Categories
Rambut

4 Manfaat Telur Untuk Rambut Keriting

Memiliki rambut yang indah dan sehat adalah dambaan setiap wanita. Selain menggunakan produk untuk perawatan rambut yang sudah ada di pasaran, tidak sedikit wanita yang memilih melakukan perawatan dengan menggunakan cara alami dengan memanfaatkan bahan alami. Salah satu bahan alami yang sering digunakan  untuk perawatan rambut yaitu telur. Telur diketahui memiliki manfaat yang bagus untuk rambut, termasuk manfaat telur untuk rambut keriting. Untuk mengetahui manfaat telur untuk rambut keriting, simak di bawah ini.

Manfaat Telur Untuk Rambut Keriting

Penasaran apa saja manfaat telur untuk rambut keriting? Berikut ini manfaat telur untuk rambut keriting.

1. Meluruskan Rambut

Manfaat telur untuk rambut keriting yang pertama yaitu sebagai cara meluruskan rambut secara alami. Terkadang banyak wanita yang kurang merasa percaya diri dengan keadaan rambut keritingnya. Sehingga tak sedikit dari mereka yang mencoba meluruskan rambutnya dengan cara rebonding, catok atau lain sebagainya. Namun, biasanya metode meluruskan rambut seperti itu justru akan menyebabkan rambut rusak. Oleh karena itu, untuk mendapatkan rambut lurus alangkah lebih baik jika anda menggunakan cara alami. Anda bisa memanfaatkan bahan alami telur untuk mendapatkan rambut lurus dan sehat.

Cara meluruskan rambut ikal dengan menggunakan telur sangat mudah sekali. Anda tinggal menyiapkan telur sebanyak 1 buah, lalu pisahkan antara kuning dan putih  telur. Lalu silakan kocok lepas putih telur sampai mengembang. Apabila sudah mengembang anda bisa mencampurkan air sampai membentuk masker rambut. Kemudian aplikasikan dengan merata pada rambut anda dan kulit kepala sambil diberikan pijatan lembut. Diamkan selama beberapa saat, terakhir anda bisa membilas rambut anda dengan menggunakan air bersih. Setelah keramas, silakan aplikasikan kondisioner alami pada rambut anda seperti minyak zaitun atau manfaat minyak kelapa untuk rambut. Agar hasilnya maksimal sebaiknya lakukan cara ini setidaknnya sekali dalam seminggu.

2. Sebagai Kondisioner

Beragam produk kondisioner khusus untuk rambut keriting saat ini sudah beredar di pasaran. Produk kondisioner tersebut mengklaim dapat menjadikan rambut sehat, lembut da mudah ditata. Namun, selain menggunakan produk kondisioner anda juga  bisa menggunakan kondisioner alami. Pastinya sama-sama  bernutrisi dan lebih hemat. Bahan alami yang bisa dijadikan sebagai kondisioner yaitu telur dan minyak zaitun. Untuk kecantikan, minyak zaitun itu sendiri memiliki banyak manfaat seperti manfaat minyak zaitun untuk alis dan manfaat minyak zaitun untuk bibir.

Cara membuat kondisioner untuk rambut keriting dari telur dan minyak zaitun sangat mudah, anda tinggal mengocok  telur dan tambahkan minyak  zaitun sebanyak 1 sendok makan. Aplikasikan kondisioner  alami  ini pada rambut dengn merata. Lalu tutup dengan menggunakan penutup rambut. Diamkan selama beberapa menit dan anda bisa membilas rambut hingga bersih.

3. Mengatasi Ketombe

Masker rambut dari  telur dan tomat bermanfaat sebagai  cara mengatasi ketombe pada rambut. Selain itu, masker ini juga bermanfaat mencegah gatal pada kulit kepala, mengurangi minyak pada rambut dan cara mencegah rambut lepek.

Cara membuat masker telur dan tomat sangat mudah. Campurkan putih telur yang sudah dikocok dengan tomat yang sudah dihaluskan. Lalu aduk hingga merata dan aplikasikan pada rambut sambil dilakukan pijatan dengan lembut selama kurang lebih 10 menit. Diamkan selama 20 menit, terakhir anda bisa membilas rambut hingga bersih.

4. Mencegah Rambut Kering

Rambut kering akan terlihat kusam dan tidak sehat. Nah, sebagai cara mencegah rambut kering, anda bisa memanfaatkan masker putih telur dan garam. Selain bermanfaat untuk mencegah rambut kering,masker putih telur dan garam juga bermanfaat untuk membuat rambut lebih bersinar, melindungi rambut dari radikal bekas dan cara mencegah uban.

Cara membuat masker telur dengan garam yaitu silakan kocok putih telur hingga berbusa dan masukan garam beryodium sedikit demi sedikit. Lalu anda bisa menggunakan masker ini untuk memijat kulit kepala selama kurang lebih 10 menit dan diamkan selama 20 menit. Terakhir ana bisa membilas rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Lalu  bilas kembali rambut dengan air dingin.

Itulah manfaat telur untuk rambut keriting. Semoga bermanfaat.