3 Cara Membuat Kuku Palsu Untuk Orang Dewasa dan Anak

Wanita memang memiliki sejuta cara untuk mendapatkan penampilan sempurna mulai dari pakaian, tatanan rambut, make up dan juga seluruh bagian tubuh seperti kuku yang tidak luput dari perawatan. Banyak wanita sering melakukan mani padi untuk perawatan kuku, memakai kuteks dan bahkan menggunakan kuku palsu untuk mempercantik tampilan kuku. Bagi anda yang ingin menghemat biaya dan mengasah ketramplian anda, tidak ada salahnya anda mencoba untuk membuat sendiri kuku palsu dari akrilik, glitter dan juga pita perekat seperti cara membuat kuku palsu yang kami berikan kali ini untuk panduan anda.

  1. Kuku Palsu Akrilik

Salah satu cara membuat kuku palsu sendiri di rumah bisa anda lakukan dengan menggunakan bahan dasar akrilik yang bisa anda beli di toko atau pasaran dengan mudah. Untuk cara membuat selengkapnya bisa dilihat pada ulasan berikut ini.

Beli Perlengkapan

Jika ini pertama kalinya anda membuat kuku palsu sendiri, maka pertimbangkan untuk membeli perlengkapan alat atau produk perawatan kuku untuk membuat kuku palsu yang banyak dijual di pasaran lengkap dengan instruksi pemakaian detail agar bisa mendapatkan tampilan kuku yang sempurna.

Namun jika anda ingin membeli perlengkapan secara terpisah, maka anda beberapa perlengkapan yang harus anda beli seperti:

  • Kuku palsu berbahan akrilik dan juga lem yang umumnya dijual dalam ukuran panjang sehingga nantinya bisa dipotong sesuai bentuk dan ukuran yang anda inginkan.
  • Beli juga pemotong dan kikir kuku akrilik yang khusus digunakan untuk memotong kuku palsu.
  • Cairan dan bubuk akrilik juga harus anda beli yang nantinya akan dicampur untuk membuat kuku palsu dari akrilik.
  • Mangkuk dan kuas akrilik anda butuhkan untuk mencampur dan mengoleskan akrilik.

Persiapan Kuku

Sesudah semua bahan bahan lengkap, maka anda sudah bisa mulai membuat kuku palsu dari akrilik sendiri. Awali dengan mencari bagian ujung dan jika kurang pas dengan kuku, maka bisa disesuaikan dengan ukuran kuku anda untuk cara mempercantik kuku. Langkah selanjutnya bisa anda ikuti sebagai berikut.

  • Oleskan lem di bagian ujung kemudian pasang pada kuku asli anda dan biarkan sekitar 5 detik supaya lem bisa kering.
  • Jika anda salah memasang, maka bisa direndam dalam air dan rendam selama beberapa menit kemudian keringkan dan pasang kembali.
  • Pastikan supaya lem tidak mengenai area kulit anda.

Mengoleskan Akrilik

Sesudah kuku anda pasang, maka langkah selanjutnya adalah mulai mengoles akrilik untuk membentuk kuku palsu.

  • Tuangkan cairan akrilik dalam mangkuk dan tuangkan bubuk akrilik berbeda beda dalam wadah.
  • Akrilik adalah cairan yang mengandung bahan kimia kuat sehingga pastikan anda melakukannya di area yang memiliki ventilasi terbuka.
  • Gunakan kuas: Celup kuas dalam mangkuk akrilik untuk melembutkan dan gosok ke sisi mangkuk untuk membuang cairan berlebih.
  • Mulai cat kuku anda dari bagian terbawah kuku palsu pertemuan dengan kuku alami dan pastikan untuk mengoleskan cat agak jauh dari kutikula karena bisa membuat kulit iritasi seperti bahaya cat kuku palsu.
  • Keringkan akrilik sekitar 10 menit dan uji kekeringannya dengan menyentuh permukaan kuku dengan mengetuknya memakai pegangan kuas akrilik.

Menyelesaikan Proses

Sesudah cat mengering, maka lanjutkan dengan membentuk bagian ujung kuku palsu memakai pemotong dan kikir kuku akrilik sesuai dengan keinginan. Lanjutkan dengan mengaplikasikan cat kuku transparan ke permukaan kuku untuk hasil halus.

  1. Kuku Palsu Glitter

Selain menggunakan akrilik, anda juga bisa membuat kuku palsu dengan bahan glitter yang juga mudah untuk dibuat sendiri di rumah bisa dengan cara menggunaan kutek jarum dan cara lainnya.

Persiapan Bahan

Letakkan 2 lembar kertas pada permukaan datar yang rata dan keras dan gunakan 2 warna kertas yang berbeda kemudian rekatkan bagian tepi kedua kertas tersebut. Kertas ini nantinya berguna untuk menjaga permukaan tetap bersih dan bisa anda gunakan kembali. Selanjutnya, lakukan beberapa tahapan berikut ini.

  • Buka cat kuku bening dan glitter kemudian atur pada salah satu kertas dan jika glitter tidak berbentuk bundar, maka letakkan sedikit ke samping.
  • Teteskan cat kuku secara hati hati untuk membuat dasar kuku pada kedua kertas dan gunakan ujung kuas atau tusuk gigi untuk membentuk cat kuku tersebut menjadi bentuk kuku.
  • Lakukan dengan cepat sebab cat kuku ini sangat mudah mengering.
  • Tambahkan dengan glitter pada permukaan cat kuku dan sesuaikan seberapa banyak glitter sesuai dengan selera anda.
  • Biarkan mengering sekitar 3 menit dan jangan disentuh terlebih dahulu sebelum kering.

Lepaskan Kuku Palsu

Sesudah kuku palsu benar benar mengering, maka secara perlahan, lepaskan kuku palsu dari kertas memakai pinset. Geser secara perlahan untuk melepaskan kuku palsu tersebut dari kertas. Hindari melepaskan semua kuku palsu dari kertas jika belum ingin digunakan.

Pasang Kuku Palsu

Untuk memasang kuku palsu ini, anda harus mengaplikasikan cat kuku berwarna bening terlebih dahulu pada kuku yang berfungsi untuk merekatkan kuku palsu dengan kuku asli anda. Untuk cara memakai kutek atau  cat kuku bening bisa disapukan cukup tipis saja pada kuku anda lalu tempelkan kuku palsu tersebut dan tekan dengan kuat supaya bisa menempel lalu diamkan hingga kering. Lakukan hal yang sama untuk sisa kuku palsu lainnya.

  1. Kuku Palsu Pita Perekat

Kuku palsu dari pita perekat ini tidak hanya cocok untuk anak anak namun juga bisa digunakan untuk orang dewasa sebagai cara menciptakan desain kuku sebelum nantinya direalisasikan pada kuku asli.

Gunakan Pita Bening atau Mengkilat

Umumnya, pita perekat yang digunakan untuk membuat kuku palsu adalah scotch tape atau selotip bening sebab lebih mudah diaplikasikan pada kuku dan untuk warna bisa dipilih yang bening atau buram sesuai dengan selera. Untuk cara menghias kuku dengan selotip selengkapnya bisa anda lihat berikut ini.

  • Letakkan selotip pada kuku: Ptong selotip berukuran dua kali dari kuku jari anda untuk menutupi kuku dan area sekitarnya.
  • Tekan sisi selotip dengan kuat hingga melengkung dan menyerupai bentuk kuku yang panjang.
  • Warnai bagian selotip dengan cat kuku atau kuteks yang tidak hanya untuk mewarnai namun juga mengeraskan kuku palsu dan lebih tahan lama.

Hias Kuku Palsu

Langkah selanjutnya adalah menghias kuku palsu tersebut supaya bisa terlihat lebih cantik. Ada banyak desain yang bisa anda buat atau cara membuat nail art sendiri tergantung dari selera. Setelah selesai dihias, maka oleskan cacat kuku bening diatas kuku palsu kemudian tunggu kembali sampai mengering sekaligus membuat tampilan kuku terlihat mengkilat.

Selain itu, anda juga bisa menghias kuku palsu ini dengan cara memerciki kuku dengan menggunakan sedotan plastik. Celupkan sedotan plastik dalam kuteks kemudian tiupkan diatas kuku anda untuk memerciki kuku palsu dengan kuteks dan biarkan hingga mengering. Gunakan aneka warna untuk variasi warna kuku lainnya.

Demikian ulasan dari kami tentang 3 cara membuat kuku palsu yang mudah dilakukan di rumah yakni kuku palsu akrilik, kuku palsu glitter dan juga kuku palsu pita perekat. Selamat mencoba di rumah dan kreasikan seunik mungkin untuk mendapatkan tampilan kuku yang cantik.