Cara Mengecilkan Pori-Pori dengan Garam yang Efektif

Setiap orang tentu ingin memiliki kulit wajah yang mulus dan bersih. Hanya saja, terkadang beberapa orang memiliki pori-pori besar sehingga kulit tidak terlihat mulus. Untuk mengatasi pori-pori besar, tidak sedikit orang yang rela merogoh kocek yang dalam. Mereka tidak segan-segan membeli produk mahal atau perawatan mahal untuk memiliki kulit seperti yang didambakan.

Namun sebenarnya, mengecilkan pori-pori dapat dilakukan dengan menggunakan cara alami. Salah satu cara alami yang bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori yaitu garam. Garam yang dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya efektif mengecilkan pori-pori. Untuk mengetahui cara mengecilkan pori-pori dengan garam, anda bisa simak di bawah ini.

Manfaat Garam Untuk Kecantikan

Selain dijadikan sebagai bumbu masakan, garam juga memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan. Berikut ini manfaat garam untuk kecantikan.

1. Menyeimbangkan Masker

Madu dan garam memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit, serta meredakan jerawat dan kulit wajah iritasi. Selain itu, garam juga dapat mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah.

2. Body Scrub

Garam dapat dijadikan scrub. Anda dapat mencampurkannya dengan minyak zaitun  dan minyak essensial.

3. Facial Toner

Garam dapat membersihkan pori-pori wajah. Anda dapat mencampurkan garam sebanyak 2 sendok teh garam ke dalam sebotol air hangat.

4. Meremajakan Kulit

Garam juga dapat digunakan untuk meremajakan kulit. Anda bisa mencampurkan garam dengan lidah buaya untuk perawatan meremajakan kulit.

5. Perawatan Anti Ketombe

Caranya yaitu dengan menaburkan garam di kulit kepala kemudian pijat dengan lembut, lalu berikan tekanan pada bagian yang gatal menggunakan jari-jari yang sudah dibasahi. Lakukan cara ini selama kurang lebih 10 hingga 12 menit. Diamkan beberapa  saat hingga garam dapat menyerap sempurna. Kemudian anda dapat mencuci rambut menggunakan shampo.

Cara Mengecilkan Pori-Pori dengan Garam

Cara mengecilkan pori-pori dengan garam mudah dilakukan di rumah. Nah, untuk mengetahui caranya anda bisa simak di bawah ini.

1. Garam dan Lemon

Manfaat lemon untuk kulit memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Lemon dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bintik hitam di wajah, cara menghilangkan komedo membandel, cara mencerahkan wajah dan lain sebagainya. Lemon yang dikombinasikan dengan manfaat garam efeknya akan baik untuk mengecilkan pori-pori wajah. Simak cara mengecilkan pori-pori garam dan lemon di bawah ini.

  • Siapkan lemon secukupnya saja
  • Kemudian peras airnya dan campurkan dengan garam, yoghurt dan madu agar hasilnya maksimal.
  • Setelah itu, anda bisa mengaduk semua bahan-bahan tersebut hingga merata.
  • Oleskan semua bahan-bahan ini pada wajah dengan merata. Diamkan selama beberapa menit.
  • Setelah itu, anda dapat membersihkan wajah dengan menggunakan air hangat.

Campuran lemon dan air garam dapat membantu menghilangkan kotoran yang terdapat pada wajah.

2. Mentega dan garam

Selain dijadikan untuk membuat makanan, manfaat mentega untuk bibir dan manfaat mentega untuk alis diketahui efektif. Mentega yang dicampurkan dengan garam mampu membantu mengecilkan pori-pori pada wajah. Berikut ini cara mengecilkan pori-pori dengan garam dan mentega.

  • Siapkan mentega dan garam secukupnya saja.
  • Kemudian campurkan garam dan mentega ini hingga membentuk pasta.
  • Setelah itu, aplikasikan pada wajah anda atau pada area kulit yang memiliki pori-pori besar.
  • Diamkan selama beberapa menit saja. Kemudian anda dapat membilas wajah dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Demikian cara mengecilkan pori-pori dengan garam. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.