5 Produk Skincare Untuk Kulit Wajah Sensitif

Menurut International Journal of Cosmetic Science, kulit sensitif adalah keadaan hipersensitivitas kulit terhadap berbagai faktor lingkungan.

Penyebab kulit sensitif dapat disebabkan oleh berbagai hal, dua hal yang paling umum menjadi penyebab kulit sensitif yaitu moisture barrier yang terganggu dan jumlah ceramide yang rendah pada kulit.

Kulit pada area wajah lebih sensitif dibandingkan dengan kulit pada bagian tubuh lain karena kulit pada wajah memiliki lapisan yang lebih tipis, memiliki lebih banyak ujung saraf, dan berinteraksi dengan berbagai produk skincare.

Kulit sensitif ditandai dengan timbulnya rasa gatal, rasa terbakar, rasa menyengat, dan rasa kulit yang tertarik dan kering.

Terdapat beberapa cara merawat kulit sensitif, salah satunya dengan dengan menggunakan skincare yang tepat. Ketika memiliki jenis kulit sensitif, produk skincare yang direkomendasikan yaitu produk yang tidak mengandung pewangi dan tidak mengandung agen yang dapat memicu iritasi, seperti kandungan alkohol.

Kemudian, temukan skincare dengan komposisi yang ringan bagi kulit dan telah dilakukan penelitian sebelumnya untuk kulit sensitif. Beberapa hal ini akan membantu menurunkan kemungkinan kulit sensitif mengalami iritasi. Berikut beberapa langkah skincare yang dapat dilakukan untuk individu dengan tipe kulit sensitif:

1. Garnier SkinActive Micellar Cleansing water

Rutinitas skincare selalu diawali dengan membersihkan kulit. Ada berbagai jenis pembersih wajah di pasaran, akan tetapi pemilihan pembersih wajah harus disesuaikan dengan produk-produk yang sebelumnya diaplikasikan pada wajah.

Setelah beraktivitas seharian, wajah akan terpapar oleh polusi, debu, make up, sunscreen, dan kotoran lain yang menempel pada kulit.

Dengan tidak membersihkan kulit dengan baik, zat-zat dan kotoran-kotoran akan menyumbat pori-pori dan dapat memicu kulit berjerawat, wajah merah dan kusam, dan iritasi kulit.

Pembersih wajah dengan formula lembut dan tidak akan menghilangkan minyak alami yang dihasilkan oleh kulit sangat direkomendasikan bagi individu yang memiliki kulit sensitif.

Produk pembersih wajah yang dapat menghilangkan yang aman untuk kulit sensitif yaitu Garnier  SkinActive Micellar Cleansing  Water untuk segala tipe kulit. 

Garnier SkinActive Micellar Cleansing water merupakan pembersih wajah all-in-one untuk kulit yang cenderung sensitif. Micellar water ini mampu menghapus makeup, membersihkan kotoran, dan menyegarkan wajah dalam satu usapan lembut.

Produk ini juga memiliki klaim mampu membersihkan dan melembabkan kulit sensitif tanpa menimbulkan iritasi. Garnier Micellar Water juga memiliki tekstur yang ringan dan efektif membersihkan tanpa membuat kulit menjadi kering.

2. SK-II Facial Treatment Clear Lotion

Toner memberikan berbagai manfaat bagi kulit, termasuk menyeimbangkan pH kulit setelah membersihkan wajah,  menenangkan kulit, dan mengangkat sisa sia produk yang mungkin masih tertinggal di kulit setelah dibersihkan.

Penggunaan toner dapat sangat bermanfaat bagi kulit sensitif, namun penggunaan toner dengan kandungan alkohol atau bahan astringent perlu dihindari karena dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi.

Toner tanpa kandungan alkohol yang baik bagi jenis kulit sensitif yaitu SK-II Facial Treatment Clear Lotion. SK-II Facial Treatment Clear Lotion berfungsi untuk menghilangkan sisa kotoran dan menpersiapkan kuit untuk tahap skincare salanjutnya.

Toner ini diformulasikan dengan AHA dan pitera, yaitu bio-ingredient yang kaya akan vitamin, asam organik, mineral, dan asam amino yang bekerja secara bersamaan untuk mendukung pembaharuan kulit.

Toner ini dapat digunakan untuk segala jenis kulit dengan kalium dapat mengecilkan pori-pori, mencerahkan wajah, memperbaiki tekstur wajah, dan menyamakan warna kulit. Toner ini tidak memiliki kandungan alkohol dan mengeksfoliasi kulit dengan lembut sehingga aman digunakan pada kulit sensitif.

3. Dr. Jart+ Cicapair Tiger Grass Serum

Serum merupakan langkah tambahan yang baik pada rangkaian skincare. Serum dapat menargetkan secara langsung masalah yang dialami oleh kulit, misalnya untuk mengatasi kerutan, garis-garis halus, bintik hitam, dan lain-lain.

Untuk jenis kulit sensitif, serum yang direkomendasikan yaitu serum yang dapat menjaga kelembaban kulit dan dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit. Salah satu serum yang bagus untuk tipe kulit sensitif yaitu Dr. Jart+ Cicapair Tiger Grass Serum.

Dr. Jart+ Cicapair Tiger Grass Serum merupakan serum dengan bahan utama Tiger Grass atau Centella Asiatica yang dibuat khusus untuk tipe kulit sensitif dan berfungsi untuk menguatkan perlindungan pada kulit juga mengatasi iritasi dan memperbaiki segala kerusakan pada kulit.

4. Toleriane Double Repair Face Moisturizer

Bagi individu dengan kulit sensitif, disarankan untuk moisturizer dengan kandungan non-comedogenic, tanpa  kandungan pewangi, dan memiliki tekstur krim, gel, atau water based ketika kulit masih dalam keadaan agak lembab. Moisturizer berperan untuk memastikan kulit dalam keadaan terhidrasi dan lembab.

Menjaga kulit selalu dalam keadaan terhidrasi akan membantu mengurangi resiko terjadinya iritasi pada kulit. Salah satu jenis moisturizer yang direkomendasikan dan telah lolos uji tes untuk alergi yaitu La Roche-Posay Toleriane Double Repair Face Moisturizer. 

Toleriane Double Repair Face Moisturizer merupakan pelembab wajah yang diformulasikan dengan bahan-bahan yang direkomendasikan oleh dermatologis, yaitu ceramide-3, niacinamide, glycerin, dan La Roche-Posay Prebiotic Thermal Water.

Formula ini membantu memperbaiki kulit dan meningkatkan barrier kulit setelah satu jam penggunaannya dan menghidrasi kulit hingga 48 jam setelah pemakaian. Moisturizer ini dapat digunakan untuk segala tipe kulit, termasuk tipe kulit sensitif.

5. CeraVe Hydrating Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya merupakan skincare yang dibutuhkan oleh segala jenis tipe kulit. Sunscreen tidak hanya berfungsi untuk mencegah terjadinya kanker kulit, tapi juga dapat melindungi kulit dari kerusakan yang menyebabkan skin barrier melemah dan kulit menjadi sensitif. Salah satu sunscreen yang aman untuk kulit sensitif yaitu CeraVe Hydrating Sunscreen dengan SPF 50.

CeraVe Hydrating Sunscreen dengan SPF 50 terdiri dari 100% mineral, sunscreen tanpa kandungan minyak, dengan titanium dioxide dan zinc oxide yang membentuk perlindungan pada permukaan kulit dari sinar UVA dan UVB tanpa mengiritasi kulit sensitif.

Sunscreen ini diformulasikan dengan 3 ceride esensial yang dapat membantu mengembalikan skin barrier dan memberikan kelembaban yang tahan lama. Selain itu juga terdapat niacinamide yang dapat membantu menenangkan kulit sensitif.