6 Skincare Untuk Kulit Wajah Kombinasi

Memiliki tipe kulit kombinasi artinya yaitu memiliki kondisi kulit kering dan berminyak pada waktu bersamaan. Kondisi kulit kombinasi tidak disebabkan oleh suatu hal tertentu, akan tetapi kondisi kulit dapat berubah berkaitan dengan perubahan hormonal dan perubahan musim.

Pada umumnya, seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan menjadi lebih kering dan menghasilkan minyak yang lebih sedikit karena adanya perubahan hormonal. Contoh faktor lain yang didorong oleh perubahan hormonal yang dapat menyebabkan perubahan kondisi kulit yaitu siklus menstruasi dan penggunaan alat kontrasepsi. 

Kondisi kulit kombinasi dapat berbeda-beda antara bagian kulit kering dan kulit berminyak pada setiap orang. Pada kondisi kulit kombinasi tidak selalu 50% merupakan kulit yang kering dan 50% kulit berminyak. 

Pada individu dengan tipe ciri-ciri kulit kombinasi biasanya akan memiliki:

  • Area T-zone yang berminyak (meliputi hidung, dagu, dan dahi)
  • Kulit kering pada area kedua pipi, mata, dan seputar bibir
  • Pori-poro besar atau kulit tersumbat pada aea T-zone

Apabila salah menggunakan skincare, kondisi kulit kombinasi dapat menjadi lebih kering atau lebih berminyak pada area tertentu. Berikut beberapa skincare yang direkomendasikan untuk tipe kulit kombinasi:

1. Garnier Micellar Rose Water Cleanse & Glow

Teknologi Garnier Micellar Rose Water Cleanse & Glow mengikat lalu mengangkat sisa make up dan kotoran seperti magnet dan cukup dibersihkan dengan kapas. Garnier micellar water ini tidak hanya membantu membersihkan kulit, tapi juga menutrisi wajah sehingga tampak glowing.

Air mawar yang merupakan bahan dasar dari Garnier Micellar Rose Water Cleanse & Glow memiliki efek anti-inflamasi, hal ini sangat baik bagi jenis kulit kombinasi karena cenderung tidak akan menyebabkan iritasi dan peradangan di kulit.

Garnier Micellar Rose Water Cleanse & Glow tidak mengandung alkohol, memiliki pH 7 sama seperti air, tidak meninggalkan residu pada kulit, membantu kulit lebih glowing, dan memiliki formula yang vegan friendly. 

Garnier Micellar Rose Water Cleanse & Glow dibanderol mulai dari Rp. 44.400 untuk ukuran 100 ml hingga Rp. 110.000 untuk ukuran 400 ml.

2. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Manfaat Cetaphil Gentle Skin Cleanser memiliki kandungan glycol yang mampu  menjaga kelembaban kulit sehingga dapat memberikan hasil kulit lembut dan halus. Pembersih wajah ini tidak menggunakan pewangi dan busa berlebih yang dapat merusak kelembaban kulit. Selain dapat digunakan untuk wajah, Cetaphil Gentle Skin Cleanser  juga dapat digunakan untuk badan.

Kandungan pH yang terdapat pada Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga berada pada batas normal yang berfungsi untuk menjaga kadar asam dan basa pada kulit dan mampu memberikan keseimbangan minyak pada kulit. 

Cetaphil Gentle Skin Cleanser dijual seharga Rp. 149.000 untuk kemasan 500 ml

3. SKIN1004 Madagascar Centella Asiatica Toner

SKIN1004 atau Skin Angel merupakan salah satu brand asal Korea Selatan yang terkenal karena salah satu produknya yaitu  Centella Asiatica Toner. Toner ini memiliki kandungan utama Centella Asiatica tahu Daun Pegagang yang dipercaya dapat memperbaiki dan menenangkan kondisi kulit.

SKIN1004 Madagascar Centella Asiatica Toner dapat membantu meredakan iritasi dan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, pada toner ini juga memiliki kandungan PHA yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit. 

Kandungan lain pada SKIN1004 Madagascar Centella Asiatica Toner yaitu niacinamide yang dapat mencerahkan kulit, dan juga terdapat Hyaluronic Acid yang berfungsi untuk melembabkan kulit. Toner ini juga tidak mengandung pewangi. Berdasarkan seluruh kandungan yang berada pada produk ini membuatnya sangat cocok untuk tipe kulit kombinasi. 

Harga dari toner ini yaitu sekitar Rp. 275.000 – Rp. 300.000 untuk ukuran 210 ml.

4. For Skin’s Sake Hyaluronic Acid Serum

Serum hyaluronic acid dari For Skin’s Sake diketahui dapat berfungsi untuk melembabkan kulit dan memberikan efek plumping atau kenyal pada kulit. Serum ini memiliki 100% botanical hyaluronic acid alami yang dapat memberikan kelembaban secara sempurna pada kulit.

Selain itu, For Skin’s Sake Hyaluronic Acid Serum juga memiliki kandungan ekstrak green tea dan vitamin E yang dapat membantu kulit tetap terhidrasi dan tampak kencang. Serum ini baik untuk tipe kulit kombinasi karena tidak memiliki kandungan pewangi dan paraben, serta tidak meninggalkan efek lengket pada kulit setelah pemakaian. 

Serum in dibandrol seharga Rp. 168.000 untuk ukuran kemasan 30 ml.

5. Wardah Purifying Moisturizer Gel

Wardah Purifying Moisturizer Gel merupakan moisturizer yang memiliki kandungan witch hazel yang berfungsi untuk mengurangi produksi sebum sekaligus menghidrasi kulit. Moisturizer ini sangat cocok untuk tipe kulit kombinasi karena dapat membantu meredakan peradangan.

Selain itu, Wardah Purifying Moisturizer Gel juga memiliki kandungan vitamin E yang dapat menangkal radikal bebas. 

Harga dari moisturizer ini yaitu Rp. 21.000 untuk kemasan 40 ml.

6. Freeman Polishing Charcoal + Black Sugar Gel Mask

Memiliki jenis kulit kombinasi artinya harus sering melakukan detoks pada kulit untuk mengangkat minyak berlebih yang terdapat pada T-zone.

Freshman Polishing  Charcoal + Black Sugar Gel Mask memiliki kandungan arang aktif, yaitu karbon yang dihasilkan dari tempurung kelapa sawit tua, serbuk kayu, atau bambu yang telah melalui proses pengaktifan untuk meningkatkan daya seraonya trhadapa minyak berlebih pada wajah.

Sedangkan untuk black sugar yang terdapat pada Freshman Polishing  Charcoal + Black Sugar Gel Mask akan membantu mengangkat sel kulit mati secara lembut. Masalah area T-zone yang berminya kpada kulit kombinasi dapat diatasi dengan kandungan aktif dari masker ini. 

Freshman Polishing  Charcoal + Black Sugar Gel Mask dijual dengan harga Rp. 69.900 untuk kemasan 175 ml.