9 Bahaya Cat Kuku Bagi Kesehatan

Sponsored Links

Kuku yang terhiasi memang lebih terlihat cantik, tak hanya itu bahkan menghiasi kuku juga dapat menambah daya tarik, karena kuku yang terhiasi akan lebih terlihat indah. Itulah salah satu faktor mengapa remaja ini banyak sekali yang gemar menghiasi kukunya. Mulai dari membentuk kuku, mengikis kuku dan juga mengecat kuku. Banyak sekali cara untuk mempercantik kuku kita, namun perlu diperhatikan bahwa mengecat kuku ternyata memiliki bahaya juga. Karena di dalam cat kuku terkandung empat zat berbahaya diantaranya :

  • Formalin

Formalin adalah zat yang biasa digunakan untuk mengawetkan mayat, sehingga zat ni sangat berbahaya jika dikonsumsi. Formalin juga memiliki sifat karsinogonik yang dapat menyebabkan kanker apabila terlalu banyak digunakan.

  • Zat toluene

Zat ini adalah zat yang mampu merusak sistem syaraf. Apabila zat ini termakan atau mengenai kulit, maka syaraf syaraf juga akan terkena akibatnya. Zat ini juga termasuk zat yang dapat berubah menjadi gas, sehingga cukup bahaya bagi kesehatan syaraf

  • Etil esatat

etil esatat digunakan untuk membekukan kutek kuku, biasanya pada kutek kuku etil asatat meninggalkan bau yang khas. Padahal bau itu sebenarnya adalah wujud gas dari etil esatat, dan ini sangat berbahaya sekali bila terhirup. Karena etil asatat yang berwujud gas, justru lebih berbahaya dari pada pada wujud padat.

  • Phytilates

Zat yang dapat mengganggu metabolisme jaringan lemak.

Jika ditemui kandungan cat kuku seperti diatas, bahaya cat kuku bagi kesehatan tubuh ini bisa terjadi. Berikut diantaranya :

1. Iritasi pada mata

Kuku yang di kutek ternyata memiliki bahaya pada mata, mungkin terlihat aneh, kuku ditangan kenapa berbahaya di mata, jadi kutek kuku mengandung zat toluene yang dapat merusak system syaraf, begitu pula jika kutek pada kuku mengenai mata, maka mata akan terjadi iritasi, biasanya akan berwarna kemerah merahan. Untuk itu ketika menggunakan kutek usahakan tangan tidak terlalu sering mengucek mata.

2. Pusing

Sama halnya dengan iritasi mata, pusing juga disebabkan karena adanya zat toluene yang dapat merusak system syaraf. Hal ini disebabkan karena system syaraf pada otak akan terganggu karena adanya zat toluene yang terhirup terus menerus, mungkin jika sekali saja tidak akan begitu terpengharuh dan merasakan pusing, namun jika itu terlalu sering syaraf pada otak tidak akan bertahan lama sehingga akan pusing.

sponsored links

3. Penyakit lambung

Ternyata kandungan formalin yang ada di dalam cat kuku berbahaya bagi kesehatan lambung. Dari kita makan-makanan menggunakan tangan, maka makanan itu akan terkena zat formalin juga, sehingga makanan yang dimakan juga mengangung formalin. Apabila formalin telah masuk ketubuh, formalin akan menganggu lambung karena formalin menyerang protein yang hendak masuk dalam metabolism hingga pada lambung manusia.

4. Kanker

Dosis formalin yang terlalu tinggi menyebabkan kanker, karena formalin memiliki sifat karsinogen. Padahal biasanya pada cat kuku yang murah justru lebih memiliki banyak foramlinnya.

5. Iritasi hidung

Hidung adalah salah satu arena muka yang tak jarang berintaraksi dengan tangan, terutama pada kuku. Jika kuku yang berkutek terus menerus mengenai tangan maka hidung akan terjadi iritasi, karena daerah hidung juga sensitive terhadap zat formalin dan zat toluene yang terdapat pada cat kuku.

6. Diabetes

Diabetes biasanya disebabkan karena adanya zat phytulates, sudah di jelaskan di atas bahwa cat kuku juga memiliki zat tersebut, sehingga metabolisme pada jaringan lemak akan terganggu karena adanya zat itu yang masuk melalui mulut akibat interaksi antara kuku dan mulut. Biasanya zat ini berresintensi pada wanita sehat. Selain zat tersebut zat mono etalat juga terkandung dalam beberapa cat kuku, dan ini juga menyebabkan diabetes.

7. Gangguan syaraf jantung

Hal ini beda lagi penyebabnya, kalau penyakit satu ini disebabkan karena adanya etil asetat yang terkandung di dalam cat kuku yang digunakan manusia. Sehingga zat tersebut akan berubah menjadi gas, sehingga gas dari etil asetat masuk kedalam hidung dan diteruskan ke jantung, dan jantung akan menyebarkan darah ke seluruh tubuh. Jadi bahaya yang ditimbulkan akibat zat ini bisa menjangkit seluruh tubuh.

8. Paru-paru

Sama halnya dengan gangguan syaraf jantung. Proses zat etil asetat masuk kedalam paru-paru sama dengan proses masuknya zat kedalam jantung.

Sponsors Link

9. Membuat kuku menjadi rapuh

Kandungan zat-zat yang ada dalam cat kuku, yang terlalu lama berada di kuku tidak terlalu baik untuk kesehatan kuku, karena kuku menjadi tidak bernafas, sehingga kuku kekurangan oksigen dan menjadi rapuh. Karena bagian cat kuku akan menutupi bagian luar kuku yang seharusnya menerima oksigen dari luar. oleh karena itu jika ingin mengutek kuku, berilah waktu pada kuku untuk bernafas juga, jangan selamanya mengutek kuku. Misalnya dalam seminggu biarkan kuku bernafas selama tiga sampai empat hari.

Itulah sebabnya kita harus berhati-hati dalam memilih cat kuku, gunakan cat kuku yang tidak terlalu banyak mengandung zat zat berbahaya itu. Misalnya saja bisa menggunakan cat kuku yang alami seperti kembang pacar atau alternatif lainnya. Bahan yang alami biasanya akan lebih aman.

Tips Mengecat Kuku yang Aman

  • Pastikan bahwa cat kuku yang akan kamu gunakan tidak kadaluarsa, sebelum kadaluarsa saja cat kuku sudah berbahaya jika memiliki kandungan zat berbahaya yang tinggi, apalagi jika sudah kadaluarsa
  • Perhatikan bahan yang terkandung di dalam cat kuku itu, usahakan bahan bahan yang terkandung dalam cat kuku bukanlah bahan bahan yang berbahaya
  • Bila tidak ingin terjadi sesuatu hal yang buruk, gunakan cat kuku alami saja, seperti kembang pacar dan sejenisnya
  • Jangan tergiur dengan harga yang murah, karena biasanya malah harga yang murah yang mengandung kandungan cukup berbahaya bagi kuku tersebut.
  • gunakanlah cat kuku yang terpercaya, hindarilah bahan bahan yang berbahaya yang dapat merusak kuku, bahkan mengganggu metabolisme tubuh.

Itulah beberapa bahaya cat kuku dan cara menggunakannya yang aman. Memang cat kuku sangat indah dan membawa keindahan, tapi kita juga harus memperhatikan agar tidak salah pilih dalam memilih cat kuku tersebut. Karena cat kuku dapat meracuni kita melalui udara karena berubahnya zat tersebut menjadi gas yang terhirup. Pada dasarnya zat tersebut tidak hanya mengganggu si penggunanya namun, juga mengganggu orang orang yang ada disekitarnya, karena udara akan masuk kemana saja.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 21st, January 2016 / 09:34 Oleh :
Kategori : Kuku dan Jari