seluruh bagian kuku, ini juga termasuk bagian bawah kuku. Jika tidak ada kuas, Anda bisa menggunakan gosok gigi yang bersih.

13. Menggunakan soda kue untuk membuat kuku terlihat lebih putih

Buatlah campuran antara soda kue dan hydrogen peroksida sampai terbentuk pasta. Aplikasikan campuran ini apabila Anda menginginkan kuku yang sehat. Oleskan campuran ini pada kuku Anda secara merata. Setelah kering, cucilah dengan air bersih, kemudian keringkan. Lakukan hal ini sekitar 1 minggu sekali sehingga kuku tampak putih mengkilap. Alternatif lain yaitu dengan menggunakan pasta gigi. Cara melakukannya sama dengan menggunakan campuran soda kue karena bahan-bahan aktif yang ada pada pasta gigi bisa bekerja seperti campuran pasta itu.

Inilah beberapa cara membersihkan kuku secara alami yang bisa Anda lakukan. Mempunyai kuku yang bersih, indah, dan menarik menjadi dambaan banyak orang. Kuku yang bersih dan terawat menjadi tanda bahwa Anda memiliki jiwa yang sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Cara membersihkan kuku secara alami yang sudah dijabarkan bisa dilakukan oleh siapa saja dengan budget yang cukup murah.