Categories
Tips

11 Cara Memakai Bedak Tabur Agar Tahan Lama

Jenis kulit manusia sangat beragam, namun dikategorikan menjadi 3 jenis yang paling utama yakni normal, kering dan berminyak. Dalam mengaplikasikan make up khususnya bedak memang membutuhkan cara khusus agar bisa awet dan tidak mudah luntur. Salah satu jenis bedak yakni bedak tabur atau biasa disebut dengan loose powder sering dipilih banyak wanita sebagai sentuhan akhir untuk mengunci make up. Tekstur dari bedak tabur bisa memberikan hasil akhir yang merata, halus dan juga ringan sehingga wajah tidak terlihat terlalu tebal. Bedak tabur ini mengandung sedikit minyak sehingga bisa digunakan untuk semua jenis kulit khususnya untuk jenis kulit berminyak. Bedak tabur umumnya juga sudah dilengkapi dengan aplikator puff, namun untuk hasil terbaik, maka sebaiknya menggunakan powder blush agar bedak bisa lebih menyatu dengan kulit. Untuk anda yang ingin memakai bedak tabur secara sempurna, simak dulu artikel kami kali ini tentang cara memakai bedak tabur agar tahan lama sebagai panduan anda.

  1. Cuci Wajah Lebih Dulu

Cara pertama yang harus anda lakukan agar bedak tabur bisa tahan lama saat digunakan adalah dengan mencuci wajah lebih dulu sebab manfaat mencuci muka dengan air es menghilangkan keringat dan kotoran yang menempel pada wajah anda. Pakai produk mencuci muka yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak yang umumnya mengandung beras, lemon atau bahan lain yang efektif untuk menyerap minyak berlebih pada wajah.

  1. Face Primer

Memakai primer sebelum make up akan membuat pori pori anda tertutup sehingga kosmetik dan bedak yang nantinya anda gunakan tidak sampai menyumbat pori pori. Face primer juga bisa memberikan tampilan akhir halus dan lembut sehingga jerawat, pori pori besar dan komedo akan tersamarkan dengan face primer ini yang sekaligus juga membuat tampilan warna kulit lebih merata dan tentunya bedak juga lebih tahan lama.

  1. Foundation

Sebelum memakai bedak tabur, gunakan alas bedak lebih dulu yang terdiri dari banyak jenis namun pilihan terbaik untuk anda gunakan adalah foundation untuk kulit sawo matang sebab mempunyai coverage yang baik untuk menutupi segala kekurangan pada wajah anda. Pilih foundation yang oil free supaya alas bedak bisa tahan lebih lama. Namun jika anda merasa foundation terlalu berat, maka anda bisa memilih alas bedak lain seperti BB cream.

  1. Gunakan BB Cream

Seperti yang sudah diterangkan diatas, jika anda tidak mau terlalu sering memakai foundation, maka anda bisa menggunakan alas bedak yang lebih ringan seperti AA, BB, CC, DD atau EE cream. Meskipun banyak sekali jenisnya dan sedikit memusingkan, namun sebenarnya semua alas bedak ini hampir sama sebab kandungannya yang tidak berbeda terlalu jauh.

AA akan mengendapkan aura, CC untuk correcting dan DD serta EE untuk mengendapkan foundation. Namun yang paling sering digunakan adalah BB cream yakni pelembab sekaligus bedak yang praktir untuk digunakan. BB cream yang sudah mengandung bedak ini juga bisa langsung dipakai tanpa menggunakan apapu lagi namun untuk jenis kulit berminyak biasanya akan menambahkan bedak lagi karena masih terasa kurang. BB cream ini bisa anda jadikan alas bedak sebelum memakai bedak tabur yang sangat wajib digunakan untuk anda yang mempunyai wajah berminyak.

  1. Pakai Setting Powder

Setting powder seringkali tidak digunakan banyak wanita karena merasa kurang begitu penting atau karena memang tidak mengetahui tentang setting powder tersebut. Setting powder adalah salah satu elemen penting yang harus digunakan saat make up khususnya jika anda memiliki jenis kulit berminyak. Setting powder ini akan menetapkan make up pada wajah supaya tidak luntur karena minyak.

Setting powder ini biasanya digunakan sesudah alas bedak untuk tampilan yang matte dan tahan lama sepanjang hari. Untuk hasil terbaik, gunakan setting powder khusus dan juga bedak tabur untuk kulit berminyak. Sedangkan untuk cara mengaplikasikan setting powder ini bisa dilakukan untuk bawah mata, bagian bawah hidung, dahu, rahang dan juga dahi yang harus digunakan tebal tebal.

Sesudah diaplikasikan pada wajah, jangan langsung disapukan namun tunggu sekitar 3 menit yang dinamakan dengan teknik baking dan sesudah itu baru bisa disapukan hingga hilang dan bersih. Untuk anda yang memiliki kulit wajah sangat berminyak, maka bisa menggunakan setting powder ini untuk seluruh wajah namun tidak perlu tebal dan hanya perlu di tap saja ke seluruh bagian wajah memakai spons atau kuas. Jika anda tidak memiliki setting powder, anda juga bisa memakai bedak bayi yang bisa digunakan untuk mengganti setting powder.

  1. Loose Powder

Loose powder atau bedak tabur menjadi jenis bedak yang wajib digunakan untuk jenis kulit berminyak. Untuk cara menggunakannya, pakai spons besar yang berlapis bulu pendek dan biasanya juga sudah dilengkapi dalam kemasan bedak. Aplikasikan bedak tabur ini secara merata ke seluruh wajah. Sedangkan untuk warna bedak tabur sendiri juga bermacam macam seperti cream, putih, coklat, oranye, pink dan sebagainya bahkan sampai yang transparan dan pilih juga merk bedak yang bikin glowing untuk hasil akhir terbaik.

  1. Pakai Aplikator yang Benar

Ada banyak aplikator yang bisa digunakan untuk memakai bedak tabur, namun untuk hasil terbaik dan tahan lama, maka sebaiknya pilih aplikator kuas dan spons sebagai finishing touch bedak tabur. Pilih kuas yang cukup besar setidaknya seperti lebar tangan anda untuk mendapatkan komposisi warna dan ketebalan yang tepat.

Untuk penggunaan dua aplikator ini tentunya berbeda beda. Apabila anda ingin cara memakai bedak agar tahan lama sepanjang hari, maka kedua aplikator ini penting untuk digunakan. Pertama tama, gunakan kuas untuk mengambil bedak dan mengaplikasikannya pada wajah dan cukup ditepuk saja sehingga terlihat mengumpul di beberapa titik wajah seperti bawah mata, kedua bagian pipi dan juga pelipis. Biarkan selama beberapa saat supaya bisa meresap lalu usapkan dengan kuas memakai teknik memutar dari mulai bagian bawah mata menuju tulang pipi, rahang, telinga, pelipis dan juga dahi. Sesudah itu, ambil kembali bedak tabur lalu usapkan untuk T Zone yakni dahi, hidung dna juga dagu cukup tipis tipis saja.

Sesudah selesai mengaplikasikan bedak tabur menggunakan spons memakai teknik dabbing yakni menepuk wajah dengan perlahan untuk meratakan bedak, maka bisa dilanjutkan kembali dengan menggunakan kuas untuk meratakan bedak tabur yang sudah diaplikasikan ke wajah anda.

  1. Gunakan Formula Bedak Tabur yang Baik

Bedak tabur yang digunakan juga harus memiliki formula yang sesuai dengan jenis kulit anda. Jika anda memiliki jenis kulit berminyak, maka jangan gunakan bedak tabur untuk kulit kering sebab dalam bedak tabur tersebut sudah mengandung sedikit minyak untuk melembabkan kulit anda dan hanya akan membuat wajah terlihat mengkilap. Sementara untuk warna bisa dipilih merk bedak untuk kulit sawo matang yang sesuai dengan kulit orang Indonesia.

  1. Tuangkan Bedak Pada Wadah Datar

Banyak orang yang salah saat memakai bedak tabur sehingga terlalu tebal saat diaplikasikan pada wajah. Cara terbaik adalah memindahkan bedak tabur secukupnya yang akan anda pakai pada wadah datar sehingga bisa digunakan lebih mudah dan tidak terlalu berlebihan. Sedangkan sisanya bisa dikembalikan ke tempat bedak lagi.

  1. Gunakan Bedak Translucent

Gunakan bedak tabur transkucent untuk memberikan tampilan wajah yang terlihat bercahaya. Bedak tabur ini bisa membuat make up membaur tanpa harus menambahkan terlalu banyak make up. Jenis bedak ini sangat baik untuk mengatur riasan anda sehari hari dibandingkan dengan bedak padat untuk kulit berminyak.

Demikian ulasan dari kami tentang cara memakai bedak tabur agar tahan lama khususnya untuk jenis kulit berminyak. Panduan ini harus anda lakukan supaya hasil make up anda bisa sempurna sekaligus menghindari anda dari touch up berkali kali.