7 Ciri-Ciri Bedak Bermekuri yang Harus Diketahui

Setiap wanita tentu ingin memiliki kulit yang putih dan mulus sehingga cara merawat wajah agar putih atau cara merawat kulit wajah agar putih dilakukan. Berbagai produk kecantikan digunakan untuk mendapatkan kulit seperti impian. Bahkan tak sedikit wanita memilih produk yang mengklaim dapat sebagai cara mencerahkan kulit wajah, cara memutihkan wajah atau tips mencerahkan wajah dengan cepat.

Saat ini telah banyak produk kosmetik yang mengandung merkuri di dalamnya. Produk tersebut memang akan memberikan hasil yang instan namun efeknya tidak baik untuk kesehatan. Nah, untuk mengetahui apakah kosmetik atau bedak yang anda gunakan mengandung merkuri atau tidak, simak ciri-ciri bedak bermekuri di bawah ini.

Ciri-Ciri Bedak Bermekuri

Berikut ini ciri-ciri bedak bermekuri yang dapat anda simak:

1. Ciri-ciri bedak bermekuri atau kosmetik yang mengandung merkuri biasanya akan tericum bau logam. Atau bahkan ada yang menggunakan parfum yang sangat menyengat untuk menghilangkan bau logam yang ditimbulkan. Jika anda mencium bau logam merkuri pada bedak atau bau bedak sangat menyengat untuk menutupi bau logam merkuri, maka anda harus berhati-hati.

2. Saat diaplikasikan pada kulit akan menyebabkan panas dan gatal.

3. Saat pemakaian awal akan menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, akan timbul kemerahan jika terkena paparan sinar matahari.

4. Setelah pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri, biasanya kulit akan berubah menjadi lebih putih dalam waktu yang singkat.

5. Tidak menyebabkan timbulnya jerawat. Kondisi ini diakibatkan karena lapisan epidermis pada kulit sudah rusak.

6. Pori-pori kulit terlihat halus dan mengecil yang diakibatkan karena lapisan kulit terluar sudah tipis.

7. Wajah anda yang putih karena pemakaian kosmetik bermekuri lama kelamaan akan berwarna abu-abu, kemudian menghitam.

Efek Samping Merkuri Untuk Kesehatan

Produk yang mengandung merkuri tentu akan menimbulkan efek samping bagi kulit. Kulit bisa menyerap bahan kimia ini dengan mudah dan masuk ke aliran darah. Merkuri itu sendiri sifatnya korosif bagi kulit. Memakai produk bermekuri akan menyebabkan kulit semakin menipis. Merkuri dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada tubuh seperti kerusakan sistem pencernaan, ginjal dan sistem saraf.

Tidak hanya itu saja, merkuri juga berisiko mengganggu organ tubuh seperti misalkan jantung, otak, paru-paru, ginjal hingga sistem kekebalan tubuh. Jika merkuri masuk ke dalam tubuh akibatnya dapat menyebabkan keracunan merkuri. Adapun beberapa gejala yang muncul akibat keracunan merkuri di antaranya yaitu :

  • Sakit kepala
  • Insomnia
  • Daya ingit menurun
  • Fungsi kognitif menurun
  • Mengalami perubahan emosi
  • Tremor
  • Gangguan sensori
  • Koordinasi tubuh fungsinya menurun
  • Gagal ginjal, dan lain sebagainya

Merkuri pada produk pemutih kulit akan dapat memberikan efek  karsinogenik yang memungkinkan dapat memicu penyakit kanker.  Oleh karena itu, penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri dapat memicu terjadinya kanker kulit.

Cara Memilih Produk yang Bebas Merkuri

Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik yang akan digunakan. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda perhatikan dalam memilih produk yang bebas merkuri.

  • Anda harus memeriksa label dari produk yang akan anda pilih. Jika produk mengandung merkuri atau calomel, mercurous chloride, mercuric, mercurio maka anda jangan memilih produk tersebut.
  • Anda harus memastikan produk yang anda gunakan sudah terdaftar BPOM
  • Produk yang mengandung merkuri biasanya teksturnya berwarna krem atau abu-abu
  • Sebaiknya hindari menggunakan produk atau kosmetik yang labelnya dalam bahasa asing yang tidak bisa anda pahami
  • Anda juga dapat berkonsultasi pada dokter menganai kandungan merkuri pada kosmetik yang anda gunakan

Demikian ciri-ciri bedak bermekuri, serta efek samping merkuri untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.